Cara Setting Device PC di Windows 8

WartaIPTEK.com - Pengguna Windows pasti mengenal fitur Device Manager. Seperti namanya, fitur ini diperuntukkan user agar bisa mengatur perangkat atau device yang telah terdeteksi oleh sistem.

Sebenarnya tool ini mampu menampilkan semua perangkat keras Anda yang terpasang dan memungkinkan Anda untuk melihat perangkat mana saja yang memiliki masalah, mengatur drivernya, bahkan menonaktifkan beberapa device yang tidak diinginkan.

Disini Anda hanya perlu menggunakan Device Manager ketika ada masalah pada perangkat keras komputer dan drivernya, tapi Anda harus mengetahui cara menggunakan tool sistem ini.


Cara termudah untuk membuka Device Manager pada setiap versi Windows adalah dengan menekan tombol Windows + R, dan ketik devmgmt.msc, tekan Enter. 

Pada Windows 8, Anda juga bisa klik kanan di sudut kiri bawah layar Anda dan pilih Device Manager.

Secara default, Device Manager menampilkan daftar perangkat keras yang terpasang, diurutkan berdasarkan kategori. Anda dapat memperluas kategori ini untuk melihat hardware yang telah di-instal di komputer. Jika Anda pernah lupa nomor model yang tepat dari kartu video atau bahkan hard drive atau DVD drive, Anda dapat dengan cepat menemukan informasi tersebut dalam device manager. 

Perhatikan bahwa beberapa perangkat keras tidak muncul dalam daftar ini secara default. Anda dapat melihatnya dengan mengklik 'View' dan memilih perangkat tersembunyi 'Show'. Ini akan menampilkan berbagai "non-plug and play driver," termasuk driver sistem tingkat rendah disertakan dengan Windows dan driver diinstal oleh perangkat lunak pihak ketiga.
   
Windows tidak menampilkan beberapa jenis perangkat tersembunyi, bahkan ketika Anda mengaktifkan Show hidden perangkat pilihan, namun perangkat "Ghosted", seperti perangkat USB yang tidak terhubung ke komputer Anda, tidak akan muncul dalam daftar. Untuk melihatnya pada Windows 7, Vista, atau XP, Anda harus memulai Device Manager dengan cara khusus.

Pertama, membuka jendela Command Prompt. Jalankan perintah berikut di dalamnya:
set devmgr_show_nonpresent_devices=l
start devmgmt.msc

Device Manager akan terbuka dan sekarang akan menampilkan semua perangkat tersembunyi ketika Anda memilih "Show" perangkat tersembunyi dari menu View. Anda dapat menggunakan trik ini untuk menghapus driver terkait yang masih memakai versi lama atau hardware yang terputus. Fitur tersembunyi ini telah dihapus di Windows 8, jadi terlihat seperti perangkat "Ghost". 

Untuk mengidentifikasi perangkat yang tidak bekerja dengan baik, mungkin karena bermasalah dengan drivernya cari segitiga kuning berisi tanda seru di atas ikon device's. 

Klik kanan perangkat dan pilih Properties untuk melihat informasi lebih lanjut tentang masalah ini. Masalahnya bisa menjadi masalah driver, konflik sumber daya sistem, atau sesuatu yang lain. Jika itu masalah driver, biasanya Anda dapat menginstal driver baru untuk itu dari tab Driver dalam dialog Properties.

Non Aktifkan Device
Katakanlah Anda ingin menonaktifkan perangkat sepenuhnya. Mungkin touchpad laptop Anda yang rusak dan mengirim acara tersembunyi, memindahkan kursor mouse Anda ketika Anda tidak menginginkannya. Mungkin Anda ingin mematikan fitur device bluetooth, agar teman yaang meminjam tidak bisa menggunakan koneksi bluetooth , atau bahkan webcam laptop. Apapun alasannya, Anda dapat mengatur perangkat keras secara individu dari Device Manager.

Sebagai contoh, katakanlah kita tidak suka bunyi beep yang menjengkelkan yang berasal dari komputer. Ini bip datang dari speaker pada motherboard komputer Anda.

Untuk menonaktifkannya, klik menu View dan pilih Show hidden devices. Perluas tampilan Non-Plug and Play bagian Drivers, klik kanan driver Beep, dan pilih Properties.

Klik tab Driver dan atur Startup Type ke Disabled. Anda tidak akan mendengar bunyi bip dari dalam Windows lagi. (Perhatikan bahwa, untuk sebagian besar jenis perangkat keras, biasanya Anda bisa klik kanan mereka dan pilih Disable untuk segera menonaktifkan mereka.) 

Pengaturan ini hanya mempengaruhi Windows sehingga Anda mungkin mendengar bunyi bip saat booting. Ini adalah fitur yang memungkinkan pemecahan masalah motherboard Anda untuk berbunyi pada Anda jika terjadi masalah.

Mengatur Driver
Pada jendela properti biasanya menampilkan informasi dan pengaturan yang mungkin khusus untuk jenis hardware. Namun, Anda tidak harus perlu melihat sebagian besar informasi atau pilihan di sini.

Pengaturan yang paling penting untuk pemecahan masalah adalah pengaturan Driver. Setelah mengklik kanan perangkat dan memilih Properties, klik tab Driver. Anda akan menemukan informasi tentang driver yang terinstal dan tombol untuk mengendalikannya.
Lima tombol pilihan tersebut adalah:
- Driver Details
- Update Driver
- Roll Back Driver
- Disable
- Uninstall.

0 Response to "Cara Setting Device PC di Windows 8"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.