Info Baru
Loading...

Xiaomi Mi 4i, Smartphone Lollipop Dengan Kinerja Mantap Harga Terjangkau

WartaIPTEK.com - Lagi, Xiaomi menunjukkan konsistensi di pasar ponsel tanah air. Setelah Redmi 1S, Redmi Note, dan Redmi 2, kini giliran Xiaomi Mi 4i yang menyambangi pasar. Memulai pre order 26 Mei lalu via mi.com. Mi 4i sudah ludes terjual hanya dalam waktu sebelas menit. Rupanya pola jualan online masih efektif dibandingkan dengan offline yang banyak memakan biaya. Terbukti, semua seri Xiaomi yang dilego via online bisa diterima pasar dan mampu memberikan kontribusi terhadap penjualan.

Kerja sama dengan beragam toko online pun terus dilakukan. Lazada, Blibli, Erajaya, dan Trikomsel dijadikan mitra. Strategi yang terbukti manjur untuk melebarkan sayap distribusi ke seantero negeri.

Kembali ke Mi 4i, ponsel anyar lansiran Xiaomi ini memang mengajak vendor lain untuk berkompetisi. Kelas menengah menjadi lokasi pertempuran. Spesifikasi jempolan menjadi amunisi untuk menjatuhkan lawan. Bahkan mungkin hanya dalam sekali pukulan. Tak percaya? Silakan ikuti ulasan berikut.

Desain 
Banyak pihak membandingkan Xiaomi Mi 4i dengan iPhbne. Di aspek desain memang ada kemiripan. Berbentuk kotak dengan siku menumpul di tiap sudutnya. Bedanya Mi 4i bermaterialkan plastik polikarbonat di punggung. Membuatnya lebih ringan dan sedikit ringkih, namun tetap kokoh Iho. Pasalnya, Mi 4i bercangkang unibodi dengan list tepi yang kuat. Benturan dengan ketinggian 1-2 meter masih bisa diredam.

Pada bagian muka, layar sentuh 5 inci bisa diajak bermanuver dengan cepat. Berkolaborasi dengan SwiftKey keyboard menjadi partner yang sempurna. Luas penampang yang lega antar huruf membuat typo bisa diminimalisir.

Pindah ke bagian punggung, bahan doff yang kesat diadopsi. Jemari bisa rekat menggenggam Mi 4i meskipun sedikit basah. Artinya, buat Anda pemilik tangan yang mudah berkeringat, bodi xiaomi Mi 4i sangat membantu.

Di area tepi tombol volume berdampingan dengan power. Sementara di tepi berlawanan, hanya slot micro SIM yang bisa Anda temukan. Lantas ke mana gerangan microSD diletakkan? Tidak ada. Karena Mi 4i menyerahkan kapasitas penyimpanan ke storage internal sebesar 16 GB dan Mi Cloud miliknya.

Yang menarik ada pada pada keunggulan layar. Mi 4i menggunakan Sharp/JDI sebagai papan virtual untuk mengeksekusi menu. Kemampuan menampilkan 95% spectrum warna NTSC dimiliki. Selain itu, teknologi full lamination untuk meningkatkan kontras diadopsi. Walhasil, sehingga warna-warna lebih hidup.

Mi 4i juga dilengkapi Sunlight Display yang mampu mengoptimalkan kontras pada masing-masing piksel. Layar jadi lebih gampang dilihat saat disorot terik matahari. Semua kelebihan ini dilindungi OGS glass dari Corning.

Kinerja 
Xiaomi Mi 4i memiliki keandalan gratis yang prima. GPU yang dimiliki terbukti mampu menampilkan visual yang prima.
Baterai Xiaomi Mi 4i memiliki keunggunlan di kapasitas. Memiliki daya 3120 mAh menjamin akan bertahan seharian penuh.

Kamera
Kamera belakang 13 MP dan depan 5 MP siapa yang tidak tergiur? Untuk para kaum narsis resolusi kamera tinggi adalah hal utama. 

Di video, kualitas juga smooth. Merekam video di beragam kondisi bisa menghasilkan output yang menjanjikan. 

Multimedia
Fantastis. Tak hanya tampilan visual yang apik, kualitas suara di Xiaomi Mi 4i juga bisa diandalkan. Gelegar suara yang disemburkan speaker bodi mampu memberikan hiburan yang berkelas. 

