Samsung Galaxy S7 Usung Teknologi NFC Untuk Beragam Keperluan

WartaIPTEK.com - Banyak rumor yang beredar mengatakan bahwa Samsung ingin meluncurkan seri terbarunya. Produk barunya bernama Samsung Galaxy S7. Kabarnya, selain Samsung Galaxy S7, Samsung akan memperkenalkan juga seri Samsung Galaxy S7 Edge. Menariknya, pada seri baru Samsung ini kembali melanjutkan teknologi NFC yang sebelumnya telah dikenakan pada seri Samsung Galaxy S3 dan seri Samsung Galaxy S lainnya.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Teknologi ini merupakan perangkat standard yang dapat menghubungkan perangkat smartphone Anda dengan perangkat lain dengan cara didekatkan. Cara kerja NFC layaknya teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Yang berbeda hanya terletak pada jangkauannya saja. Jangkauan teknologi NFC kira-klra hanya sekitar 4 inci saja.


Smartphone yang memiliki teknologi NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat lain yang memiliki teknologi yang sama. Hal tersebut biasa dikenal dengan sebutan NFC Tags. NFC Tags ialah sebuah chip yang dapat menarik listrik dari smartphone berteknologi NFC, maupun perangkat elektronik NFC lainnya. Teknologi ini disebut-sebut sebagai teknologi baru pengganti teknologi QR Code yang sebelumnya telah hadir.

Cara menghubungkan NFC satu dengan NFC lain sangat gampang. Caranya hanya dekatkan dan tempelkan perangkat Anda dengan perangkat lain yang mendukung teknologl NFC. Berbicara tentang kegunaan, NFC ini memiliki kagunaan yang penting. Kegunaannya yakni untuk metode pembayaran. NFC di luar negeri layaknya seperti PayPass MasterCard atau kartu kredit. Sehingga cukup dengan hanya menggunakan smartphone berteknologi NFC, Anda tidak usah membawa kartu kredit.

Selain berguna sebagai pembayaran, NFC memiliki fungsi lain sebagai pengirim data wireless. Data yang dikirimkan dapat berupa file kontak, multimedia (picture, audio, video), dll. Teknologi ini sudah banyak diadopsi oleh banyak vendor, salah satunya Samsung. Selain Samsung, vendor lain yang mengadopsi teknologi tersebut di antaranya BlackBerry, Nokia, Microsoft, Nexus, HTC, dan masih banyak lagi lainnya.

0 Response to "Samsung Galaxy S7 Usung Teknologi NFC Untuk Beragam Keperluan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.