Mengintip Fitur iOS 9

WartaIPTEK.com - Pada event Worldwide Developers Conference (VVVVDC) 2015 yang berlangsung 8-12 Juni lalu, Apple mengulas peningkatan fitur untuk Mac, Apple Watch dan layanan baru Apple Music. Namun salah satu hal yang mencuri perhatian adalah iOS 9. Banyak sekali fitur-fitur baru yang dijejalkan pada iOS 9. Namun yang menjadi fokus Apple di sini adalah tidak hanya sekadar menjanjikan fitur baru saja, namun juga lebih fokus membuat iOS 9 menjadi lebih stabil, tidak seperti iOS 8 yang ternyata memiliki cukup banyak bug.

iOS 9 dibekali dengan berbagai fitur cerdas, seperti pengoptimalan Siri, update mayor untuk Maps, hingga beberapa fitur khusus untuk iPad seperti Split View, Slide Over dan Picture-in-Picture. Namun di sini hanya diulas 10 saja fitur yang benar-benar membawa perubahan baru (baik itu peningkatan fitur dari versi sebelumnya). 


Saat Juni iOS 9 masih tersedia dalam tahap Developer Beta. Pada bulan Juli akan dirilis tahap Public Beta, dan pada pertengahan September diharapkan iOS 9 sudah tersedia secara global. Dukungan perangkat yang mendapatkan update ke iOS 9 pun cukup luas, yakni iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 6, iPhone 6 plus, iPad 2, iPad 3rd Gen, iPad 4th Gen, iPad Air, iPad Air 2, iPad mini, iPad mini 2, iPad mini 3 dan iPod touch 5th Gen.

Siri yang Lebih Proaktif 
Apple mengatakan bahwa Siri akan 40% lebih akurat mengenali apa yang Anda katakan, dan 40% lebih cepat melakukan respon. Selain itu Siri juga mendapatkan interface baru. Siri pun juga lebih proaktif, tak hanya menunggu perintah dari Anda saja, jadi bisa dibilang seperti Google Now. Siri akan mempelajari kebiasaan, Seperti contohnya jika Anda mendengarkan musik, maka Siri akan. menampilkan Now Playing pada lock screen.

News App 
Aplikasi baru ini memungkinkan Anda untuk melihat berita dari berbagi sumber media yang ada di dunia. Apple mengatakan bahwa News merupakan "aplikasi berita dengan pengalaman membaca terbaik" dengan animasi, galeri foto dan video. Semakin Anda sering membaca berita tertentu, maka News akan mempelajarinya dan menampilkan berita terkait yang Anda gemari. Anda juga dapat mem-bookmark berita tertentu. Terdengar seperti Flipboard? Memang mirip.

Low Power Mode
Merupakan salah satu fitur yang ditunggu-tunggu oleh para user. Dari namanya sudah dapat ditebak, jika fitur ini akan menghemat pemakaian baterai. Apple mengatakan jika Low Power Mode aktif dapat menambah daya tahan baterai hingga 3 jam. Hal ini dilakukan dengan cara membatasi aktivitas jaringan dan performa. Sehingga email harus disinkronisasi manual, tingkat kecerahan layar dikurangi, dan aktivitas refresh aplikasi di background dinonaktifkan.

Split View 
Fungsi multitasking akan lebih dioptimalkan melalui fitur ini, dimana 2 buah aplikasi dapat dijalankan secara bersamaan dalam satu layar. Caranya cukup "menarik" aplikasi lain ke dalam aplikasi yang telah aktif. Keduanya akan berjalan dengan rasio layar 50:50 dan 70:30. Namun tak dijelaskan aplikasi apa saja yang mendukung fitur ini. Selain itu Split View hanya tersedia untuk iPad 2 ke atas. Masuk akal karena membutuhkan layar yang luas.

Apple Maps
Saat pertama kali diluncurkan, Apple Maps memiliki performa yang buruk dan sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan Google Maps. Namun di iOS 9, Apple melakukan peningkatan dalam performa dan fitur. Terdapat mode baru bernama Transit yang menawarkan pemetaan untuk stasiun kereta api dan menghitung jarak antara stasiun satu dengan lainnya sehingga Anda dapat memperkirakan waktu perjalanan. Belum tahu apakah nantinya akan mendukung wilayah Indonesia.

Picture-in-Pidure
Fitur ini juga tersedia khusus untuk iPad dan masih berkaitan dengan multitasking. Jadi ketika Anda sedang menonton video dan membuka aplikasi lain (misalnya Mail) untuk mengecek pesan, maka video akan tetap berjalan dan ditampilkan dalam jendela kecil (floating window) yang muncul di atas aplikasi yang sedang aktif (dalam hal ini Mail). Anda pun dapat mengubah ukuran jendela video dan posisinya.

Apple Pay
Sepertinya fitur ini masih belum akan diadopsi secara langsung di Indonesia. Melalui Apple Pay, setiap aplikasi dan bank akan terhubung dengan Apple Pay di masa depan. Lalu Apple meningkatkan fitur di Apple Pay. Pengguna dapat menyimpan reward pada aplikasi bernama Wallet, dan nantinya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Untuk sementara Apple Pay akan dirilis di wilayah lnggris Raya pada bulan Juli 2015.

QuickType Keyboard
Masih fitur khusus untuk iPad, QuickType Keyboard akan mendapatkan update fitur. Pertama adalah sekarang suggestion bar memiliki beberapa shortcut untuk melakukan fungsi copy dan paste, menambahkan formatting dan menambahkan attachment. Menariknya lagi adalah sekarang Anda dapat menggunakan gestur dua jari di sepanjang keyboard untuk melakukan seleksi pada artikel atau dokumen, sehingga memudahkan Anda untuk mengeditnya.

Apple Music
Dengan tayanan ini, Anda dapat mendengarkan musik secara streaming dengan membayar sebesar $9,99 per bulannya, dengan 3 bulan pertama gratis untuk percobaan (free trial). Terdapat opsi lain untuk paket keluarga sebesar $14,99 per bulannya. Apple juga akan menus Beats 1, sebuah stasiun radio 24 jam yang menyediakan playlist berdasarkan musik yang Anda sukai. Menariknya adalah Apple Music juga akan tersedia untuk Android dan Windows.

Move to iOS
Apple mengenalkan Move to iOS, sebuah aplikasi Android yang didesain untuk memudahkan pengguna Android jika ingin berpindah ke iOS. Yang dipindah adalah daftar kontak, histori perpesanan, foto, video, bookmark, email, musik dan buku. Bahkan secara otomatis menginstal berbagai aplikasi gratis yang sudah digunakan di Android, dengan catatan aplikasi tersebut juga memiliki versi iOS. Sedangkan untuk aplikasi berbayar akan ditempatkan di Tunes Wish List.

0 Response to "Mengintip Fitur iOS 9"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.