Info Baru
Loading...

Cara Gampang Atasi Lupa Password Pada Windows 7

WartaIPTEK.com - Password merupakan salah satu sistem kemanan pribadi yang paling sering digunakan. "tapi apa yang terjadi bila kita lupa password kita sendiri? Tentu saja ini akan menjadi senjata makan tuan karena kita sendiri pun tidak akan bisa mengakses. Sejak era Windows 98 sampai XP Microsoft memang tidak begitu memperhitungkan salah satu faktor dimana user lupa akan password account-nya. Sehingga yang terjadi adalah pembukaan password secara paksa dengan memanfaatkan beberapa celah keamanan sistem operasi itu sendiri.

Namun kini sejak era Windows 7, Microsoft telah memberikan salah satu fitur "Forgotten Password Wizard", dimana user bisa menyimpan password ke dalam sebuah removable drive sebagai media penyimpan password. Jadi bila Anda lupa password account pada Windows 7, Anda tinggal menghubungkan removable disk tersebut ke PC, maka Windows 7 akan mengenali password yang tersimpan dalam removable disk tadi.

"Forgotten Password Wizard" ini hanya bisa bekerja pada beberapa media penyimpan saja karena dia bisa bekerja pada semua media penyimpan. Beberapa media penyimpan yang bisa dikenali "Forgotten Password Wizard" adalah floppy disk, external USB hard drive, USB flas disk, atau memory card.

Tapi perlu diingat bahwa "Forgotten Password Wizard" terkadang tidak bisa bekerja baik dengan external hard drive karena ternyata Windows 7 terkadang tidak mau menuliskan file wizard tadi ke external hard drive. Tapi Windows 7 bisa bekerja dengan baik bila Anda menggunakan media lain seperti Flask Disk MP3 Player, memory card yang tertanam pada kamera digital atau sebuah flask disk saja. Jangan berharap untuk bisa disimpan dalam keping CD atau DVD karena pilihan ini memang tidak disediakan oleh Windows 7.

Untuk membuat sebuah Reset Disk, ikuti beberapa langkah di bawah ini!
  • Buka "Control Panel" dan klik "User Accounts".
  • Pada jendela User Accounts , klik lagi "User Accounts".
  • Pada jendela "User Accounts/User Accounts" klik "Create a password reset disk".
  • Setelah itu fitur "Forgotten Password Wizard" akan terbuka. Klik "Next".
  • Setelah itu pilih media tempat untuk menyimpan reset password tadi pada menu drop down. Anda bisa memanfaatkan flasdisk atau media removable disk lainnya seperti MP3 player atau bahkan memory card yang terkoneksi dengan card reader. 
  • Sekarang masukkan password account Anda yang aktif saat itu. Misalnya Anda login dengan user administrator, maka Anda harus mema-sukkan password untuk administrator saja. Bila PC tadi digunakan secara bersamaan, maka account administrator saja yang bisa menggunakan fitur ini, karena secara logika hanya seoranga administrator saja yang bisa mereset semua password user account lainnya.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan password reset tadi selesai. File tadi akan tersimpan dengan nama "userkey.psw" pada disk. File ini hanya mempunyai kapasitas 2K saja, jadi jangan kuatir akan kehilangan space memory pada removable disk Anda.
  • Tekan tombol "Finish" untuk mengakhiri semua proses tadi. Sekarang Anda telah mem-punyai disk reset password yang bisa digunakan saat Anda lupa password user account. Simpan reset disk tadi baik-baik dan jangan sampai ada orang lain yang bisa menduplikasi file reseter password tadi.

Penggunaan Reseter Disk

Sekarang bisa mencoba bagaimana menggunakan disk reseter password tadi.
  • Pada Welcome Screen, dimana Anda disuruh memasukkan sebuah password. Masukkan password yang salah (pura-pura lupa) beberapa kali, disitu Anda akan melihat sebuah link yang terletak dibawah box password "Reset password...."
  • Bila Anda klik maka "Password Reset Wizard" akan terbuka, klik tombol Next. 
  • Disitu Anda akan menjumpai pilihan pada menu drop down yang meminta untuk memilih di tempat mana Anda menyimpan password key tersebut. Pilih media tempat Anda menyimpan tadi, dan klik Next. 
  • Disini Anda akan disuruh memasukkan sebuah password baru, isikan password baru Anda dan ulangi lagi. Setelah itu klik "Next" untuk mengakhiri proses.
  • Pengubahan password user account sukses dan Anda telah mempunyai password baru lagi. Anda masih bisa menggunakan disk reset password tadi karena disk reseter tadi juga mengenali password baru Anda tadi. Jadi Anda tetap harus menyimpannya baik-baik. Setelah selesai Anda bisa login lagi dengan password baru.
Sekarang Anda tidak perlu kuatir lagi bila kelupaan password user account, selama disk reseter masih ada dan aman.
Catatan: Sekali lagi simpan file userkey.psw tadi baik-baik, karena file ini bisa di copy ke disk lain dan masih bisa bekerja sama baiknya. Jadi berhati-hatilah menyimpan file ini. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Gampang Atasi Lupa Password Pada Windows 7"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.