Yuk Mengintip Fitur Android M

WartaIPTEK.com - Pada acara Google I/O, Google membawa sebuah kabar yang menarik yakni penerus dari Android Lollipop. Untuk sementara ini belum ada nama resminya, dan Google pun memberinya nama Android M. Smartphone Nexus terbaru yakni Nexus 6 sudah mendapatkan kesempatan untuk mencobanya melalui ROM Android M Developer Preview.

Sementara untuk perangkat lain belum mendapatkan kesempatan untuk mencobanya, namun ada satu dua fitur yang sudah dapat digunakan. Sekilas untuk tampilannya, Android M tidak jauh berbeda dengan Lollipop. Namun perbedaannya jelas terlihat dari jeroannya dimana muncul berbagai fitur baru yang meningkatkan user experience dan juga performa. Berikut adalah diantaranya.


Theme Light atau Dark
Pada Developer Options, terdapat opsi baru bernama Theme. Di daiamnya Anda dapat memilih theme yakni Light atau Dark. Tentu saja theme Dark menjadi yang disorot di sini karena membuat tampilan background menjadi gelap dan warna font menjadi putih, walaupun theme ini hanya dapat diaplikasikan ke halaman Settings saja. App Drawer masih tetap putih, begitu juga dengan Google apps. Bisa saja nanti di versi final, theme ini akan mempengaruhi keselu-ruhan interface.

App Permissions
Merupakan salah satu fitur yang dinan-tikan oleh para pengguna Android. Mungkin para pengguna awam tidak akan terlalu memperdulikannya, padahal fitur ini sangat berguna karena mampu menjaga privasi Anda dengan baik. Setelah sebuah aplikasi terinstal, maka Anda dapat memberikan ijin apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi tersebut. Dengan begitu sebuah aplikasi tak dapat mengakses kontak Anda misalnya, mengingat sebenarnya tidak perlu.

Perubahan Tampilan tab Apps
Ketika mengakses bagian Settings>Apps, maka layar akan dibagi dalam tab Downloaded, Running, All dan Disabled. Namun di Android M, tampilannya tidak akan dibagi seperti itu. Sekarang tab Running akan digantikan oleh RAM Manager, dan tab All serta Disabled akan ditampilkan dalam bentuk menu drop-down, asal Anda telah men-disable setidaknya satu aplikasi di daftar Apps. Sedangkan tampilan default dari Settings>Apps menjadi seperti tab All.

Menghubungkan Link dengan Aplikasi
Android M memungkinkan Anda untuk mengatur aplikasi tertentu yang akan dijalankan ketika sebuah link dipilih. Misalnya jika seseorang mengirim email berisi link Twitter, maka ketika link dipilih secara otomatis akan membuka aplikasi Twitter. Pengaturan detail dapat dilakukan, seperti misalnya semua link facebook.com akan dibuka dengan aplikasi Facebook atau aplikasi Facebook pihak ketiga yang telah Anda instal.

Ul Tuner
Fitur ini juga dapat diakses melalui Developer Options. Tepatnya di Settings>Developer Options>Show SystemUl Tuner. Setelah aktif, maka Anda dapat mengatur berbagai toggle yang ada di Quick Settings. Bisa menambahkan atau mengurangi toggle, hingga mengatura urutannya. Beberapa ROM seperti milik Lenovo atau ASUS sudah menyediakannya, dan sekarang Google juga menggunakannya di Android M.

Doze
Android Lollipop membawa fitur baru untuk menghemat baterai, yakni Battery Saver. Di Android M, fitur baru ditambahkan yakni Doze. Ketika smartphone atau tablet tidak aktif selama beberapa waktu, Android M akan melakukan hibernasi (dengan alarm dan notifikasi yang diprioritaskan masih aktif). Fitur Battery Saver masih dapat tligu-nakan, dan sekarang Anda dapat memberikan pengecualian hingga 3 aplikasi untuk tetap berjalan secara normal tak terpen-garuh Doze atau Power Saver.

RAM Manager
Tiap kali muncul versi baru Android, maka Google selalu menjanjikan manajemen RAM yang lebih baik, tentunya hal ini berkai-tan dengan.performa. Nantinya Anda dapat melihat detail daftar aplikasi yang sedang membebani RAM. Tap salah satu aplikasi untuk memilih opsi Force Stop jika perlu, apabila aplikasi tersebut sudah membebani RAM sangat tinggi. Tentunya fitur ini membuat Anda mudah untuk memantau aplikasi apa yang boros RAM.

Google Now di Lock Screen
Di Android M, shortcut dialer pada lock screen digantikan oleh Google Now. Tentunya Anda masih dapat menggunakan Google Now untuk menelepon seseorang dengan suara, berikut dengan perintah dan fitur lainnya. Pada lock screen, cukup sapukan sudut kiri bawah ke tengah untuk mendapatkan akses cepat ke Google Now. Dengan begitu Anda tak perlu membuka lockscreen terlebih dahulu.

Uninstall Aplikasi dengan Cepat
Pada Android M, Anda dapat melakukan uninstall aplikasi tanpa mengakses menu Set'tings>Apps terlebih dahulu. Caranya mudah dan langsung melalui home screen. Cukup tap dan tahan shortcut aplikasi yang akan di-uninstall, lalu tarik ke atas layar dan pilih opsi Uninstall. Cara ini juga dapat dilakukan pada App Drawer. Sebenarnya fitur ini sudah ada cukup lama, dibawa oleh launcher pihak ketiga. Sepertinya Google memutuskan untuk mengintegrasikannya langsung pada sistem.

Developer Options
Developer Options sebenarnya bukan hal yang baru, tetapi terdapat beberapa opsi baru yang muncul di Android M. Untuk mengakses Developer Options caranya masih sama, yakni menuju Settings>About phone, lalu tap Build number 7 kali hingga muncul informasi jika Anda sudah menjadi developer. Kembali ke layar sebelumnya, Developer Options pun dapat diakses dan muncul opsi baru.

0 Response to "Yuk Mengintip Fitur Android M"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.