Lenovo A7000, Ponsel Octa Core Usung Multimedia Plus Kinerja Mantap

WartaIPTEK.com - Lenovo tak pernah lelah merilis dan menggelontorkan produk-produknya dari berbagai lini dan segmen pasar. Lenovo benar-benar telah siap menjadi petarung di kancah dunia gadget. Kini hadir dengan Lenovo A7000. Apakah yang ditawarkannya kali ini?

Desain dan Layar

Desainnya simpel nanun tetap terlihat elegan berkat layarnya yang lega dan bodinya yang tipis. Meski lebar, ponsel masih nyaman digenggam dengan satu tangan, karena bentuknya yang cenderung memanjang. Apalagi bahan bodinya dari plastik yang kesat sehingga tak terasa licin.

Posisi port mcroUSB dan jack audio 3 5 mm juga bersahabat, membuatnya tetap nyaman diakses meski sedang diisi ulang atau mendengarkan musik. Berbodi cukup tipis dan ringan, ponsel ini enak dikantongi. Bodi belakangnya bisa dilepas dengan mudah. Dua slot microSIM berjejer dengan slot microSD, terbilang mudah diakses meski harus melepas baterai.

Layar lega menjadi tampilan utama, dan enak dinikmati berlama. Tampilan terang dan tajam berpadu dengan warna cemerlang dari layarnya. Respon layar yang gesit membuat jelajah fitur terasa mudah dan gegas. Mengetik di keyboard virtualnya bisa dilakukan dengan cepat hanya dengan menyentuh tanpa pertu menekan jari ke layar. Akurasi juga bagus membuat minim kesalahan dan proses mengetik terasa nyaman.

Antarmuka & Aplikasi

Berbekal OS Android 5.0 Lollipop dan antarmuka Vibe 2.0, ponsel ini terasa segar. Tampilannya minimalis, lockscreen bisa dibuka hanya dengan menggeser layar dari bawah ke atas. Saat dalam posisi terkunci, semua informasi dan notifikasi akan muncul di layar. Sehingga tak perlu membuka ponsel untuk selalu update. Homescreen hanya ada dua halaman saja. Menu utama untuk beragam aplikasi dilebur di sana. Di sisi bawah homescreen, berjejer tombol pintasan yang selalu ada; yaitu Telepon, Phonebook, SMS, dan browser Chrome.

Sebagai smartphone, tak banyak aplikasi bawaan yang disertakan. Hanya ada SHAREit, SYNCit, CLONEit, Compass dan apbkasi Google. Tentu bukan masalah karena banyak tersedia di Play Store.

 

Musik

Audio player memakai Google Play Music yang minim fitur namun tampilannya elegan. Equaliser ada dua pilihan, bisa bawaan Play Music, atau Dolby Atmos. Teknologi Dolby Atmos ini yang membuat keluaran speaker mononya bagus dan jernih. Sayangnya, suaranya tak cukup keras meski volume diatur maksimal.

Lewat headset, suara terdengar begitu mantap, jernih dan meruang (full stereo), dengan bass bulat dan bertenaga. Radio FM tampil menarik dengan background berwarna, dan siarannya bisa direkam. Ada video player di ponsel ini yang bisa memainkan video Full HD dengan lancar tanpa lag. Saat video dimainkan, akses ke volume dan kecerahan layar bisa dilakukan langsung di layar. Tinggal tekan jari ke atas bawah di sisi kiri untuk volume, dan sisi kanan untuk kecerahan.

Kamera

Fitur kameranya cukup lengkap, dengan tiga mode utama (Normal, Panorama, Efek), lalu HDR, Scene, White Balance, ISO, garis bantu dan beberapa lainnya. Resolusinya memang hanya 8 MP, tapi hasilnya terbilang mantap. Di luar ruang, foto terekam tajam dan berwarna alami, dengan detil yang jernih. Foto makro setangkai bunga terlihat begitu tajam dan detil hingga bagian benang sarinya yang kecil.

Kamera juga bisa menangani objek backlight dengan baik tanpa flash, sehingga kita tetap bisa memotret bunga di atas pohon dengan baik, meski belakangnya adalah langit yang terang. HDR bekerja dengan baik dan cepat, dengan hasil foto yang lebih merata pencahayaannya.

Di dalam ruang, asalkan ada lampu ruang, maka foto tetap terekam baik. Ketajaman dan noise baru sangat menurun, saat dalam ruangan gelap yang hanya terkena cahaya lampu dari jauh.

Kinerja

Dengan prosesor Octa Core dan RAM 2GB, jelas saja banyak aplikasi dan game berjalan sangat lancar dan mulus. Bahkan meski sudah membuka banyak aplikasi sekaligus, ponsel masih terasa nyaman dipakai. Yang menarik, tak ada gejala lemot dan panas. Ponsel hanya terasa agak hangat saja dipakai memotret dan merekam video dalam waktu lama.

Game-game berat berjalan lancar dan menyenangkan dengan detil yang tajam, berkat kombinasi layar tajam, prosesor serta pengolah grafis yang cepat. Baterainya juga lumayan bagus, bisa bertahan seharian dengan pemakaian cukup intensif. 

Daya Saing

Saat ini Lenovo A7000 dijual seharga Rp 2 juta. Hanya ada Alcatel Flash PI yang punya spek sekelas, bahkan sedikit lebih tinggi. IMO Clarity suda berprosesor Octa Core, namun belum dukung 4G LTE dan baterai hanya 2000 mAh. Pilihan lain adala kelas prosesor di bawahnya yang Quad Core, seperti Xiaomi Redmi Note 4G, atau ZTE Nubia Z5S Mini.

Berikut ditampilkan data spesifikasi Lenovo A7000.
Rilis: Juni 2015
Jaringan: Quadband GSM 900/1800/1900 MHz, HSDPA 2100 Mhz.LTE 800,1800, 2100, 2600, TD-LTE 2300, Dual SIM GSM-GSM
Dimensi/Berat: 152.6 x 76.2 x 8 mm, 140 gram 
Baterai: Li-Po 2900 mAh 
Layar: IPS LCD capacitive touchscreen 5.5 inch, 720 x 1280 pixel, 267 ppi. Lenovo Vibe 2.0 Ul
Sistem Operasi:Android 5.0 Lollipop 
Prosesor: MediaTek MT6752M 64-bit Octa Core 1.5 GHz. 
GPU Mali-T760 MP2 
Kamera: kamera belakang 8 MP, Flash, Digital image stabilization, face detection, auto/touch focus, panorama, HDR, ISO, exposure video Full HD; kamera depan 5 MP
Audio Player: MP3.AACAMR WAV/MIDI; Dolby Atmos 
Video Player: MP4/H.264/H.263/ WMV
Radio : Stereo FM, FM Recording 
Koneksi nirkabel: Wi-Fi, HSPA. 4G LTE, Bluetooth v4.0 A2DP 
Koneksi kabel: microUSB v2.0, jack audio 3,5 mm
Memori internal: 8 GB, RAM 1 GB
Memori eksternal: microSD hingga 32GB
Messaging: SMS, MMS, Email. Push Mai 
Lain-lain: GPS/A-GPS, Dolby Atmos, File Manager, radio FM, Backup and Restore, Drive, Google Apps, SHAREit, SYNCit, CLONEit, Compass, File Browse
Harga Lenovo A7000 : Rp 2.025.000

0 Response to "Lenovo A7000, Ponsel Octa Core Usung Multimedia Plus Kinerja Mantap"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.