Info Baru
Loading...

Lenovo A6000, Smartphone Android KitKat Usung Performa Mumpuni Harga 1 Jutaan

WartaIPTEK.com - Ketika merilis seri A, Lenovo memikirkan betul keunggulan masing-masing. Ada A5000 yang mengunggulkan baterai. Lalu, seri A7000 yang andal dalam hal multimedia dan merupakan salah satu pengguna Lollipop. Nah, seri A6000 tampaknya paling pas untuk Anda. Ini lantaran sudah ready 4G. 

Desain dan Layar 
Lenovo memang tak terlalu kreatif menciptakan desain yang unik. Termasuk di seri A6000 yang terkesan biasa. Tetapi rnereka bisa rnemangkas bodi hingga tipis, bahan casing dari plastik berkualitas dan bertekstur doff kesat. Ditambah ukuran memanjang, terasa nyaman digenggam dan dioperasikan satu tangan. 

Benefit justru tertetak pada resolusi Full HD. Tampilan yang terang dan tajam bisa dinikmati pada ukuran wide 5 inci. Warna terlihat cerah dan cemerlang dan tetap sejuk dipandang lama. Berteknologi IPS, layarnya belum berlapis anti gores memadai, jadi harus segera ditambahkan screen guard atau tempered glass. Layar juga cukup responsif. Tergolong gesit menerjemahkan instruksi tanpa terasa gejala tag meski sudah banyak aplikasi yang dibuka. Hanya ada tiga sensor di Lenovo A6000; sensor cahaya, sensor proximity dan sensor accelerometer. 

Antarmuka dan Aplikasi 
Kendati masih Android v4.4.4 KitKat, antarmukanya dipermak dengan Lenovo Vibe 2.0 yang meriah dan nyaman. Semua aplikasi dan game bercampur dalam homescreen yang ada. Tapi sejak awal, sudah ada pengelompokkan dalam folder Google, Tools dan Game. 

Di folder Google berisi aplikasi bawaan Google, folder Tools berisi aplikasi pendukung seperti Calculator, Sound Recorder, Clock, Hotspot, Evernoter, GPS Navigate, dan radio FM. lkon aplikasi dan warnanya terlihat menarik dan tampil beda dari Android kebanyakan. Dua pilihan Theme yang menarik dan berwarna-warni menambah semarak tampilannya. 

Ketika berhadapan dengan homescreen, Anda akan bersua empat pintasan permanen; Telepon, Phonebook, SMS, dan Browser. Pada mode Telepon atau SMS, keduanya terintegrasi ke phonebook, termasuk Call Log, dan Favorit sehingga enak dipakai. Ukuran keypad virtual besar dengan jarak lega, nyaman untuk mengetik cepat. 

Lenovo menyelipkan banyak aplikasi bawaan. Selain dari Google, ada antivirus lengkap dari Lenovo (Security) yang juga bisa membatasi konsumsi data plus pilihan akses data lewat operator atau WiFi. Security juga bisa mendongkrak kinerja ponsel, anti maling, anti spam, plus pengontrol anak. Lalu ada SYNCit untuk sinkronisasi data kontak, SMS dan call log ke server Lenovo secara gratis. Aplikasi SHAREit untuk berbagi file antar ponsel, tablet dan PC tewat koneksi WiFi yang aman. Aplikasi menarik lain adalah File Browser, Guvera, dan Scoop. Navigasi GPS bisa dinikmati lewat Navigate, meski hanya Trial 

Oya, kita mudah upgrade firmware di ponsel ini karena tersedia Systern Update yang langsung terhubung ke server Lenovo. Begitu muncul notifikasi update maka Anda bisa segera men-download.

Musik
Anda harus berterima kasih ke Dolby Digital. Atas perannya kualitas musik jadi lebih aduhai. Dipadu pula dengan tampilan audio player keren dan multifungsi, plus speaker stereo. Ada pilihan Movie, Music, Game, Voice, dan Custom. Efeknya begitu terasa, baik di speaker maupun earphone. 

