Info Baru
Loading...

Oppo Neo 5 2015, Spesifikasi dan Harga Terbaru

WartaIPTEK.com - Dalam tempo tiga tahun melejit menjadi brand yang paling mampu mengusik Samsung bersama Asus dan Xiaomi adalah buah dari totalitas. Di kurun itu baru punya sekitar 36 seri. Artinya dalam sebulan, rata-rata Oppo merilis 1 seri.

Bandingkan dengan LG yang dalam tiga tahun bisa membikin lebih dari 100 seri. Tetapi di sini gaungnya tak sementereng Oppo. Kisah Oppo menjadi catatan sendiri di bursa ponsel tanah air.

Kendati Oppo sebenarya melakukan perbaikan di satu-dua seri. Kemudian namanya pun tetap sama. Seperti seri Neo 5 yang pernah dirilis Agustus tahun silam. Hampir genap setahun Neo 5 hadir lagi. Maka, Anda harus memastikan bahwa membeli seri ini harus Anda embel-embeli saja kata "neo", "new", "baru" atau -gampangnya- produk 2015, setelah nama "Neo 5".

Oh ya, satu hal lagi, di saat nyaris bersamaan, Oppo juga merilis Neo 5s. 

Desain

Dibanding Oppo Neo 5, Neo 5 gres ini tampak berkesan lebih keterkinian. Oppo mengeliminir garis-garis lengkung (curvie). Form factor-nya lebih kaku, tetapi justru menyiratkan simplisitas. Sebuah bangun yang tampaknya mulai jadi template Oppo sejak seri Rls diadopsikan ke Neo 5. Line setebal 5 mm mengelilingi seluruh bodi ikut menambah kesan simple itu.

Dimensinya meski tidak mengikuti style smartphone layar 5 inci yang mainstream, malah membuat ponsel seberat 135 gram ini nyaman digenggam. Sedikit lebar saja bakal bikin telapak dan jemari bakal mendapat tugas tambahan. Cara paling sederhana mengukur kenyamanan genggaman adalah menjepit ponsel dengan jempol dan jari telunjuk atau tengah. Jika ruang gerak Anda bebas, artinya Anda tak bakal direpotkan menggenggamnya.

Oppo Neo 5 2015 menggunakan material polikarbonat, dengan balutan glossy. Cover punggung tipis tetapi sangat lentur. Permukaannya yang halus mudah dibersihkan ketika menempel debu atau sidik jari. Cukup usapkan dengan kain atau tisu.
Tombol power (lock/unlock screen) dan kontrol volume saling dipisahkan. Layout seperti ini bisa tak nyaman bagi yang terbiasa mengoperasikan tombol di satu sisi. Sedangkan tombol operasional (Back, Home, Menu) tak diletakkan di layar melainkan di bawah layar (softkeys).

Menu dan User Interface

Kita harus memberi apresiasi rada tinggi buat user interface (Ul) ColorOS. Selain match dengan OS Android KitKat, juga tampil sangat apik, clean, tetapi tetap menonjolkan dinamika. Kemudian dikombinasikan dengan theme-theme yang keren, artistik dan berbeda. Terlihat bahwa Oppo menyiapkan effort lebih untuk memberi sentuhan pribadi. Sebagai status simbol eksklusivitas itu terlihat.

Oppo juga punya toko aplikasi sendiri bernama App Store. Namun kebanyakan merupakan aplikasi-aplikasi populer di Google Play di dalamnya. Security Center merupakan aplikasi lain yang tugasnya rangkap-rangkap, seperti membersihkan memori, data saving, monitor data, block, dan lain-lain.

Ruang simpan awan ditampilkan oleh aplikasi NearMe Cloud. Di sini Anda bisa mem-back up daftar kontak maupun daftar pesan. Sementara jika ingin mem-back up data, setingan maupun aplikasi bisa menggunakan menu Backup and Store. Menu Files yang dikustom sendiri juga menawarkan cek file audio, video, foto, dokumen, APK, maupun ZIP. Kalau mau menghapus file langsung dari Files juga diperkenankan.

Di folder Tools berisi aplikasi Sound Recorder, Flashlight, Compass, FM RAdio, Service Guide, hingga Kingsoft Office. Yang terakhir ini siap bekerja untuk file Doc, PDF, XLS, PPT, dan TXT. Sementara aplikasi notes diserahkan kepada Keep. Ini adalah aplikasi yang cukup keren. Layout daftar notes Anda pun bisa warna-warni, ditambah foto, dan atraktif, macam web saja.

