Apel Ampuh Atasi Wajah Kusam Dan Vlek Hitam

WartaIPTEK.com - Apel Ampuh Atasi Wajah Kusam Dan Vlek Hitam -  Buah-buahan merupakan sumber makanan yang banyak sekali memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya untuk tubuh, namun buah-buahan juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk kecantikan. Salah satunya adalah apel. Buah apel yang digemari oleh banyak orang ini memang memiliki vitamin yang bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin dalam apel ternyata mampu menghilangkan vlek hitam dan mengatasi wajah kusam. Benarkah apel ampuh atasi wajah kusam dan vlek hitam?

Tampil cantik sempurna dengan kulit wajah yang putih berseri, mulus dan bebas dari vlek bahkan bekas jerawat merupakan keinginan semua orang. Akan tetapi tidak semua orang dapat memperoleh semua keinginannya. Faktor usia, makanan atau pola hidup dan pekerjaan terkadang merupakan penyebab atau pemicu yang paling utama terhadap timbulnya suatu gangguan yang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.


Seperti yang banyak dialami oleh wanita adalah masalah kulit wajah yang kusam, vlek hitam ataupun bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Hal ini membuat sebagian orang menjadi memilih menggunakan treatment modern dengan hasiiyang lebih cepat seperti penggunaan laser ataupun mikrodermabrasi.

Penggunaan laser di dunia kecantikan bukanlah hal yang tabu, namun tidak semua orang menginginkan perawatan modern yang tentu saja akan mengeluarkan kocek lebih banyak. Oleh sebab itu salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikan. 

Bahan alami yang dapat ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan ternyata dapat digunakan sebagai bahan alternate lain untuk menghilangkan vlek hitam dan bekas jerawat pada kulit. Bahan alami yang dapat digunakan salah satunya adalah buah apel. 

Kandungan Apel
Buah yang memiliki nama latin Pyrus malus selain memiliki rasa yang manis dan enak, juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Di antaranya vitamin A, B, dan C, serta kalium, kalsium, fosfor, sodium, silikon, magnesium, belerang, klorin, dan asam malat.

Kelezatan buah apel yang menjadikan buah ini sebagai salah satu buah favorit. Selain sangat baik untuk dikonsumsi, apel juga sangat baik digunakan sebagai bahan untuk kecantikan kulit seperti mengembalikan atau mencerahkan kulit wajah yang kusam, menghilangkan noda atau vlek, membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan meremajakan kulit.

Masalah kulit yang sering muncul di Indonesia adalah masalah kulit kusam dan vlek. Penyebabnya adalah cuaca tropis yang ada di Indonesia serta polusi. Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari serta polusi dan debu yang terdapat di mana-mana menyebabkan kulit menjadi kusam, timbul vlek dan timbul berbagai masalah kulit lainnya jika kulit tidak dijaga dengan baik dan benar.

Masker Apel
Kulit kusam dapat diatasi dengan apel, karena apel yang memiliki kandungan zat asam malat. Asam malat ini memiliki fungsi sebagai eksfoliator atau alat yang membantu untuk melepaskan sel kulit mati pada lapisan kulit. Selain itu kandungan zat AHA {alpha hydroxy acid) yang terkandung dalam apel juga dapat mencegah timbulnya keriput dan antipenuaan.

Untuk merawat kulit kusam, apel dapat langsung digunakan pada kulit wajah. Caranya, buah apel yang masih segar dihaluskan bersama dengan kulitnya. Setelah itu, apel ditambahkan dengan 1 sdm madu murni, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah masker apel sudah jadi, dapat langsung digunakan pada area kulit wajah secara merata!

Sebelum menggunakan masker apel, terlebih dahulu kulit wajah dibersihkan hingga bersih. Setelah masker apel sudah menempel pada wajah secara merata, diamkan sekitar 15 hingga 30 menit agar masker apel tersebut dapat bekerja secara maksimal. Jika sudah kering dapat dibilang dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya penggunaan masker apel rutin dilakukan dua hari sekali agar wajah yang kusam kembali menjadi cerah dan segar.

Cuka Apel
Tidak hanya sebagai perawatan untuk wajah kusam saja, apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan v|ek hitam pada kulit wajah. Namun untuk menghilangkan vlek hitam, apel yang digunakan adalah yang telah menjadi cuka apel. Cuka apel memang diketahui selama ini memiliki manfaat untuk menghilangkan vlek hitam pada wajah.

Cara penggunaan cuka.apel pun sangat mudah. Cuka apel dioleskan pada bagian wajah yang terdapat vlek hitam, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih. Namun perlu diperhatikan, ketika menggunakan cuka apel, sebaiknya menggunakan cuka apel yang telah diencerkan atau bukan cuka apel yang murni.

Cuka apel bersifat sangat asam dan dapat merusak jaringan kulit jika kadar asam tinggi. Perlu diperhatikan juga bagi yang memiliki tipe kulit sensitif, jika ingin menggunakan cuka apel sebaiknya dicoba terlebih dahulu pada bagian tangan. Hal ini untuk mengetahui apakah cuka apel dapat menimbulkan iritasi pada kulit atau tidak.

Sebelum menggunakan atau mengoleskan cuka apel, sebaiknya wajah dibersihkan dari sisa-sisa make up ataupun kotoran lainnya yang menempel pada wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan cuka apel secara teraur satu kali sehari agar vlek hitam cepat hilang.

Manfaat Apel Lainnya
Selain untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kusam dan vlek hitam, apel juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan dan kesehatan. Berikut manfaat apel untuk kesehatan dan kecantikan:
  1. Memutihkan Gigi. Apel dapat memutihkan gigi karena menggigit apel akan sama seperti menggosok dan menggunakan pasta gigi. Pasalnya, apel akan membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi.
  2. Mencegah Kanker Kulit. Kandungan vitamin A dalam apel dapat menurunkan risiko terhadap kanker kulit. Satu buah apel ukuran besar dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian pada pria sampai 5% dan sampai 4% pada wanita.
  3. Menghilangkan Kantung Mata. Apel dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Caranya buah apel diiris tipis dan tempelkan pada mata selama 15 menit. Cara tersebut akan mengurangi kantung mata.
  4. Melindungi Kulit Kepala dan Rambut Tetap Sehat. Kandungan serat pyrus malus yang tersimpan dalam buah apel bisa digunakan sebagi produk perawatan rambut. Pasalnya, dapat berguna untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala dan rambut, serta dapat menyeimbangkan kadar pH dalam rambut.

0 Response to "Apel Ampuh Atasi Wajah Kusam Dan Vlek Hitam"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.