Daya Saing
Di-range harga Rp2.800.000- Rp3.200.000, terdapat tiga kompetitor dari Xiaomi Mi 4i. Di antaranya Asus Zenfone RAM 2 GB (ZE551ML) dan Samsung Galaxy E5 yang sama-sama rilis pada tahun ini.

Asus Zenfone 2 RAM 2 GB (ZE551ML) dibanderol dengan harga Rp2.999.000. Sama-sama menggunakan teknologi 4G LTE, dimensi lebih besar, bobot lebih besar, layar lebih besar, mengadopsi Corning Gorilla Glass 3, sama-sama sematkan dual-SIM card, varian ROM lebih banyak, dan adanya slot microSD.

Samsung Galaxy F5 dinego dengan harga Rp 3.150.000. Walaupun belum menggunakan teknologi 4G LTE, namun handset ini jangan dianggap remeh. Dimensinya lebih besar, sama-sama menyematkan dual-SIM card, layarnya sudah Super AMOLED, dan terdapat slot microSD.

Asus Zenfone 2 RAM 2 GB (ZE551ML) memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4i. Diantaranya, kerapatan pikselnya lebih rendah. Bluetooth-nya masih v4.0. Kapasitas baterainya sedikit lebih kecil.

Terdapat beberapa kelemahan Samsung Galaxy E5 jika disandingkan dengan Xioami Mi 4i. Kelemahannya berupa teknologi masih 3G. Resolusi layar lebih kecil. Kerapatan pixels lebih rendah. Masih mengenakan OS Android v4.4.4 KitKat. RAM lebih kecil. Pixels kamera primernya lebih rendah. Masih menggunakan Bluetooth v4.0. Kapasitas baterainya jauh lebih kecil. Varian warna kurang kaya.

Walaupun Xiaomi Mi 4i tidak terdapat slot micro SD, layarnya tidak dilindungi protektor, layarnya lebih kecil, tidak miliki varian ROM banyak, dan teknologi layarnya belum Super AMOLED. Xiaomi masih siap bertarung dengan Asus Zenfone 2 RAM 2 GB (ZE551ML) dan Samsung Galaxy E5.

Kelebihan yang dimiliki Xiaomi Mi 4i ialah sudah menggunakan prosesor octa-core. Dimensi lebih mini. Bobot lebih ringan. Kerapatan piksel lebih tinggi. Bluetooth sudah mengenakan v4.1. Memiliki varian warna yang kaya. Kapasitas baterai jauh lebih besar.   

Rilis: April 2015
Jaringan: 2G, GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSUPA, 4G LTE
Dimensi: 138,1 x 69,6 x 7,8 mm
Bobot: 130 gram
Layar: IPS LCD 5,0 inci, Capacitive Touchscreen, 16 juta warna, 1920 x 1080 piksel, 441 ppi, Multitouch
OS: Android OS v5.0.2 Lollipop
Baterai: Li-Ion 3120 mAh
Chipset: Qualcomm Snapdargon 615
Prosesor: Octa-core (quad-core 1,7 GHz ARM Cortex-A53 dan quad-core 1,1 GHz ARM Cortex-A53). GPU: Adreno 405
Kamera: 13 MP, 4128 x 3096 piksel, AF, dual-LED tone flash, geo-tagging, touch focus, face smile detection, panorama, HDR, 5 MP. Video: 1080p@30fps
Player Audio: Ya
Player Video: Ya
Radio: FM Radio
Konektivitas Nirkabel: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, GPS, A-GPS, GLONASS, Beidou
Konektivitas Kabel: MicroUSB, jack 3,5 mm
Memori Internal: RAM 2 GB, ROM 16 GB
Memori Eksternal: Tidak
Messaging: SMS, MMS, Email, Push Mail, IM
Lain-lain: Sensor accelerometer, gyro, proximity, compass, HTML5, MP3AVAV/eAAC+/FLAC player, XviD/DivX/MP4/H,264 player, Photo/video editor, Document viewer

Harga Xiaomi Mi 4i : Rp 2.799.000

0 Response to "Xiaomi Mi 4i, Smartphone Lollipop Dengan Kinerja Mantap Harga Terjangkau"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.