Info Baru
Loading...

Evercoss One X, Ponsel Android One Bertenaga Quad Core Harga Bersahabat

WartaIPTEK.com - Ada tiga versi Android One resmi di Indonesia. Salah satunya Evercoss One X atau dengan nama seri A65. Ketiganya saling berkompetisi sendiri. Tetapi Evercoss berani jual sedikit lebih mahal. Kenapa?

Desain 
Tidak ada desain yang istimewa dari tiga Android One, termasuk One X. Jika kita pelototi tampang One X siku bodinya membulat, warna solid, dengan permukaan casing doff yang tak mengilap. Meski doff, sayangnya permukaan casing membekaskan cap jemari. Kalau malas bolak-balik mengelap bodinya, mending tambahkan pelindung casing. Atau pilih yang warnanya hitam. Setidaknya kotornya tak secepat yang warna putih.

Sejauh ini Evercoss One X memang tersedia dalam warna hitam. Kabarnya, warna hitam lebih banyak jumlah stoknya. Seperti Android One lainnya, layar One X pun 4,5 inci. Begitu pula dimensi dan bobotnya, cukup pas digenggam dan cukup mantap ditenteng. Layar menampilkan warna yang termasuk natural. Detil dan tajam. Ada Adaptive brightness untuk pengaturan brightness secara otomatis, maupun Brightness level untuk pengaturan secara manual. Lumayan mudah dilihat di saat terik siang. Cukup responsif terhadap sentuhan, One X dukung empat titik sentuh. Selain itu tersedia Cast screen untuk menampilkan isi layar smartphone ke televisi atau monitor secara nirkabel.

Kinerja 
Karena kolaborasi eksklusif dengan Google tak heran jika Evercoss One X sudah Android 5.1 Lollipop. Sementara prosesornya quad-core 1.3 GHz Cortex A7 seri MT6582 dan prosesor grafis Mali-400 MP dari MediaTek, serta RAM 1 GB, One X menampakkan hasil beda tipis dari Journey One milik Nexian. 

ROM-nya standar, hanya 8 GB, seperti biasa berbagi pakai ruang dengan sistem operasi. Ada slot microSD yang mendukung kapasitas sampai 32 GB. Sangat lumayanlah untuk tambah-tambah storage. 

Sebagai seri yang didukung khusus oleh Google, sudah pasti Evercoss One X akan selalu dapat update terkini pada sistem operasinya. Tak tampak Ul kchusus pada One X. Secara default jendela Home hanya satu, namun jumlah jendela bisa otornatis bertambah sesuai kebutuhan. 

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang tampak pra-instal di One X antara lain BBM, U-Box untuk pendaftaran garansi purna jual, Volta, dan Xender. Selain U-Box itu, tampaknya tak ada lagi aplikasi khas Evercoss yang dibenamkan. Anda pun tak melihat fitur unik dari Evercoss di One X. 

Kapasitas baterai yang 1700 mAh juga sama seperti Android One nya. Tak besar. Jadi lebih baik siapkan powerbank sebagai cadangan kalau Anda tergolong pemakai kelas berat. Pun soal pengelolaan daya tahan baterai, One X hanya membekal Battery saver bawaan sistem operasi. Fitur ini bekerja menambah daya tahan baterai dengan cara mengurangi kinerja handset. 

Pada pemakaian normal, baterai bisa bertahan sekitar 8 jam. Kalau dihajar sering main game, motret, atau rekam video, kudu cari colokan secepatnya atau sediakan power bank. 

Bluetooth dan WLAN Direct tergolong lancar mengeksekusi transfer data bolak-balik antara smartphone dan perangkat lain yang ber-Bluetooth. Transfer data via kabel antara smartphone dan komputer pun lancar karena driver_langsung ter-install sehngga handset langsung dikenali. 

Evercoss One X mendukung dual SIM dengan kedua slot berformat micro SIM. Kedua slot mendukung 3G. Namun jika slot pertama diaktifkan 3G-nya, slot kedua maksimal hanya EDGE, dan sebaliknya. Selain seluler, One X juga bisa berinternet dari WiFi. Akses internet seluler maupun WiFi bisa di-share lewat hotspot. Meski dual GSM, hanya tampak satu tombol Call pada Phone dan satu tombol Send pada Messaging. Tak terlihat Video Call.

