Samsung Z3 Usung OS Tizen, Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?

WartaIPTEK.com - Samsung Z3 merupakan seri terbaru dari vendor asal Korea Selatan. Uniknya seri terbaru dari perusahaan Samsung ini mengadopsi Tizen pada sistem operasinya. Sebelumnya telah hadir Samsung Z1 pada 3 Juni 2014 lalu sebagai smartphone berbasis OS Tizen pertama milik Samsung. Seri baru ini secara eksklusif akan meluncur di negara India, dilego dengan harga sebesar $130.

Apakah Anda mengetahui OS Tizen? Jika belum, ini sedikit penjabarannya. OS Tizen merupakan sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh vendor asal Korea Selatan, yakni Samsung. Sebelumnya OS tersebut bernama Meego yang merupakan penggabungan nama dari Intel Mobilin dan Nokie Maemo.

Samsung bekerjasama dengan Linux Foundation dalam membuat OS Tizen. Sistem ini open source sehingga pengguna sistem operasi ini dapat mengutak-atik sistem tersebut sesuai dengan keinginannya. Samsung meyakini kelak OS Tizen akan membuahkan potensi yang sangat besar bagi dunia smartphone. Sistem operasi ini diprediksi akan menyaingi OS Android, Windows Phone, iOS, dan BlackBerry OS.

Berbicara tentang sebuah sistem operasi, pasti terdapat kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari OS Tizen diantaranya mendukung browser HTML5, mampu dikembangkan ke perangkat lain (Smart TV, Smart Camera, Notebook), dapat menjalankan seluruh aplikasi yang terdapat pada OS Android, dan dapat mendukung aplikasi pihak ketiga berbasis web (HTML5, JavaScript, dan CSS), native (C/C++), dan hybrid (web dan native).

Kekurangan dari OS Tizen pun juga ada. Diantaranya OS ini merupakan prioritas kedua dari vendor Samsung. Karena prioritas utama vendor Samsung yaitu OS Android. Selain itu masih memerlukan sosialisasi dan diferensiasi agar OS tersebut berbeda dengan OS yang ada di pasaran. Lalu masih perlu promosi ke publik agar OS tersebut dikenal dan mendapatkan respon positif dari khalayak.

0 Response to "Samsung Z3 Usung OS Tizen, Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.