Info Baru
Loading...

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF

WartaIPTEK.com - Tak selamanya gadget Anda terkoneksi dengan internet. Saat itu terjadi, maka menyimpan halaman website secara offline membuat Anda masih tetap menikmatinya kapanpun. 

Terdapat aplikasi yang membantu Anda untuk melakukannya. Namun terdapat alternatif lain dimana Anda dapat menyimpan halaman website dalam bentuk PDF, lalu membukanya dengan PDF viewer. Misalkan Anda menemukan sebuah halaman website berisi artikel menarik, cukup simpan saja dalam bentuk file PDF sehingga dapat dibaca tanpa perlu online. 
  1. Langkah ini memerlukan bantuan dari browser Chrome. Buka halaman web yang ingin Anda simpan, lalu tap ikon tiga titik berjajar di samping address bar, pilih opsi Print.
  2. Tap drop-down list urutan pertama, lalu ubah menjadi Save as PDF.
  3. Di bawahnya Anda dapat mengatur opsi untuk menentukan orientasi (portrait atau landscape), wama, dan sebagainya. Tap tombol Save untuk melanjutkan.
  4. Secara default, opsi yang ditampilkan adalah Downloads. Agar Anda dapat memilih folder tujuan file PDF disimpan, tap tap ikon tiga titik berjajar di sudut kanan atas lalu pilih opsi Settings.  
  5. Centang opsi Display advanced devices.
  6. Kembali ke layar sebelumnya, Anda pun dapat melihat muncul opsi SD card. Pilih folder tujuan file dan ubah namanya jika ingin. Tap tombol SAVE untuk menyimpan.
  7. File PDF pun dapat Anda baca menggunakan aplikasi PDF viewer.

0 Response to "Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.