Acer Liquid Z410, Ponsel Quad Core Berbasis KitKat Dukung 4G Harga 1 Jutaan

WartaIPTEK.com - Jangan keburu antipati sama Acer sebab di seri ini, produsen Taiwan ini justru unjuk kebolehan. Pertama, Acer Liquid Z410 merupakan satah satu pasukan pengakses jaringan 4G LTE. Kedua, desainnya menunjukkan impresi tough. Ketiga, ada segudang aplikasi khas bikinan Acer serta tak ketinggalan wajah User Interface yang layak diapresiasi.

Desain dan Layar 
Impresi Anda dijamin langsung ke fitur audio.Hal ini bisa maklum, karena dua speaker stereo yang terlihat cukup dominan mengapit layar. Berbentuk berbanjar dan memanjang, speaker ini berpadu apik dengan wajah ponsel. Tombol power dan volume ada di sisi kanan, tapi agak ke tengah, sehingga agak sulit diakses dengan cepat. Penutup baterai berbahan plastik tipis dan bertekstur kesat agar tak licin. Mudah dibuka. 

Di bawah penutup baterai ada dua slot micro SIM dan slot microSD yang bebas, sehingga bisa dilepas pasang tanpa mematikan ponsel. Sisi depan dipenuhi layar kaca, sedangkan di sekelilingnya ada list krom mengilat yang memberikan kesan berbeda. Layarnya berwarna cukup cemerlang, meski tak cukup tajam. Respon layar juga mulus dan cepat terhadap sentuhan jari di seluruh bagian. Ada pula sensor cahaya yang bisa mengatur kecerahan layar otomatis, plus sensor proximity dan accelerometer.

Antarmuka dan Aplikasi 
Acer Liquid Z410 boleh saja masih setia dengan Android KitKat tetapi pabrikan ini memermak dengan interface yang tertihat menarik. Paduan wallpaper, ikon dan huruf tampil segar dan berbeda. Saat terkunci, ada pintasan yang bisa langsung diaktifkan dengan menariknya saja, yaitu Telepon, SMS, Browser dan Kamera. Pada homescreen, cukup tarik ke bawah untuk akses ke fitur penting, seperti kecerahan layar, bluetooth, GPS, Float Caller, Alarm, Auto Rotate, WiFi Hotspot, Reading mode, Wireless Display, dan lainnya. 

Nah, hal unik yang tak boleh lupa dijajal adalah fitur Acer QuickTouch yang membuat goresan jari secara cepat di layar bisa membuka sebuah fungsi. Misalnya, gerakan jari berbentuk huruf C akan mengaktifkan kamera, dan V akan membuka fungsi telepon. Gerakan jari berbentuk Z akan membuka Music, dan gerakan berbentuk I akan membuka lock screen. Fitur tambahan khas Acer yang juga sudah lama ditanamkan di smartphone Acer adalah AcerEXTEND, yang bisa mengontrol ponsel dari laptop, lewat kabel USB atau WiFi. Juga ada Quick Mode untuk memakai ponsel lebih mudah dan cepat, dengan pilihan Standard, Easy, dan Basic mode. 

Acer juga mempertontonkan aplikasi bawaan. Ada abDocs, abFile5, abMusic, abPhoto, abVideo, Acer EXTEND, .cer Portal, Acer SnapNote. Untuk memakainya, harus memiliki akun AcerlD dulu, dengan keuntungan sinkronisasi dokumen di mana saja lewat internet, serta keamanan dokumen lebih terjamin. Aplikasi abDocs mendukung tiga dokumen utama Office, yaitu Document, Presentasi dan Spreadsheets. Dokumen bisa diedit dan disimpan tewat PC atau ponsel, dan sebaliknya. 

AbFiles untuk sinkronisasi file di ponsel dan PC. abMusic sebagai pemutar lagu tanpa dilengkapi equaliser. Lalu abPhoto dan abVideo untuk mengelola file audio video. Semua aplikasi bawaan Acer bisa diakses via Acer Portal. Acer SnapNote bisa menyirnpan hasit jepretan foto berbentuk PDF. atau JPG lalu bisa dibagi ke media koneksi dan media sosial. Lainnya, ada power save penghernat daya baterai, BBM, Barcode Scanner, BeeTalk, Backup Restore, Polaris Of-fice, System Doctor, Easy Hotspot.

