Info Baru
Loading...

Cara Mengetes Kualitas Charger dengan Aplikasi

WartaIPTEK.com - Dengan berjalannya waktu, kualitas charger bisa saja menurun. Alhasil Anda menyadari bahwa durasi pengisian baterai pun menjadi lebih lama. Sebenarnya bisa saja bukan sepenuhnya kesalahan dari charger, karena bisa saja kabelnya. Mencari akar permasalahan dapat menghabiskan waktu.

Oleh karena itu gunakan saja bantuan aplikasi bernama Ampere. Aplikasi ini dapat mengetahui berapa besar tegangan yang diberikan charger. Yang perlu dicatat, aplikasi ini hanya berjalan pada Android Lollipop.


Saat pertama kali Anda menjalankan Ampere, aplikasi akan melakukan proses kalibrasi untuk 5 sampai 10 detik. Jalankan pengaturan awal ini tanpa menghubungkan charger dengan gadget. Setelah itu Anda dapat melihat informasi berapa banyak tegangan dari baterai, yang ditampilkan dalam nilai minus. Catat angka tersebut, karena nantinya angka tersebut akan berbeda ketika charger dihubungkan.

Untuk mengetes charger, silakan mencari informasi tegangannya. Anda dapat melihatnya pada bodi charger.Bandingkan rangka di bodi charger dengan yang Anda dapatkan dari Ampere saat charger dihubungkan. Jangan lupa untuk melihat rentang tegangan yang terukur saat charger tak terpasang. Sebagai contoh, jika pada pengaturan.awal rentang tegangan saat charger tak dihubungkan adalah -200 mA, tambahan 200 mA , pada angka tegangan yang diterima dari charger pada aplikasi, lalu bandingkan dengan total output tegangan yang dapat dihasilkan oleh charger (lihat bodi charger). Fluktuasi tegangan sekitar 100mA masih bisa ditoleransi, tetapi jika nilainya melebihi tersebut maka Anda dapat mencurigai charger atau kabel.

0 Response to "Cara Mengetes Kualitas Charger dengan Aplikasi"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.