Manfaat Sehat Di Balik Manisnya Ubi Jalar

WartaIPTEK.com - Di kalangan remaja, ubi jalar kalah populer dengan beragam pangan impor. Padahal ubi jalar bisa dijadikan kudapan dengan berbagai macam variasi. Ubi jalar tak hanya enak, tetapi juga mengandung banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi ubi jalar, seperti dilansir oleh Care2.

1. Kaya vitamin B6
Ubi jalar diketahui kaya akan vitamin B6 yang bisa membantu menurunkan tingkat zat kimia homocysteine dalam tubuh. Homocysteine adalah zat kimia yang bisa memicu serangan jantung. Karena itu, ubi jalar secara tak langsung juga bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung.

2. Mengandung vitamin C
Bicara tentang vitamin C, jangan hanya berpikir tentang jeruk dan buah-buahan sitrus. Ubi jalar juga mengandung banyak vitamin C yang bisa mencegah pilek dan flu. Selain itu, vitamin C juga baik untuk pembentukan gigi, tulang, serta formasi sel darah.

3. Kaya vitamin D
Ubi jalar juga mengandung vitamin D yang penting bagi sistem kekebalan tubuh dan kebugaran secara keseluruhan. Vitamin D juga berkaitan dengan tingkat energi, mood, dan membantu tubuh membangun kesehatan tulang, jantung, saraf, gigi, dan kelenjar tiroid.

4. Kaya zat besi
Ubi jalar juga mengandung zat besi yang bisa memberikan asupan energi. Selain itu, zat besi juga penting untuk produksi sel darah merah, darah putih, stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan proses metabolisme protein.

5. Sumber magnesium
Ubi jalar juga sumber magnesium yang baik. Mineral ini baik untuk mencegah stres, menyehatkan pembuluh darah arteri, tulang, jantung, otot, dan fungsi saraf.

6. Kaya potasium
Tak hanya pisang saja yang baik dijadikan sumber potasium. Ubi jalar juga merupakan sumber potasium yang baik. Potasium penting untuk mengatur detak jantung dan saraf. Selain itu potasium juga bisa mengurangi pembengkakan dan melindungi kesehatan ginjal.

7. Tinggi karotenoid
Warna kuning pada ubi jalar menunjukkan bahwa tanaman ini kaya karotenoid. Karotenoid ialah satu dari sejumlah antioksidan yang akan membantu menambah kekuatan penglihatan dan menambah imunitas tubuh. Karotenoid adalah antioksidan kuat yang dapat menangkal kanker dan menghambat penuaan.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang tersembunyi dalam ubi jalar. Ubi jalar tak hanya enak dinikmati sebagai camilan dan kudapan, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

0 Response to "Manfaat Sehat Di Balik Manisnya Ubi Jalar"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.