Cara Menghapus Service Windows (W7, W8, Vista, dan XP)

WartaIPTEK.com - Jika Anda penggemar tweaker sistem dan ingin menonaktifkan service, Anda mungkin menemukan bahwa dari waktu ke waktu daftar Windows Services menjadi besar dan berat dengan sejumlah besar service dalam daftar yang tidak akan pernah diaktifkan.

Bukan hanya menonaktifkan service, ada alternatif Anda dapat benar-benar menghapus layanan. Teknik ini dapat sangat membantu jika Anda telah menginstal beberapa software yang tidak terhapus dengan benar, dan masih ada dalam daftar service.


Tips ini berlaku pada Windows 10, 8, 7, Vista, dan bahkan XP.

Catatan Penting: Setelah Anda menghapus service, maka akan sulit untuk menambahkannya kembali. Gunakan dengan hati-hati. Atau tidak menggunakannya sama sekali kecuali jika Anda mencoba untuk membersihkan malware.

Menghapus Windows Service
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi nama layanan dengan membuka Service melalui start menu atau panel kontrol, dan kemudian menemukan layanan dalam daftar yang ingin dihapus. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk membukanya, gunakan WIN + R dan ketik services.msc. 

Anda dapat membuka properti dengan mengklik dua kali pada nama service, dan kemudian sorot nilai "Service name" dan menyalinnya ke clipboard. Ini adalah apa yang akan kita butuhkan untuk menonaktifkannya.

Anda harus membuka command prompt, dan jika Anda menggunakan Windows 7, Windows 8, Windows 10, atau Vista Anda harus klik kanan command prompt dan pilih Run as Administrator. Kita akan menggunakan perintah sc untuk melakukannya.

Sintaks yang digunakan untuk menghapus layanan adalah ini:
scdelete ServiceName

Jika nama service Anda memiliki ruang di dalamnya, Anda akan perlu untuk menandai nama service dalam tanda kutip, seperti ini:
sc delete "Adobe LM Service"

Perhatikan: tidak dianjurkan menghapus service khusus ini, itu hanya contoh.

Sekarang jika Anda menggunakan tombol F5 untuk me-refresh Services list, Anda akan melihat bahwa service itu hilang. 

Menggunakan teknik ini (hati-hati) dapat membuat daftar Service Anda jauh lebih berguna dan kerja sistem menjadi ringan.

0 Response to "Cara Menghapus Service Windows (W7, W8, Vista, dan XP)"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.