Microsoft Universal Mobile Keyboard Cocok Untuk Smartphone Dan Tablet

WartaIPTEK.com - Ada satu aktivitas sama yang selalu dikerjakan saat Anda memegang smart-phone atau tablet, yakni mengetik. Apalagi jika Anda bekerja dengan file Office, maka mengetik jelas penting untuk dilakukan. Untuk mengetik, Anda tentunya menggu¬nakan keyboard virtual yang ada di layar gadget. Bagi sebagian orang hal ini menjadi gangguan, terlebih pada layar smartphone karena ruang untuk melihat dokumen yang diketik menjadi terbatas karena sisanya diambil oleh keyboard virtual.

Oleh karena itu penggunaan keyboard wireless sangat dianjurkan. Selain membuat ruang di layar gadget lebih lega, tentu mengetik lebih terasa nyaman saat jari menekan keypad secara fisik ketimbang virtual yang ada di layar gadget.

Microsoft pun memiliki perangkat yang tepat untuk itu, yakni Microsoft Universal Mobile Keyboard. Kata "Universal" di sini mengartikan bahwa keyboard wireless ini dapat digu¬nakan untuk perangkat dengan OS macam-macam, yakni iOS, Android dan Windows.


Desain
Keyboard ini memiliki penutup bermaterial plastik yang membuatnya ringkas ketika tidak digunakan. Namun penutup ini juga memiliki fungsi lain ketika dibuka, yakni sebagai pendukung smartphone atau tablet berkat 2 buah penyangga yang memungkinkan Anda untuk meletakkan gadget dalam posisi horisontal atau vertikal.

Tetapi jika Anda juga dapat melepas penutup sepenuhnya, sehingga meninggalkan keyboard saja. Cocok jika Anda menggunakannya dengan tablet yang sudah memiliki penyangga tersendiri. Material keyboard adalah plastik, namun konstruksinya kokoh.

Bodi keyboard memiliki lapisan glossy berwarna hitam, sedangkan untuk keypad memiliki lapisan matte yang membuatnya tidak licin di jari. Keypad yang ada pun memiliki bentuk chiclet seperti kebanyakan keyboard yang ada di notebook.

Layout keyboard juga standar (QWERTY) dengan tiap keypad dapat dijangkau dengan mudah. Di bagian atas ten dapat deretan angka berikut fungsi altematif yang dapat diakses dengan kombinasi penekanan tombol Fn.

Terdapat juga tombol khusus yakni Back, Home dan Option yang sangat berguna ketika keyboard terhubung dengan gadget Android. Key yang ada terasa solid ketika ditekan dengan jarak antar keypad adalah 2 mm.

Di bagian atas deretan tombol angka dapat ditemukan tombol media berikut tombol yang membawa fungsi lain, seperti Lock, Mute, Volume controls, Play, Pause, Forward, Backwards dan Search. Fungsinya jelas disesuaikan dengan OS gadget yang nantinya Anda gunakan.

Fitur dari keyboard juga tak banyak selain tombol-tombol media dan fungsi khusus, apalagi tak terdapat trackpad di sini. Di sisi kanan bodinya terdapat port microUSB untuk kebutuhan pengisian baterai. Lalu di sudut kanan atas terdapat switch untuk menyesuaikan gadget yang terpairing, apakah itu Windows, Android atau iOS.

Penggunaan
Ketika ditutup dan dibawa bepergian, Microsoft Universal Mobile Keyboard termasuk ringkas dengan dimensi 242 x 109 x 12 mm dan bobot 365 gram. Proses pairing juga berjalan dengan mudah. Cukup menekan dan menahan tombol power selama 3 detik, dan keyboard akan muncul di dalam daftar Bluetooth pada gadget. Setelah menginputkan kode pairing, keyboard pun langsung dapat digunakan.

Terdapat juga key yang tersembunyi penggunaannya. Jika tombol Fn ditahan sekaligus menekan tombol panah kiri, kanan, atas atau bawah, maka Anda mehdapatkan fungsi Home, End, Page Up dan Page Down. Menariknya lagi adalah ketika penutup dilepas, secara otomatis power keyboard akan menyala. Tombol power yang ada di samping bodinya hanya digunakan untuk menghidupkan keyboard saat penutup tak di atasnya.

Mengetik dengan keyboard ini juga terasa nyaman karena 2 hal. Pertama adalah layoutnya yang meminimalisir salah pehgkanan tombol. Kedua adalah keyboard terasa solid sehingga penekanan keypad dapat dilakukan dengan maksi-mal.fanpa takut bodi keyboard melengkung. Hanya saja memang absennya trackpad menjadi batasan. Selain itu harganya juga cukup tinggi bagi sebagian orang. Namun untuk Anda yang memiliki gadget lebih dari satu, dapat tertolong dengan keyboard ini karena dukungan multi OS.

0 Response to "Microsoft Universal Mobile Keyboard Cocok Untuk Smartphone Dan Tablet"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.