Cara Menambahkan Efek Animasi Pada Microsoft PowerPoint

WartaIPTEK.com - Waktu mempresentasikan suatu materi dengan Microsoft PowerPoint biasanya ada beberapa poin, kata kunci atau angka-angka tertentu yang perlu ditekankan. Untuk menonjolkan obyek tersebut ada banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan menunjuknya dengan pointer laser, memperbesar ukuran huruf, atau memberi warna mencolok pada poin yang ingin ditonjolkan.

Ada satu cara lagi yang lebih menarik, yaitu dengan memberi efek tertentu pada obyek yang ingin ditonjolkan. Dengan sedikit trik, kita bisa membuat efek ini dengan mudah. 

  1. Buka program Microsoft PowerPoint 2007. Buat dan susun presentasi Anda sesuai dengan selera.
  2. Pilih obyek yang ingin ditonjolkan. Pada tab [Animations] dan pilih [Custom Animation] yang terdapat pada grup Animations. Akan muncul task pane [Custom Animation] pada sisi kanan jendela.
  3. Klik tombol [Add Effect] > [Entrance] > [More Effects...] dan pilih efek yang diinginkan. Efek yang dipilih ini akan muncul begitu obyek muncul pada slide.
  4. Tentukan arah animasinya pada bagian Direction dan kecepatan animasinya pada bagian Speed. Anda pun dapat menentukan apakah animasi tersebut muncul saat Anda mengklik mouse (on click), langsung dibuka begitu slide terbuka (with previous), atau setelah jeda waktu tertentu (After Previous). Untuk menentukan jeda waktunya sendiri Anda dapat mengklik menu drop down pada daftar animasi, kemudian klik [Timing...]. Di situ dapat ditentukan waktu Delay dan kecepatan animasinya.
  5. Untuk menambahkan animasi setelah obyek muncul, klik menu [Add Effect] > [Emphasis] > [More Effects...].Tentukan animasi yang Anda inginkan dengan cara yang sama dengan langkah sebelumnya.
  6. Jika diperlukan, bisa juga ditambahkan animasi sebelum obyek menghilang dari layar. Pengaturan animasinya dapat Anda temukan pada menu [Add Effect] > [Exit] > [More Effects...]. Cara pengaturan animasinya pun masih tetap sama dengan langkah keempat.   Nah, efek pada presentasi Anda sudah selesai dibuat. Sekarang cek hasil akhirnya dengan mengklik tombol [Play]
Itulah cara menambahkan efek animasi pada Microsoft PowerPoint secara singkat dan mudah. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Menambahkan Efek Animasi Pada Microsoft PowerPoint"

  1. terimakasih sudah share. kebetulan lagi mencari materi tentang tipe-animasi di powerpoint.
    salam kenal

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.