Xender, Aplikasi Untuk Kirim Segala Macam File Multimedia Tanpa Kendala

WartaIPTEK.com - Xender, Aplikasi Untuk Kirim Segala Macam File Multimedia Tanpa Kendala - Melihat perkembangan zaman yang serba digital, membuat para developer berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah aplikasi smartphone. Kini banyak sekali aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk mengirimkan sejumlah data. Seperti halnya aplikasi chating BBM, WhatsApp, Line, dan masih banyak lagi aplikasi serupa lainnya. Aplikasi tersebut dapat membantu penggunanya untuk berbalas pesan dan mengirim file dalam bentuk dokumen, foto, musik, bahkan video sekalipun.

Menyoal berkirim file, ada aplikasi anyar yang dibuat leh developer Tiongkok. Namanya Xender, file dalam bentuk dokumen, foto, musik, dan video bisa cepat terkirim. Penggunaannya pun ringkas dan tak perlu berbelit-belit. Cukup hanya dengan beberapa sentuhan.

Xender merupakan aplikasi yang berbeda dari banyaknya aplikasi berbagi file yang telah hadir sebelumnya. Perbedaannya dalam aplikasi ini pengguna dapat mengirim file dalam bentuk aplikasi. Fitur unik lainnya yakni aplikasi ini dapat mengirim file bukan sesama perangkat Android saja, namun bisa mengirim file antara OS Android dengan iOs. Selain itu, aplikasi ini juga dapat terhubung dengan Windows Phone, PC, bahkan MAC sekalipun. 

User Interface
Saat pertama kali menjalankan aplikasi Xender, tampilan awalnya masuk dalam fitur Apps. Terdapat dua buah warna dominan di setiap menunya, yaitu hijau dan putih. Menunya tersusun rapi sehingga tidak membuat pengguna aplikasi Xender merasa bingung.

Dalam layar utama, terdapat delapan buah fitur, diantaranya Records, Apps, Camera, Gallery, Music, Videos, Files, dan Storage. Setiap fiturnya memiliki fungsi yang berbeda. Semua sesuai dengan keinginan pengguna aplikasi Xender untuk melakukan eksekusi pada fitur yang telah disediakan.

Desain yang dihadirkan aplikasi Xender terlihat simple dan minimalis. Hal inilah yang membuat aplikasi tersebut berjalan lancar dan halus. Anda tidak akan merasakan gejaia lag saat berpindah dari menu satu ke menu lainnya.

Fitur
Terdapat delapan buah fitur yang memiliki fungsi masing-masing. Fitur Records berfungsi untuk menampilkan file multimedia yang pengguna kirim maupun file yang pengguna terima. Lalu fitur Apps berguna menampilkan beberapa aplikasi Recommended. My Apps, dan System Apps.

Fitur Camera berfungsi untuk menampilkan foto dari hasil pemotretan. Lalu fitur Gallery berguna untuk menampakkan file yang terdapat dalam Gallery smartphone Anda. Kemudian fitur Music memiliki fungsi menampilkan lagu yang terdapat dalam ponsel pengguna. Selanjutnya fitur Videos berguna untuk menampakan file video yang ada.

Fitur Files berfungsi untuk menampilkan beberapa file data, baik file dalam bentuk Document, E-books, Apks, Archives, dan Big Files. Terakhir fitur Storage berguna untuk menampilkan berbagai macam file yang tersimpan pada memori telepon dan microSD.

Kinerja
Kinerja yang dihasilkan dalam aplikasi Xender sungguh cepat. Saat Anda mengirim file video dengan besar data 1,66 GB. Waktu tempuhnya hanya memerlukan 5 menit 27 detik saja. Saat dicoba mengirim file yang sama namun mengenakan konektivitas Bluetooth. Dalam tempuh 1 jam 48 menit, persentase perigirimannya baru 35%.

Apabila Anda mengirim file foto melalui aplikasi Xender dengan besar data 1,72 MB, waktu tempuhnya hanya memerlukan 0,5 detik saja. Sedangkan bila menggunakan konektivitas Bluetooth. Waktu tempuhnya mencapai 11 detik. Terbukti bukan kekuatan aplikasi Xender dalam berbagi file jauh lebih cepat dan gegas.

Inovatif
Aplikasi Xender membawa angin segar dibanyaknya aplikasi berbagi file yang sudah ada sebelumnya. Fitur berbagi aplikasi, berbagi file antar OS yang berbeda, dan dapat terhubung dengan perangkat Windows Phone, PC, dan juga Mac, membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi sejenis.

Selain itu pada aplikasi Xendar terdapat fitur Slide. Fitur tersebut belum dimiliki oleh aplikasi serupa lainnya. Dengan fitur ini pengguna aplikasi dapat men-slide gambar yang akan dikirim, dan gambar tersebut langsung dapat diterima ke smartphone yang dituju.

Daya Saing
Banyak aplikasi serupa yang dapat berbagi file multimedia. Diantaranya BBM, WhatsApp, Line dan masih banyak lainnya. Namun aplikasi berbagi file multimedia tersebut termasuk dalam kategori chatting. Sedangkan aplikasi Xender bukan merupakan aplikasi yang tergolong dalam kategori chatting. Inilah yang menjadi kelemahan aplikasi Xender.

Berbicara mengenai keunggulan. Aplikasi Xender memiliki segudang fitur yang berbeda dengan aplikasi serupa. Inilah yang membuat aplikasi ini mendapat poin plus. Dengan fitur yang masih jarang dimiliki aplikasi serupa, membuat Xender cukup diperhitungkan. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan download gratis di Google Play Store.

0 Response to "Xender, Aplikasi Untuk Kirim Segala Macam File Multimedia Tanpa Kendala"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.