Rangkaian Lampu Mini Selfie (Mini Selfie Light Circuit)

WartaIPTEK.com - Rangkaian Lampu Mini Selfie (Mini Selfie Light Circuit) - Selfie merupakan aktivitas yang masih digandrungi banyak orang hingga saat ini, terutama kaum wanita dan orang-orang yang memiliki jiwa narsis yang tinggi. Biasanya selfie dilakukan untuk mengabadikan momen-momen yang dianggap spesial. Untuk melakukan selfie kita memerlukan smartphone atau tablet yang memiliki kamera depan. Umumnya vendor ponsel menyematkan fitur LED Flash dan autofocus untuk menunjang aktivitas selfie ini. Namun sayangnya tidak semua smartphone memiliki kamera depan yang berkualitas baik. Besarnya pixel kamera depan juga tidak menjamin hasil jepretan akan bagus karena siapa tahu walaupun ukuran pixel-nya besar 5MP atau 8MP tetapi kualitas lensanya jelek ya sama saja hasilnya kurang memuaskan. Untuk itu kita coba akali dengan Rangkaian Lampu Mini Selfie.

Saat ini banyak benda-benda elektronik yang menggunakan lampu LED seperti lampu meja belajar, lampu darurat dan sebagainya. Lampu-lampu LED tersebut yang sudah tidak terpakai namun masih berfungsi dengan baik bisa kita gunakan untuk lampu selfie. Kalau memang tidak punya, beli juga ada kok di toko-toko elektronik. Beli saja lampu LED yang ukuran kecil, sesuaikan dengan besar ponsel.

Berikut ini saya sajikan Rangkaian Lampu Mini Selfie beserta rincian komponennya:



Semikonduktor:
IC1: LMC555/TLC555
T1: BS170
D1- 2: BAT85
LED1- 3: 5mm Piranha White / 3.0V-20mA typical

Resistor :
R1: 100K ¼ w
R2: 4K7 ¼ w
R3: 27R ¼ w
P1: 470K finger-turn mini potentiometer

Kapasitor:
C1: 100uF/16v
C2: 10nF
C3-C4: 100nF

Lain-lain
F1: PPTC fuse 500mA/6v
J1: Mini USB – B male connector (untuk tablet) / Micro USB – B male connector (untuk smartphone)



Rangkaian Lampu Mini Selfie menggunakan komponen utama IC LMC555/TLC555 dan transistor BS170. LMC 555 (IC1) dikonfigurasi di sini sebagai osilator squarewave (gelombang persegi). Berbeda dengan aplikasi standar penambahan dioda Schottky BAT85 (D2). Karena D2, dua waktu yang berbeda sekarang dapat disesuaikan secara independen. Durasi output adalah logika tinggi ditentukan oleh R1 dan C2 dan waktu output adalah logika rendah ditentukan oleh R2, P1 dan C2. Siklus dapat disesuaikan dari mulai 30% sampai 96% dengan nilai-nilai bagian yang ditunjukkan (pada prinsipnya, peredupan menjadi kurang dari 30% memiliki nol prestasi karena output cahaya akan terlalu rendah saat digunakan). Sejak LMC555 adalah versi CMOS dari timer akrab jenis IC LM555 menangani arus kurang lancar, tambahan pengemudi BS170 MOSFET (T1) digunakan untuk menggerakkan beban output (LED x3), yang dapat menangani arus beban hingga 500 mA tanpa masalah.

0 Response to "Rangkaian Lampu Mini Selfie (Mini Selfie Light Circuit)"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.