Kinerja

Daya tahan baterai berkapasitas 2.000 mAh boleh lah disebut di atas rata-rata. Beberapa aplikasi dijalankan bersama tak harus kuras banyak energi. Untuk kondisi pernakaian selama 4 jam 4 menit hanya menghabiskan 4 persen baterai saja.

Apalagi Oppo menambahkan mode Battery Manager. Di dalamnya ada setingan Normal Power Saving, Super Power Saving, atau aktivasi normal pengurangan baterai ketika mulai lemah. Namun mode pengisian cepat yang jadi trade-mark Oopo VOOC  tak ikut disiapkan di seri ini.

Performa Neo 5 adalah rata-rata, tidak terlalu istimewa. Memang kaya oleh fitur dan aplikasi. Seri ini menggunakan prosesor buatan Mediatek, MT6582. Secara teoritis kecepatan komputasinya mencapai 1,3 GHz. Oppo Neo 5 2015 juga siap membagi data lewat USB flashdisk. Tapi Anda harus meng-aktifkan menu USB on The Go sebelum digunakan transfer data.

Multimedia

Kreativitas itu juga terlihat  di sektor audio player. Selain template yang menarik (tetap simple), juga terintegrasi dengan fitur Voice Recognition (seperti TrackID atau Shazam) meski belum tersambung ke mobile web, mode Sleep yang akan memberi durasi lama memutar musik ketika akan tidur, hingga menu penyeranta lagu-lagu.

Satu-satunya peng-enhance audio adalah memanfaatkan menu Headset Sound Effect. Ya, opsi ini hanya bisa dilakukan jika menggunakan earphone/headset. Selebihnya tak ada equalizer. Sementara mode pemotretan, berisi pilihan resolusi 8 MP (rasio 4:3) dan 2 MP (4:3), tanpa rasio 16:9. Mode lainnya adalah Normal, Beautify, HDR Panorama, Audio Photo, dan GIF. Sedangkan ketika memindahkan kamera ke depan jadi mode selfie, ada pilihan effect, jumlahnya delapan saja.

Hasil pemotretan menggunakan HDR dengan tanpa HDR terlihat cukup signifikan. Proses sensor menangkap
obyek bidikan tergolong cepat. Tetapi agak berbeda ketika melakukan pemotretan malam. Sensor perlu beberapa saat merekam bidikan terutama pada mode close up. Pada mode normal sih biasa saja.

Di mode Edit foto tidak ada yang menonjol karena Oppo hanya menggunakan template saja, tidak nampak penambahan sedikit hal untuk memperkaya kreativitas pengguna.

Salah satu kepercayadirian Oppo adalah pada faktor harga jual. Ia berbeda dengan Asus atau Xiaomi. Tetapi juga tak berani sefrontal kebijakan harga pada Sony atau Samsung. Dengan segala kelengkapan, tetapi minus jaringan 4G LTE, Oppo Neo 5 2015 ini dibanderol di angka Rp. 2.199.000.

Spesifikasi Oppo Neo 5 2015

Jaringan: GSM, HSPA m 
Dimensi/Bobot: 131.9 x 65.5 x 8 mm/135gram 
Baterai: Lithium Ion, 2.000 mAh 
Layar: 4,5 inci, IPS LCD, 480 x 854 p pixel
Sistem Operasi: Android 4.4.4 KitKat
Prosesor: Mediatek MT6582 Quad-core 1,3 GHz
Kamera: 8 MP + 2 MP 
Player audio: Ya (MP3/WAV/eAAC+) 
Player video: Ya (MP4/WMV/H.264) 
Radio: Ya
Koneksi Nirkabel: WiFi (b/g/n). Bluetooth A2DP 
Koneksi Kabel: micro USB, jack 3.5 mm 
Memori Internal: RAM 1 GB, R0M8 GB 
Memori Eksternal: microSD, dukung 32GB
Messaging: SMS, MMS, Email, IM 
Lain-lain: AGPS 

Harga Oppo Neo 5 2015

Harga: Rp. 2.199.000

0 Response to "Oppo Neo 5 2015, Spesifikasi dan Harga Terbaru"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.