Perlunya Melakukan Backup Data Pada Device Anda

WartaIPTEK.com - Pengelolaan data pada Android sangat mudah dan disini menjadikan Anda untuk dapat menemukan ruang kosong dengan sangat cepat. Hingga saat ini kebanyakan perangkat Android yang ada di pasaran pada kenyataanya memiliki ruang yang terbatas. Jadi, jika Anda menemukan peringatan kehabisan ruang ketika melakukan instalasi app ataupun melakukan update app, maka Anda perlu mengambil tindakan, dalam hal ini kita sebut dengan Manajemen Storage.

Saat ini ada manajemen data dalam bentuk backup. Misalnya, apakah Anda tahu apa yang didukung dan apa yang tidak oleh sistern Android Anda? Dan, yang lebih penting, apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa melakukan pindah ke telepon baru atau mengganti yang hilang dengan semudah membalikkan telapak tangan. Jadi dalam hal ini adalah sangat penting, kita membahas bagaimana untuk menyimpan atau mengurangi data dalam ruang penyimpanan dan mengembalikannya. Hal ini dapat dicapai dengan menghapus aplikasi, serta membersihkan cache, file media, dan penyimpanan lainnya, tetapi juga paling sering melalui pengaturan "Storage".

Melegakan kembali ruang yang hilang

Mari kita asumsikan Anda punya tablet atau model ponsel dengan konfigurasi penyimpanan data yang lebih kecil. Anda akan hemat jika Anda lakukan karena produsen perangkat cenderung membuat uang dengan pengisian jauh lebih kecil untuk penyimpanan ekstra daripada penyimpanan yang sebenarnya. Tidak hanya itu, tapi begitu mudah untuk cepat mengisi perangkat Anda dengan aplikasi, video, foto, dan permainan. Hal berikutnya yang Anda tahu, telepon Anda akan mengerang untuk meminta ruang yang lebih bebas tentunya.

Sangat penting untuk mengaudit penyimpanan Anda setiap saat dan dissat semakin lama Anda menunggu, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kembali ruang bebas pada ponsel Anda. Namun, kita tahu hanya ada sebagian kecil dari Anda benar-benar akan menghapus semua foto -foto 'buram' Anda, atau akhirnya menghapus 'Angry Birds' atau 'Candy Crush' dan yang lainnya, kecuali jika Anda benar - benar harus melakukannya.

Pengaturan Penyimpanan (Storage)

Android menyediakan alat diagnostik yang cukup baik untuk melihat ruang yang tersedia serta apa yang memakai ruang tersebut. Buka pengaturan "Storage" dan Anda dapat dengan cepat mendapatkan pemahaman yang terlibat.

Anda dapat melihat pengaturan "Storage" memberi Anda cara yang sangat bagus, berwarna grafik batang, total ruang penyimpanan Anda, dan kemudian masing-masing warna pada bar mewakili. Jika Anda mengklik salah satu dari ini, Anda memiliki pilihan untuk mengambil tindakan yang tepat.

Misalnya, jika Anda menekan "Picture, Video," itu akan membuka galeri Anda, dan Anda dapat menghapus yang tidak Anda inginkan. Hanya tekan lama foto atau video dan kemudian anda dapat memilih item sebanyak yang anda inginkan, dan kemudian tekan ikon tempat sampah untuk menghapus.

Atau, Anda dapat menekan "Cache" dan dengan cepat akan menghapus semua data cache aplikasi Anda.

Data & cache (hati-hati)

Ketika Anda mengelola data Anda, Anda akan memiliki pilihan untuk membersihkan data aplikasi dan cache data dari perangkat Anda. Membersihkan cache, berarti, misalnya, bahwa Anda menghapus semua data yang tersimpan pada situs yang Chrome terus untuk kunjungan masa mendatang atau Facebook Store unutk semua gambar dari teman-teman Anda dan update status mereka sehingga tidak perlu mendownload lagi lain kali saat Anda menggunakannya.

Data aplikasi, di sisi lain, berarti bahwa aplikasi Anda akan kembali ke keadaan standar. Bayangkan saja Anda download dan diinstal sebuah aplikasi dari Play Store. Ketika Anda pertama kali membukanya, kemungkinan akan meminta Anda untuk login dan personal. Jika Anda menghapus data aplikasi, mak Anda harus login lagi di app ketika Anda selanjutnya memulai itu, dan setiap personalisasi akan kembali ke keadaan standar.

