Shigeru Miyamoto, Bapak Modern Video Game

WartaIPTEK.com - Shigeru Miyamoto, Bapak Modern Video Game - Siapa yang tidak mengenal judul video game Mario Bros, Donkey Kong, Star Fox dan The Legend of Zelda? Para gamer veteran pasti mengenal judul-judul tersebut berikut dengan karakter-karakternya yang unik. Lalu siapa orang yang berada di baliknya? Ia adalah Shigeru Miyamoto, desainer video game perusahaan Nintendo yang dianggap sebagai bapak modern video game.

Karir Awal di Nintendo
Shigeru Miyamoto lahir pada 16 November 1952 di Kyoto, Jepang. Pada tahun 1970 ia kuliah di Kanazawa College of Art dan lulus lima tahun kemudian. Lalu pada tahun 1977, Miyamoto bertemu dengan Hiroshi Yamauchi yang merupakan pimpinan Nintendo of Japan dan juga merupakan teman dari ayahnya. Yamauchi pun menyewa Miyamoto sebagai "staff artist" dan menugaskan ia dalam departemen perencanaan.

Di tahun 1980, Nintendo of America sedang mencari sebuah judul video game yang diharapkan mampu menonjol di pasar arcade yang sedang bertumbuh. Nintendo pun berusaha bersaing dengan game berjudul Radar Scope. Namun sayangnya mesin arcade game tersebut tidak dapat diproduksi, dan hasilnya adalah gagal total.

Agar tetap eksis sekaligus membayar kerugian dari mesin arcade yang tidak jadi dibuat, Nintendo of America memerlukan sebuah judul game yang hit. Yamauchi pun menugaskan Miyamoto untuk membuatnya. Setelah Miyamoto berkonsultasi dengan beberapa insinyur perusahaan dan membuat musik sendiri dengan keyboard, konsep Donkey Kong pun jadi. Saat game tersebut jadi, chip yang berisi program baru buru-buru ditawarkan ke Amerika Serikat, dan para karyawan Nintendo pun mengkonversi mesin arcade Radar Scope menjadi Donkey Kong. Ternyata Donkey Kong pun sukses besar. Tidak hanya menyelamatkan perusahaan, game tersebut juga mengenalkan karakter yang nantinya akan selalu dikaitkan dengan Nintendo.

Lahirnya Mario
Dalam game Donkey Kong, terdapat 3 karakter yang terkenal, yakni Donkey Kong, Jump Man dan Lady. Nah, Jump Man inilah yang nantinya dikenal sebagai Mario. Setelah debutnya dalam Donkey Kong, Mario pun muncul di lebih dari 100 judul game dalam lusinan platform game berbeda. Berbagai judul video game yang Miyomoto desain memiliki ciri gameplay yang intuitif, jalan cerita yang sederhana, berikut dengan dunia imajiner yang membuat gamer seakan masuk ke dalamnya.

Pada konvensi game E3 tahun 1997, Miyamoto pun menjelaskan bahwa ia secara konstan bekerja dengan setidaknya 400 orang dan selusin project game dalam waktu. bersamaan. Dari situ dapat dilihat bahwa ia adalah sosok yang penting untuk Nintendo. Walau.merupakan figur penting di balik video game, Miyamoto terkenal dengan pribadi yang sederhana, dan bahkan naik sepeda saat pergi ke kantor. Dan yang menarik adalah walau ia adalah desainer game, Miyamoto hanya menghabiskan sedikit waktu untuk bermain game, dan lebih gemar bermain gitar, mandolin dan banjo. 

Kompetisi dengan Sony dan Microsoft
Memegang kendali penuh atas konsol Nintendo Wii, Miyamoto pun mengalami pertarungan konsol pertamanya dengan PlayStation 3 dan Xbox 360. Namun ia yakin dapat mengalahkan kedua konsol tersebut dengan motto "game haruslah seperti apa yang ingin dimainkan oleh gamer." Ia pun menghabiskan waktu untuk mencari sistem kontrol baru yang menarik, dan lahirlah Nintendo Wii.

Dalam 6 bulan pertama kompetisi, Wii mampu mengalahkan penjualan konsol dari Sony dan Microsoft, dimana jumlah penjualannya 2 kali lipat lebih banyak dari Xbox 360 dan 4 kali lipat dibandingkan PlayStation 3. Saat ditanya mengenai impiannya, ia menjelaskan bahwa diharapkan Wii dapat menjadi sebuah perangkat dimana setiap orang membutuhkannya seperti sebuah televisi.

Berkat prestasinya, Miyamoto mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya adalah Lifetime Achievement Award pada ajang Game Developers Choice Awards 2007. Ia juga mendapatkan sanjungan berkat konsol revolusiuner seperti Nintendo Wii dan DS.

Saat ini Shigeru Miyamoto masih aktif di Nintendo sebagai General Manager of Nintendo Entertainment Analysis and Development, serta sibuk dengan project game Star Fox untuk konsol Wii U.

0 Response to "Shigeru Miyamoto, Bapak Modern Video Game"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.