Info Baru
Loading...

ReVault, Penyimpanan Wireless Berbentuk jam Tangan

WartaIPTEK.com - Setiap orang pastinya memiliki data penting yang disimpan, baik pada perangkat mobile, PC, media penyimpanan portabel, dan yang paling fleksibel yakni layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive dan lainnya.

Walau banyak penyedia layanan cloud yang tersedia, tetap saja penyimpanan melalui media lokal seperti USB flash drive, hardisk internal dan eksternal tetap memiliki keunggulan dalam hal keamanan karena penggunalah yang membawanya secara langsung. Hal inilah yang menjadi konsep terciptanya ReVault, sebuah wearable drive yang memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi data antar perangkat yang dimiliki tanpa melalui penyimpanan cloud.


Personal Cloud
ReVault diciptakan sebagai sebuah drive portable dalam wujud perangkat wearable atau bisa dikenakan pada tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu pengguna dapat mengenakannya sebagai jam tangan, liontin, atau hanya menyimpannya di dalam saku celana.

Sang pencipta mengatakan bahwa ReVault adalah sebuah "personal cloud", maksudnya di sini adalah fungsinya sebagai media penyimpanan yang portabel, dapat terhubung tanpa kabel, namun hanya pengguna sendiri yang dapat mengaksesnya.

Sama seperti kebanyakan perangkat wireless, ReVault dapat terhubung secara wireless ke smartphone, tablet dan laptop menggunakan konektivitas Bluetooth dan WiFi. Tersedia 2 model ReVault berdasarkan kapasitas penyimpanannya, yakni 32 GB dan 128 GB.

Setelah terhubung ke perangkat tujuan, maka ReVault dapat diatur secara otomatis untuk melakukan sinkronisasi .data melalui aplikasi pendamping. Aplikasi tersebut tersedia untuk berbagai OS seperti Android, iOS, Windows, Mac OS X dan Linux. Dengan begitu ReVault dapat terhubung ke berbagai macam perangkat dengan platform yang berbeda-beda.

Keamanan Data Tinggi
Khusus untuk ReVault versi jam tangan, tim pencipta menawarkan 3 tali jam yang berbeda untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Terdapat tali jam berbahan stainless steel tradisional, stainless steel dengan tekstur, dan kulit berwarna hitam. Selain itu interface dari ReVault juga dapat diubah, sehingga pengguna dapat melihat informasi status media penyimpanan, waktu, atau keduanya. Ketahanannya juga tinggi karena layarnya sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3, serta bodinya juga sudah water resistant.

Untuk baterai, disebutkan bahwa ReVault dapat bertahan selama tiga hari dalam satu kali pengisian baterai. Sedangkan waktu pengisian baterai adalah selama 1,5 jam saja. Hal terakhir adalah keamanannya, dimana sang pencipta mengatakan bahwa ReVault lebih aman dibandingkan dengan layanan penyimpanan cloud sekalipun. Data yang disimpan dienkripsi dengan AES-256 dan terdapat juga metoda otentifikasi dua langkah. Yang terpent-ing adalah data tidak dikirim via internet, sehingga lebih aman.

ReVault dijadwalkan untuk rilis pada Januari 2016, dengan model 32 GB dibandrol $199 dan model 64 GB dengan $299.

0 Response to "ReVault, Penyimpanan Wireless Berbentuk jam Tangan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.