Cara Mengetahui & Mengatasi Aplikasi Yang Berjalan Di Background Agar Baterai Hemat

WartaIPTEK.com - Lambat serta borosnya penggunaan baterai di ponsel Android tidak hanya dikarenakan oleh spesifikasi yang.kurang tangguh, tetapi juga bisa jadi akibat dari aplikasi yang terpasang. Aplikasi ini tanpa Anda sadari ternyata aktif dan memakan daya baterai serta memori yang cukup besar. Padahal bisa jadi Anda sedang tidak menggunakannya. 

Bagaimana cara mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di background? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut akan ditunjukkan cara mengetahui dan mengatasi aplikasi yang berjalan di background agar baterai hemat:

Melihat konsumsi memori serta penggunaan baterai

Jika ingin mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di background dan seberapa -besar konsumsi memori  serta daya yang digunakan,. Anda bisa melihatnya dengan menggunakan cara berikut ini: 
  1. Aktifkan terlebih dabulu Developer Options dengan cara masuk ke Settings>About Device. Ketuk Build number sebanyak 7 kali hingga tampil tulisan 'You are now a developer!" yang menandakan Developer Options telah diaktifkan (enabled).
  2. Kembali ke halaman sebelumnya untuk masuk ke pilihan Developer Options (posisinya tepat di atas About Phone). Tekan Developer Options>Process stats. Tekan aplikasi yang tertera di sini untuk melihat berapa besar memori yang terpakai oleh mastng-masing aplikasi.
  3. Untuk melihat seberapa besar konsumsi baterai yang digunakan aplikasi, Anda bisa masuk ke Settings>Battery dan tekan masing-masing aplikasi tersebut.
Aplikasi apa saja yang aman dimatikan

Dua aplikasi paling rakus memori dan baterai yang berjalan di background adalah game yang sedang tidak dimainkan serta pemutar musik yang sedang tidak igunakan. Jika Anda juga melihat aplikasi yang dirasa tidak diperlukan dan memakan banyak memori dan baterai maka kemungkinan besar Anda harus menutupnya. 

Pastikan bahwa Anda tidak mengutak atik layanan dari Google seperti Google Search, Google Play services, Google Contacts Sync. Google Keyboard, atau Google Play Store namun Anda masih bisa mematikan layanan Google lainnya yang berstfat sebagai aplikasi Contohnya Google play Music yang bisa digunakan untuk menjalankan musik secara online ataupun offline. Cara mematikan aplikasi di background, masuk ke Settings>Apps, geser ke Running. Tekan aplikasi yang diinginkan, tekan Stop untuk mematikannya.

Penanganannya
Jika ada aplikasi yang dirasa menggunakan konsumsi daya atau memori secara berlebihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:
  1. Mematikannya dengan cara masuk ke App Manager, arahkan ke Set tings>Appltcations>Application Manager, ketuk aplikasinya dan pilih Disable.
  2. Sejak Android Lollipop, Anda dapat menutup aplikasi sebelumnya secara mudah dengan cara mengetuk tombol fisik Recent Apps dan tutup aplikasi yang tertera secara satu persatu atau sekaligus dengan menekan tombol Clear All.
  3.  Anda juga bisa menghapusnya dengan masuk ke Settings>Application Manager, pilih aplikasinya dan ketuk Uninstall.
  4. Atau cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan memaksanya untuk dimatikan, masuk ke settings> Applications>Application Manager, arahkan ke tab Running, pilih aplikasinya dan tekan Force Stop.
Yang perlu diperhatikan adalah jika Anda tidak yakin akan suatu aplikasi, apakah panting atau tidak, sebaiknya hindari untuk dimatikan, kecuali jika aplikasi tersebut benar-benar memakan penggunaan memori dan baterai yang sangat besar dan Anda tidak masalah jika aplikasi tersebut akan membuat ponsel crash.

Aplikasi Greenify
Selain cara manual, Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mematikan aplikasi yang berjalan di background. Salah satunya yaitu menggunakan Greenify. Greenify merupakan aplikasi yang mampu mematikan (hibernasi) aplikasi yang berjalan di sistem Android. Dengannya, aplikasi yang dimatikan tersebut nantinya hanya akan berjalan saat Anda menggunakannya saia. Setelah aplikasi tersebut tidak dijalankan.
 
Bagaimana Cara Menggunakannya?
Berikut ini langkahnya:
  • Setelah terpasang, jalankan Greenify. Tekan tanda tarnbah (+) yang terletak di pojok kanan atas.
  • Akan terlihat aplikasi apa saja yang berjalan di background. Pilih aplikasi yang ingin Anda matikan dan tekan tanda centang untuk konfirmasi. 
  • Aplikasi tersebut akan masuk dalam daftar Pending Manual Hibernation. Dan untuk mematikan aplikast tersebut, Anda cukup menekan tombol Zzz yang terdapat di pojok kanan bawah.

0 Response to "Cara Mengetahui & Mengatasi Aplikasi Yang Berjalan Di Background Agar Baterai Hemat"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.