Info Baru
Loading...

6 Tips Ringan Penggunaan Facebook Messenger

WartaIPTEK.com - Semenjak fitur chat dihapuskan di dalam aplikasi Facebook for Android, mau tidak mau Anda harus menggunakan aplikasi Facebook Messenger untuk bercakap-calcap dengan teman di Facebook. Jika berpikir bahwa aplikasi ini hanya dapat mengirim pesan saja, maka Anda salah karena ternyata banyak hal yang dapat dilakukan oleh Facebook Messenger.

Menonaktifkan Notifikasi
Ada kalanya Anda melakukan percakapan secara grup dengan beberapa teman lain. Namun lama-kelamaan Anda sudah tidak tertarik dengan obrolan yang ada. Masalahnya adalah notifikasi percakapan baru akan terus muncul, sedangkan Anda tidak ingin keluar dari percakapan tersebut. Solusinya adalah menonaktifkan notifikasi untuk percakapan selama beberapa saat.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Tap dan tahan percakapan yang sedang diikuti, lalu pilih opsi "Mute notifications." Selanjutnya pilih berapa lama notifikasi percakapan tidak akan ditampilkan.
  • Jika Anda ingin menonaktifkan notifikasi untuk semua percakapan yang ada, tap ikon gir di sudut kanan atas (tab terakhir).
  • Kemudian geser slider di bagian atas menjadi Off. Dengan begitu Anda sama sekali tidak akan mendapatkan notifikasi jika seseorang mengajak Anda bercakap-cakap.
Melakukan Panggilan Suara
Tahukah Anda jika Facebook Messenger mendukung fitur voice call atau panggilan suara? Mungkin saja Anda sudah tahu, namun tidak pernah menggunakannya. Jika lelah mengetik, maka gunakan saja fitur ini (dengan catatan teman menggunakan aplikasi yang sama di smartphone yang mendukung) agar komunikasi lebih nyaman. Selain itu koneksi WiFi lebih baik ketimbang mobile data karena lebih stabil. Cukup tap
ikon telepon di jendela percakapan dengan teman untuk melakukan panggilan. 

Membuat Shortcut Percakapan Grup
Jika Anda sering bercakap-cakap dengan beberapa teman sekaligus, maka buat saja shortcut dari percakapan tersebut di home screen. Dengan begitu Anda tidak perlu membuka Facebook Messenger terlebih dahulu tiap kali ingin mengobrol.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Menujulah ke tab Groups dimana Anda memilih percakapan grup, lalu tap ikon tiga titik di sudut kanan atas dari ikon percakapan tersebut. Pilih opsi "Create shortcut."
  • Shortcut pun akan ditampilkan di home screen.
Mengirim Foto atau Gambar
Sama seperti aplikasi perpesanan lain, Facebook Messenger juga memungkinkan Anda untuk mengirim foto. Tap ikon kamera yang ada di bagian bawah jendela percakapan. Menariknya adalah area bawah layar akan menjadi viewfinder kamera (dapat diperlebar juga). Anda pun juga dapat mengubah penggunaan kamera depan dan belakang. Tap tombol vertikal di tengah layar untuk mengambil foto, atau tahan untuk merekam video kemudian mengirimnya. Untuk mengirim foto yang tersimpan di Gallery, tap ikon di samping kanan ikon kamera.

Mengirim "Jempol" Berukuran Besar
Facebook dikenal dengan ikon "Like" berupa jempol. Nah, di sinipun Anda juga dapat menggunakannya dalam percakapan. Ukuran default dari ikon Like adalah kecil, dan menariknya Anda dapat membuat ukurannya menjadi lebih besar dengan menahan ikon tersebut. 

Mengirim Informasi Lokasi
Ketika bercakap-cakap dengan teman, ia tidak mengerti tentang lokasi tempat Anda berada. Untuk lebih jelas gunakan saja fasiiitas pengiriman lokasi. Asal Anda mengaktifkan fitur Location di menu Settings, maka fasilitas ini dapat digunakan. Sama jika teman Anda mengaktifkan fitur Location, cukup tap pada pesan untuk mengirim lokasi dari tempat Anda berada.

0 Response to "6 Tips Ringan Penggunaan Facebook Messenger"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.