Anda pasti dapat konsekuensi yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, jika Anda memiliki widget yang Anda gunakan pada layar 'Home', misalnya cuaca, dan Anda menghapus data, Anda mungkin akan kehilangan kustomisasi. Terbaik untuk meninggalkan data tersentuh atau hapus pada sebuah aplikasi dengan dasar app, dan sementara Anda dapat dengan aman jelas keluar data cache, ingatlah bahwa jika Anda berada pada rencana data yang terbatas, berulang kali men-download data akan menjadi tunjangan bulanan Anda.

Backup

Kita semua perlu untuk membuat backup. Tidak seperti komputer desktop tradisional atau bahkan laptop, pada ponsel hal ini akan mudah hilang, mereka dapat mudah untuk dicuri, atau mereka dapat menjadi rusak seperti jika Anda secara tidak sengaja terkena siraman air atau tidak sengaja ketinggalan di atas mobil Anda. Anda benar-benar ingin menjadi lebih rajin tentang back up data Anda yang begitu berharga.

Pengaturan Backup & reset

Pengaturan "Backup & reset" adalah upaya sederhana Android dengan kemampuan cadangan. Saat pertama kali mendaftar ke perangkat Android Anda, Anda akan diminta untuk memberikan account Google yang ingin Anda gunakan untuk backup. Setelah itu, hal-hal seperti password Wi-Fi Anda, Data aplikasi, dan pengaturan lainnya akan menuju ke account tersebut..

Mengintegrasikan solusi cloud

Layanan Cloud cenderung untuk menawarkan sinkronisasi foto (dan video) sehingga ketika Anda menginstal layanan cloud seperti Dropbox, atau OneDrive, Anda akan diminta untuk menyelaraskan foto Anda dengan mereka. Ini jelas sesuatu yang harus mengeksploitasi karena itu berarti Anda tidak perlu secara manual unutk kembalikan foto Anda, jika terjadi bencana.

Anda dapat dengan mudah memindahkan foto Anda kembali ke perangkat Anda dari cloud. Banyak orang biasanya menggunakan salah satu dari dua layanan cloud tersebut besar untuk sinkronisasi foto atau Anda dapat menggunakan 'Foto. Google'.

Foto Google

Versi terbaru dari Android termasuk aplikasi baru yang disebut "Foto," yang bisa, jika anda memilih, menyelaraskan foto anda dengan server Google. Ruang anda akan dialokasikan dan banyak ruang yang anda miliki dengan akun Google anda, jadi jika anda memiliki space sebesar 15 GB, anda akan memiliki banyak ruang untuk menyim-pan foto, dikurangi apa pun yang anda gunakan untuk Gmail dan produk Google lainnya. Untuk mengatur sinkronisasi foto, buka "Foto" dan pilih "Settings."

Kemudian pilih "Auto Backup" dan jika tidak sudah "On", kemudian pilih.

Opsi ini memungkinkan anda memilih ukuran (Full atau Standard). Jika anda memilih ukuran "Full", maka anda terbatas pada ruang yang tersedia. Jika anda memilih "Standard" (2048 px), maka anda mendap-atkan penyimpanan gratis unlimited.

Anda juga dapat membeli lebih banyak penyimpanan dan memilih kapan dan apa yang didukung, seperti ketika perangkat jela-jah atau terpasang masuk.

Dropbox

Dropbox adalah sedikit lebih sederhana. Ketika Anda pertama kali menginstal Dropbox, ia akan menanyakan apakah Anda ingin secara otomatis menyelaraskan foto, yang akan di-upload ke folder "Camera Upload" Anda.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini atau dengan membuka pengaturan dan "Camera Upload", serta menentukan bagaimana dan kapan backup dilakukan.

Setelah Anda mulai memotret dan mengambil video, mereka akan secara otomatis di-upload sesuai spesifikasi atau sampai Anda kehabisan ruang penyimpanan.

0 Response to "Perlunya Melakukan Backup Data Pada Device Anda"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.