Efek stereo memang tak terlalu terasa karena jarak kedua speaker di sisi belakang sangat dekat. Namun lewat earphone bawaan, stereo yang memikat bisa memanjakan telinga. Sayang, nada bass tak cukup memadai di earphone bawaannya. Padahal saat dicoba dengan headset yang baik, nada bass yang bulat dan bertenaga begitu nyarnan di telinga.

Radio FM juga menarik tampilannya, meski terasa kurang sensitif penangkapannya. Suaranya juga tak sebagus suara musiknya, karena cenderung flat. Siaran radio bisa direkam dalam format 3gpp yang jernih.

Kamera 
Mengandalkan kamera utama 8MP plus flash dan segudang fitur, ternyata hasil fotonya standar saja. Padahal ada fitur HDR, panorama, histogram, ZSL, Continous Shot, Touch Autofocus, Autofokus terseleksi, Saturation, Contrast, Sharpness, Exposure, White balance, dan Wavelet Denoise Mode. Nah, fitur terakhir ini sangat besar efeknya untuk menghapus noise tinggi (bintik) yang muncul di dalam ruang. Noise foto dalam ruang memang sangat berkurang dibanding saat tak diaktifkan, namun ketajaman dan warna masih kurang drastis. Flash cukup membantu mendongkrak hasil foto namun kurang memadai. 

Di luar ruang, foto terekam kurang tajam dengan sedikit noise, dan warna cenderung pucat sehingga perlu diatur lagi. Hasil rekaman video di luar ruang cukup baik dan berjalan lancar tanpa lag meski warna cenderung gelap. Di dalam ruang, ketajaman sangat berkurang dan noise meningkat. Pemakaian anti noise membuat ketajaman sangat menurun.

Kinerja 
Di faktor inilah Lenovo A6000 punya spesial. Secara umum kinerjanya bagus. Ia begitu lancar diajak membuka banyak aplikasi sekaligus, juga bermain game non HDR seperti Terraria atau Reat Footbal 2015. Akses ke email juga nyaman, termasuk browsing banyak Tab sekaligus. 

Dukungan akses 4G menjadi nilai lebih untuk internetan. Namun, akses 4G hanya di frekuensi 1800 Mhz dan 2300 Mhz, meski 1800 Mhz akan menjadi frekuensi utama 4G. Jadi saat ini, belum bisa akses 4G, karena ketiga operator baru beroperasi di frekuensi 900Mhz. Koneksi ke PC harus instal driver dulu agar dikenali, namun akhirnya lancar. USB-nya belum dukung OTG. Daya tahan baterainya bagus, bisa bertahan seharian dengan pemakaian intensif. Untuk pemakaian normal, bahkan bisa sekitar 1,5 hari. 

Berikut ini data lengkap spesifikasi Lenovo A6000
Rilis : April 2015 
Jaringan : Ouadband GSM 900/1800/1900 MHz, HSDPA 900/2100 Mhz, 4G LTE-FDD 1800/2300Mhz, GSM-GSM 
Dimensi/Berat : 141 x 70 x 8.2 mm/128 gram 
Baterai : Li-Po 2300 mAh
Layar : IPS LCD capacitive touchscreen 5.0 inci, 720 x 1280 piksel, 294 ppi. Lenoyo Vibe 2.0 Ul
OS : Android 4.4.4 KitKat 
Prosesor : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz, GPU Adreno 306 
Kamera belakang : 8 MP, Flash, autofokus, panorama, HDR, 
Kamera depan 2 MP
Audio Player : MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Video Player : MP4/H.264
Radio : Stereo FM, FM Recording 
Koneksi nirkabel : Wi-Fi. HSPA, Bluetooth v4.0 A2DP 
Koneksi kabel : microUSB v2.0, jack audio 3.5 mm 
Memori internal : 8 GB, RAM 1GB 
Memori eksternal : microSD hingga 32GB 
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail 
Lain-lain: GPS/A-GPS, Dolby Digital Sound, File Manager, radio FM, Backup and Restore, Drive, Google Apss, Lenovo Security, SYNCit, SHAREit, File Browser, Guvera, Scoop, Navigate

0 Response to "Lenovo A6000, Smartphone Android KitKat Usung Performa Mumpuni Harga 1 Jutaan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.