Lima Cara Menghalau Nyeri Kepala

WartaIPTEK.com - Meski banyak orang menganggap sakit kepala primer tidak berbahaya, tetap saja bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari. Tidak enak kan, saat banyak beraktivitas di luar rumah nyeri kepala mendera. Adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghalaunya?

Ada. Ini lima cara untuk menghalau nyeri kepala.
1. Hidup teratur
Banyak nyeri kepala yang bersumber dari kurang tidur atau justru kelebihanjam tidur. Dengan memiliki jadwal tidur teratur, tubuh bisa beristirahat secara optimal. Telat makan juga bisa menjadi pencetus nyeri kepala. Untuk itu, teratur waktu makan juga direkomendasikan.


2. Manajemen stres
Stres ada kalanya memantik rasa nyeri di kepala. Kemampuan manajemen stres atau mengelola persoalan hidup bisa mengurangi potensi terjadinya nyeri kepala.

3. Kenali pencetus
Perhatikan faktor pencetus sakit kepala yang Anda alami. Cara mengatasinya tentu saja dengan menghindari faktor pencetus. Bisa saja karena ikatan rambut atau penggunaan headband yang terlalu kencang, udara panas, gerakan atau postur tubuh yang salah, konsumsi kafein berlebihan, dan masih banyak lagi.

4. Makanan atau aroma tertentu
Beberapa makanan dan aroma yang menyengat juga bisa memantik rasa nyeri di kepala. Seperti aroma cat, minyak wangi, dan beberapa jenis bunga. Zat tiramin atau zat yang terkandung di dalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama (seperti keju dan minuman beralkohol), juga bisa memantik nyeri di kepala. Monosodium gluta-mat juga disebutkan Henny bisa memantik nyeri kepala.

5. Olah raga teratur
Lakukan olah raga antara 20 hingga 30 menit sehari. Frekuensinya disarankan lima kali dalam seminggu. Minimal jalan kaki.

Nah, tidak terlalu sulit, bukan?

0 Response to "Lima Cara Menghalau Nyeri Kepala"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.