Info Baru
Loading...

HGST Ultrastar Archive Ha10, HDD 3,5 Inci Berkapasitas 10 TB

WartaIPTEK.com - Pertama kali HGST merilis HDD berkapasitas tinggi adalah pada tahun 2012. Saat itu mereka mengklaim dapat meningkatkan kapasitas sebanyak 40% dengan menggantikan udara yang ada di dalam drive dengan helium. Selainjutnya pada tahun 2013, dirilis HDD berbasis helium dengan kapasitas 6 TB, dan dilanjutkan kapasitas 8 TB pada 2014. Untuk tahun 2015, maka HGST pun memperkenalkan HDD pertama di dunia yang berkapasitas 10 TB.

HDD ini memiliki nama Ultrastar Archive Ha10 yang ditujukan untuk segmen enterprise dan data center, dan tentunya masih menggunakan basis helium. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa menggunakan helium tentunya. Helium memiliki kerapatan partikel sepertujuh lebih tipis dibandingkan udara biasa. Hal ini mengartikan semakin minim gesekan dengan komponen internal HDD yang bergerak. Hasilnya adalah konsumsi daya yang diperlukan lebih minim, dan kapasitas yang dibawa oleh cakram yang ada di dalam drive semakin meningkat.

Fitur HelioSeal yang dibawa oleh drive ini dikombinasikan dengan Shingled Magnetic Recording (SMR), sebuah teknologi yang menyimpan data secara overlapping bukannya paralel. HGST mengatakan bahwa teknologi SMR ini cocok untuk aktivitas pengarsipan ketimbang pekerjaan yang disimpan secara rutin. 

Selain kapasitasnya yang banyak, HDD berukuran 3,5 inci ini memiliki 2 juta jam Mean Time Between Failure (MTBF). Terdapat versi SATA 6 Gbps dan SAS Gbps. HGST juga mengklaim terdapat peningkatan dalam hal Watt per TB dibandingkan seri sebelumnya, yakni Ultrastart He8. Ultrastar Archive Ha10 akan tersedia untuk cloud dan OEM storage client berikut aplikasi pendamping yang berfungsi untuk melakukan maintenance dari drive, 

0 Response to "HGST Ultrastar Archive Ha10, HDD 3,5 Inci Berkapasitas 10 TB"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.