Tips Menghemat Pemakaian Bandwith Internet Hingga 50%

WartaIPTEK.com - Untuk selalu online, tentunya Anda berlangganan paket internet. Ada kalanya Anda tidak sadar jika pemakaian terlalu berlebihan, mengakibatkan kuota sudah minim padahal jatah pemakaian masih beberapa hari lagi sebelum masa aktif berlangganan paket selesai. Oleh karena itu mau tidak mau harus melakukan penghematan dengan membatasi aktivitas online. Lantas, bagaimanakah cara menghemat pemakaian bandwith internet tersebut?

Sebuah aplikasi bernama Opera Max dapat membantu Anda. Aplikasi ini bertindak sebagai Virtual Private Network (VPN) fungsinya adalah melakukan kompresi data yang gadget gunakan. Alhasil pemakaian kuota bisa lebih ditekan. Bahkan Opera yang merupakan developer dari aplikasi ini mengklaim Opera Max dapat menghemat pemakaian data hingga 50%.

  • Instal aplikasi melalui Play Store. Saat pertama kali menjalankannya, Anda diminta untuk memberikan ijin dan harus mengaktifkan akses VPN untuk aplikasi dengan menekan tombol "Connect."
  • Setelah Anda mengaktifkannya, maka akan muncul ikon kunci di status bar.
  • Sesaat kemudian, ditampilkan informasi 2 aplikasi yang berpotensi mendapatkan penghematan data tinggi. Anda dapat melihat aplikasi lainnya dengan men-tap opsi "See Full List." Di titik ini, silakan melakukan aktiivitas online seperti biasa dan Opera Max akan berusaha untuk melakukan penghematan data.
  • Sapukan layar dari sisi kiri ke tengah untuk menampilkan panel pengaturan. Terlihat bahwa Opera Max akan melakukan penghematan data untuk koneksi mobile atau WiFi. Tap salah satu untuk melihat berapa banyak penghematan yang telah dilakukan. Anda juga dapat menggeser slider berwarna hijau untuk memilih apakah ingin mengaktifkan atau menon-aktifkan Opera Max untuk tiap koneksi.
  • Pada tab Today, aplikasi akan menampilkan berapa banyak data yang dihemat untuk tiap waktu pemakaian. Contoh ini menampilkan pemakaian data dengan WiFi adalah sebanyak 53,4 MB, dan yang dihemat adalah 44,3 MB.
  • Sebagai tambahan, akses panel pengaturan lalu pilih opsi App Management. Di sini terdapat opsi untuk memilih daftar aplikasi apa yang ingin supaya pemakaian datanya tidak dikompresi. Cukup tap aplikasi tersebut agar dimasukkan ke dalam daftar di sisi kanan.


Yang perlu dicermati adalah Opera Max sangat berperan jika Anda sering beraktivitas yang membenani bandwith internet, misalnya streaming video YouTube. Saat dicoba untuk streaming video dengan aplikasi YouTube, Opera Max menampilkan bahwa data yang dikonsumsi adalah sebesar 38 MB, dengan penghematan sebesar 40 MB. Jadi memang penghematan data yang dilakukan lebih besar dari penggunaan data itu sendiri, dan hal ini merupakan sisi positifnya.

Namun terdapat sisi negatifnya di sini, yakni sangat terasa bahwa Opera Max cukup membebani konsumsi baterai. Hal ini dikarenakan tiap aplikasi yang berinteraksi dengan data akan diproses oleh Opera Max. Solusinya adalah memilih aplikasi apa saja yang ingin dihemat datanya melalui Opera Max, dan ini dapat dilakukan melalui pengaturan App Management. Alternatifnya, aktifkan Opera Max saat Anda ingin melakukan penghematan data saja.

0 Response to "Tips Menghemat Pemakaian Bandwith Internet Hingga 50%"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.