Musik
 Ada dua pemutar musik di Acer Liquid  Z410 ini berkemampuan bagus, yaitu abMusic dan Google Play Music. Pengaturan audio bisa dilakukan di luar pemutar musik, yaitu di Setting. Dengan menu DTS-HD Premium Sound, bisa diatur nada Treble dan Bass pada skala 1 — 7, juga ada 6 pilihan equatiser musik dan 4 pilihan equaliser video. Nah, ini dia daya tarik Z410. 

Lewat speaker, suara terdengar jernih dan cukup keras, dengan nada tengah yang kuat. Desain speaker di sisi depan menguntungkan, agar suara tak teredam saat ponsel ditaruh. Lewat earphone, efek stereo yang meruang terdengar bagus dan jernih. Nada bass juga cukup mantap terdengar. Radio FM sebagai alternatif hiburan lebih memuaskan, karena sensitif, jernih dengan efek stereo lebih terasa. Siaran radio bisa direkam untuk dinikmati lain waktu.

Kamera 
Sementara, fitur fotografi tak terlalu dapat perhatian besar. Apalagi hanya menjejalkan kamera utama dengan resolusi 5MP. Tetapi ada banyak fitur melenqkapi. Pilihan resolusi 1 MP sampai 5 MP, bisa diatur rasionya, 4:3 atau 16:9. ISO bisa dipilih hingga 1600. Juga ada pilihan pengaturan favorit seperti Panorama, HDR, Beautification, Smile Shutter, Multi angle, Presentation, hingga Dual Shot, beragam Scene mode dan Color effect. Untuk memotret obyek bergerak bisa pakai Continuous Shutter. Memotret bisa ditakukan dengan menyentuh langsung di layar (touch capture). 

Hasil foto di luar ruang cukup bagus, meski tak istimewa. Ketajaman cukup baik dengan warna yang juga bagus. Foto makro bisa didapatkan dengan hasil tajam, meski fokusnya tak mudah didapat. Di dalam ruang, ketajaman menurun dan noise cukup mengganggu. Flash membantu mendongkrak hasil foto namun tak cukup memadai. Rekaman videonya senada, gambar cukup tajam dan obyek bergerak mulus. Suara juga terekam jernih. Di datam ruang, ketajaman menurun dan noise meningkat. Sayangnya, flash tak bisa dipakai sebagai lampu video.

Kinerja 
Acer Liquid Z410 dibekali prosesor Quad Core 64 bit, yang bisa memroses data lebih cepat. Alhasit, kinerjanya memang menjanjikan. Membuka banyak aplikasi sekaligus terasa nyaman saja, begitu juga berpindah-pindah di berbagai aplikasi itu. Bermain game berat berjalan lancar, begitu pula game kelas sedang lainnya. Browsing cukup menyenangkan, meski saat mengetik agak terganggu ukuran huruf yang kecil. Baterai terbilang sedang, bisa memasok daya seharian penuh.  Koneksi ke beragam perangkat mudah dilakukan, termasuk ke PC yang langsung dikenali tanpa perlu setting apapun. 

Rilis : April 2014 
Jaringan : Dual GSM Aktif, Quadband GSM, HSPA, Dual Band, LTE 800/18001210012600 Mhz Dimensi/Berat : 136 x 66.7 x 9.9 mm, 145 gram 
Baterai: Li-lon 2000 mAh 
Layar : IPS LCD capacitive touchscreen 4.5 inci, 540 x 960 pixel, 245 ppi
OS : Android 4.4.2 KitKat 
Prosesor : Mediatek MT6732M Quad-core 1.3 GHz, GPU Mali-T760MP2
Kamera: 5 MP, autofokus, LED flash, video 1080p@30fps. Kamera depan 2MP 
Audio Player : MP3/WAV/ WMA/AAC, DTS Sound 
Video Player : MP4/H.264
Radio : FM Stereo RDS
Koneksi nirkabel: Wi-Fi, HSDPA, LTE, Bluetooth v4.0 A2DP 
Koneksi kabel: microUSB v2.0, jack audio 3.5mm 
Memori : internal 8 GB, RAM 1 GB Eksternal: microSD 32GB 
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM 
Lain-lain: GPS/A-GPS, Google Maps, GMail, Google Play, Voice Search, Sound Recorder, Live Screen ToDo. abDocs. abFiles, abMusic. abPhoto. abVrideo, Acer IDXTEND, Acer Portal, Acer SnapNote, Polaris Office, Systern Dockor. Flash Light, Easy Hotspot, Backup and Restore, Barcode Scanner

0 Response to "Acer Liquid Z410, Ponsel Quad Core Berbasis KitKat Dukung 4G Harga 1 Jutaan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.