Info Baru
Loading...

Synaptics SmartBar Bawa Kemampuan Sentuh Kapasitif Ke Spacebar


WartaIPTEK.com - Beberapa vendor telah mengintegrasikan touchpad ke dalam keyboard. Bahkan beberapa diantaranya telah menempatkan panel sentuh yang memungkinkan pengguna untuk berpindah ke beberapa mode berbeda. Perusahaan yang berkecimpung di dunia touchpad yakni Syhacptics membawa pendekatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Teknologi tersebut bernama SmartBar yang mengubah spacebar (tombol spasi) menjadi permukaan sentuh kapasitif yang selalu dapat diraih oleh ibu jari.

Alasan utama mengapa spacebar dipilih adalah karena tombol ini merupakan yang terdekat dengan ibu jari, baik tangan kiri atau tangan kanan. Misalkan Anda salah ketik di dua paragraf sebelumnya, maka tak perlu menggunakan mouse untuk menggerakkan kursor ke lokasi, cukup raba spacebar dengan ibu jari sebagai pengganti mouse. Dengan begitu Anda tak perlu melepaskan tangan kanan atau kiri dari atas keyboard untuk meraih mouse. Di sinilah bentuk kepraktisan tersebut terjadi.

Namun untuk SmartBar ini gerakannya masih terbatas, dimana gerakkannya belum sebebas layaknya mouse. Untuk menggunakannya, pengguna meletakkan ibu jari di atas spacebar, lalu mengusap menggunakan ibu jari kiri atau kanan sebagai fungsi scroll secara vertikal untuk halaman website. Sedangkan menggerakkan kedua ibu jari berdekatan atau berjauhan digunakan untuk fungsi zoom in dan out.


Sebagai tambahan, mengusapkan ibu jari ke kiri atau kanan berfungsi untuk menyeleksi teks, dan menekan spacebar dengan kedua ibu jari digunakan untuk mengeluarkan menu popup, yang di dalamnya tersedia berbagai opsi yang dapat Anda tentukan melalui pengaturan tersendiri.

Lalu sama seperti keyboard gaming dengan fungsi macro, terdapat juga fungsi yang sama di si'ni. Di sepanjang spacebar, pengguna dapat menyimpan lima buah. macro yang fungsinya diprogram dengan aplikasi macro editor.

Teknologi SmartBar yang Synaptics gunakan ini nantinya akan diaplikasan ke beberapa PC desktop dan notebook. Salah satu perusahaan yang nanti berniat menggunakannya adalah Thermaltake, khususnya pada keyboard gamingnya di bawah naungan brand eSPORTS.

0 Response to "Synaptics SmartBar Bawa Kemampuan Sentuh Kapasitif Ke Spacebar"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.