Cara Menggunakan Android M App Drawer

WartaIPTEK.com - Pada acara konferensi Google I/O, versi terbaru Android dikenalkan sebagai Android M. Nama resminya masih rahasia, namun Google telah merilis beberapa fiturnya yang meningkatkan user experience cukup signifikan. Salah satu fitur yang ada adalah App Drawer baru yang tampilannya berbeda dengan Lollipop. Tampilan baru ini memiliki maksud tersendiri, yakni memudahkan Anda untuk mengakses aplikasi.

Di App Drawer baru rnilik Android M ini, Google telah mengubah layout horisontal scrolling menjadi vertikal, kurang lebih seperti launcher miliki HTC. Background yang ada masih berwarna putih, tanpa ada opsi untuk membuatnya menjadi transparan. Di bagian atas, drawer akan menampilkan 4 aplikasi yang sering Anda gunakan.


Salah satu fitur yang bermanfaat adalah melakukan pencarian shortcut aplikasi secara cepat tanpa harus men-scroll layar hingga ke bagian terakhir, khususnya jika shortcut tersebut merupakan aplikasi dengan alfabet akhir. Misalnya Anda ingin mencari shortcut aplikasi ZArchiver, maka lebih mudah mencarinya dengan cara menahan scrolling bar lalu mencari shortcut berdasarkan daftar alfabet.

Secara default, App Drawer baru ini sudah tersedia pada Android M Developer Preview pada Nexus 6. Namun Anda juga dapat mencicipinya dengan mudah, baik pada gadget KitKat atau Lollipop. Tentunya tanpa akses root.

Menginstal App Drawer Baru (Android M App Drawer)

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengakses menu Settings>Security, lalu centang opsi "Unknown Sources." 
  • Selanjutnya adalah menginstal Google Now Launcher pada Play Store. Launcher ini merupakan bawaan dari gadget Nexus atau Android One. Jika Anda sudah menggunakannya maka dapat melewati bagian ini. Jika tidak silakan instal terlebih dahulu. Setelah penginstalan, tap tombol Home lalu buat sebagai default launcher.
  • Kemudian download installer App Drawer untuk Android M di alamat mediafire.com/download/wi77bv/1h1.172xa/Velvet-Google-Search.apk. Lanjut dengan menginstalnya.
  •  Dengan Google Now Launcher dan Google App yang barusan diinstal sudah berjalan, cukup akses App Drawer dan Anda dapat melihat perubahannya. Untuk awal, 4 shortcut aplikasi di bagian atas diisi oleh Google Apps, namun seiring berjalannya waktu dan penggunaan, maka akan digantikan oleh 4 aplikasi yang sering Anda gunakan.
  • Shortcut aplikasi akan dikelompokkan sesuai alfabet, dan silakan scroll layar ke bawah untuk mencari shortcut yang diinginkan. Tap dan tahan layar lalu scroll ke bawah untuk mencari cepat kategori shortcut berdasarkan alfabet. 
  • Anda juga dapat menggunakan boks pencarian di bagian atas App Drawer. 

 

Kembali ke App Drawer Sebelumnya

  • Jika karena suatu hal Anda tidak puas dengan App Drawer yang ada, maka dapat mengembalikannya seperti semula. Menujulah ke halaman Google Now Launcher pada Play Store, lalu pilih Uninstall.
  • Tap OK jika muncul permintaan konfirmasi..

0 Response to "Cara Menggunakan Android M App Drawer"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.