Multimedia 
Speaker One X berada di belakang bodi, sebelah bawah. Kondisi begini membuat semburan suaranya bisa teredam ketika handset tergenggam atau tergeletak telentang. Dijajal pada volume tertinggi, suaranya cenderung pecah. Namun untuk kondisi normal, warna nada dan kejernihan semburan suaranya termasuk lumayan di kelasnya.

Ada 12 opsi equalizer (termasuk Normal dan User); ditambah Bass boost dan Surround sound yang aktif kalau earset tercolok. Equalizer ini bisa diakses dari Play Music yang merupakan player musik bawaan. One X punya FM Radio, yang seperti biasa mengharuskan earset tercolok agar berfungsi. Fiturnya simpel; satu-satunya yang menarik adalah perekam. File video bisa dicari di Photos. Player bawaannya bisa membaca video HD 1020.

Kamera 
Resolusi kamera setali tiga uang dengan Android One lain, One X membekal kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP. Jepretan foto kamera utama maupun depan menampakkan noise. Namun secara keseluruhan masih termasuk baik.

Kamera utama masih bisa menjepret objek pada uji foto di kotak gelap. Tapi tentu saja hasilnya buram. Seperti halnya Nexian Journey One, fitur kamera One X pun simpel dari Google Camera-nya. Menyapu bagian kiri jendela kamera ke kanan akan memunculkan opsi Photo Sphere, Panorama, Lens Btur, Camera, dan Video.

Dalam kondisi terbuka seperti mengetuk icon gerigi akan membuka Settings. Tapi kalau jendela tampak kosong, lalu kita ketuk bar di atas shutter sentuh, akan memunculkan opsi lain seperti timer, grid, HDR, sampai switch ke kamera depan. Hanya ada single shutter, One X tak bisa motret sambil rekam video. Ada editor foto bawaan; tapi tak ada editor video. Foto maupun video mudah di-share ke media sosial atau disimpan ke storage online.

Daya Saing 
Evercoss tak hanya mengunggulkan handset. Melainkan layanan purna jualnya. Mereka mengklaim punya titik servis yang paling banyak dibanding pabrikan Android One Indonesia lainnya. Bahkan berani ganti unit jika terjadi kerusakan. Di angka 1,4 jutaan sendiri lebih banyak bertengger produk lawas semacam Lenovo A859, Mito A60 Fantasy U, Advan Vandroid S5M Star, Nokia X2 Dual SIM, Smartfren Andromax i3, Polytron Wizard Quadra S, sampai Oppo Neo R831. Jika keterbaruan versi sistem operasi bukan segala-galanya bagi Anda, melainkan 4G, maka saat ini mulai muncul smartphone ber-4G dengan harga murah. Dimotori oleh Polytron Zap 5, yang harganya hanya di kisaran sejutaan. 

Rilis: Februari 2015 
Jaringan: dual SIM, micro SIM GSM; GPRS, EDGE, WCDMA; 3G 
Dimensi/Bobot
Baterai: Lithium 1700 mAh 
Displai: 4.5 inci, 480x854, FVVVGA, capacitive 
Sistem Operasi: Android 5.1 Lollipop 
Prosesor: Quad-core 1.3 GHz, Cortex A7, MT6582, Mali 400MP2 fiwIti;-herh,-7 
Kamera: 5 MP, AF, flash LED, + 2 MP 
Player audio: Ya 
Player video: Ya
Radio: FM Radio 
Konektivitas Nirkabel: Bluetooth WLAN 802.11 b/g/n, tethering
Konektivitas Kabel: jack 3.5 mm, micro USB 
Memori Internal: RAM 1GB, storage 8GB 
Memori Eksternal: microSD, dukung 32GB 
Messaging: SMS, MMS, email, IM 
Lain-lain: GPS

Harga Evercoss One X Rp 1.299.000

0 Response to "Evercoss One X, Ponsel Android One Bertenaga Quad Core Harga Bersahabat"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.