Info Baru
Loading...

Cara Merubah Dokumen Menjadi Video

WartaIPTEK.com - Pernah mengalami kesulitan saat ingin mempresentasikan makalah, materi, atau produk dengan PowerPoint karena tidak ada komputer atau notebook? Mungkin suatu ketika Anda pernah mengalami, telah bersusah payah membuat bahan presentasi dengan PowerPoint, tapi kemudian batal presentasi gara-gara tidak ada komputer. Konyol kan jadinya?

Untuk dapat menampilkan bahan presentasi dengan PowerPoint, minimal dibutuhkan komputer, beserta proyektor sebagai penampil. Keduanya mutlak diperlukan jika ingin mempresentasikan sesuatu dengan PowerPoint. Repotnya, saking mahalnya perangkat-perangkat itu ketersediaannya menjadi sangat jarang ditemui di sembarang tempat. Tapi, televisi dan VCD/DVD player lebih sering kita jumpai di banyak tempat.


Sebagai solusi, Anda dapat merubah presentasi PowerPoint menjadi Video (VCD/DVD) dengan salah satu trik berikut ini.

Pertama, gunakan software screen recording seperti Camtasia Studio dariTechSmith. Software ini akan merekam semua aktivitas yang ditampilkan pada layar monitor, gerakan cursor mouse hingga sound effect. Caranya cukup mudah seperti menggunakan trik kamera video. Anda dapat mengunduh software ini melalui alamat http://www. techsmith.com/download/studiofreetrial1.asp. Setelah itu, hasil rekamannya dapat Anda edit atau ubah menjadi VCD/DVD dengan software pembakar seperti Nero Burning ROM.

Kedua, menampilkannya dalam bentuk VCD/Picture Slide Show. Bentuknya hanya sebatas menampilkan gambar-gambar, seperti presentasi dengan slide proyektor. Keuntungannya pemrosesannya sederhana, mudah, cepat dan gratis. Kekurangan trik ini adalah animasi dan suara yang Anda buat pada PowerPoint akan hilang. Efek-efek animasi serta suara-suara efek animasi pun hilang. Cara melakukan trik ini sebagai berikut:
  • Buka file presentasi Anda.
  • Simpan file tersebut dalam format gambar .BMP, JPG, .TIFF, .GIF, .PNG, atau .WMF, dengan cara klik [File] > [Save As] lalu pilih Save as type dengan salah satu format gambar, dan tekan [Enter] atau klik [Save].
  • Pilih Every Slide untuk menyimpan semua slide dalam format .BMP.
  • Kemudian akan muncul informasi di mana slide-slide tersebut telah disimpan. Klik [OK] atau tekan [Enter].
  • Sekarang, buat file-file tersebut menjadi VCD dengan software pembakar seperti Nero Burning ROM. Jalankan aplikasi ini, pilih [Video CD] dan klik tombol [New]. Seret file-file bmp tadi ke dalam daftar kompilasi VCD Anda.
  • Klik [Burn] > [Burn] untuk memulai pembuatan VCD.

Pada trik ini sebaiknya gunakan format TIFF atau BMP agar kualitas gambar tampil baik tanpa kompresi. Lagi pula nantinya file presentasi Anda akan disimpan pada media CD yang kapasitasnya cukup besar.

Di trik ini pun sebenarnya bisa ditambahkan efek suara atau musik pengiring. Setelah langkah 4 dilakukan, impor gambar-gambar tersebut ke Windows Movie Maker. Dari situ, Anda bisa menambahkan efek suara atau musik koleksi Anda.

Seret silde secara berurutan ke kotak-kotak Story Board di bawah. Kemudian ubah storyboard menjadi timeline dengan menekan ikon timeline pada pojok kiri atas dari storyboard. Seret file sound effect pada bar bagian suara, atau bisa juga Anda merekam suara Anda sendiri untuk menjelaskan isi silde tersebut dangan menekan ikon mic.

Atur waktu tayang tiap slide, sesuaikan dengan suara atau narasi Anda. Setelah selesai, simpan dalam format video dengan mengklik [Save Movie], dan pilih [High Quality]. Buat dan konversikan dalam VCD dengan software pembakar seperti langkah 6 di atas.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan software PowerPoint to DVD. Trik yanq ini sanqat mudah dengan kualitas bagus dan proses cepat. Sayang, harganya cukup mahal. Ada beberapa software lain yang bisa Anda cari dan unduh versi trialnya. Salah satunya PowerPoint DVD Maker. Aplikasi ini bisa diunduh dari situs http://www.topshareware.com/PowerPoint-DVD-Maker-download-14502.htm. Software ini bersifat shareware yang harus dibeli per lisensi.

Kelebihan PowerPoint DVD Maker ialah dalam kemudahan pengoperasiannya, Anda cukup mengikuti 3 langkah mudah, masukkan file-file dokumen PowerPoint, buat main menu dari template yang telah disediakan, dan klik tombol Make DVD dan dokumen PowerPoint Anda sudah bertransformasi ke dalam bentuk DVD. Merubah dokumen menjadi video, cukup mudah bukan?

0 Response to "Cara Merubah Dokumen Menjadi Video"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.