iklan space 728x90px

Pilih ASUS Vivobook 14X atau Lenovo Ideapad Slim 3 untuk Content Creator?


Pekerjaan content creator membutuhkan dukungan peralatan yang memadai, salah satunya laptop. Para pembuat konten pasti membutuhkan laptop yang spesifikasinya bagus dan nyaman dipakai. Kali ini kita akan coba membandingkan ASUS Vivobook 14X dengan Lenovo Ideapad Slim 3. Mana tipe laptop yang lebih cocok untuk dipakai oleh content creator? 

Spesifikasi ASUS Vivobook 14X

ASUS Vivobook 14X M1403 memiliki banyak keunggulan spesifikasi. Terutama berkat prosesor yang digunakan oleh unit laptop ini. ASUS menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang punya performa tangguh dan bisa mendukung pemakaian berat. Apalagi ada dukungan thermal design power atau TDP 45W yang masuk ke spesifikasi laptop gaming.  


Demi mendukung prosesor dengan performa tinggi, ASUS juga menggunakan GPU AMD Radeon Vega 7 Graphics. Bagi content creator yang membutuhkan spesifikasi laptop tinggi, ASUS Vivobook 14X M1403 ini akan menjadi pilihan terbaik. Apalagi kapasitas baterainya juga sangat besar yaitu 63Whr sehingga bisa dipakai untuk bekerja dimana saja cukup lama.  

Laptop ini memiliki RAM 8GB DDR4 yang kapasitasnya bisa ditingkatkan hingga 24GB. Jadi lebih fleksibel untuk digunakan oleh para content creator. Fisiknya juga ringan, bobotnya mencapai 1,6kg dengan ketebalan 19,9mm. Jadi terbilang praktis untuk dibawa bepergian. Cocok bagi content creator yang bisa bekerja dimana saja dan butuh laptop yang praktis.  

Salah satu keunggulan dari ASUS Vivobook ini terletak pada kualitas layar yang digunakan. Panelnya memakai VIPs dengan LED backlit. Ukuran layarnya adalah 14 inci dengan rasio 16:10 jadi terlihat sangat lebar dan resolusinya 1920x1200px. Cukup lapang sehingga mempermudah penggunanya untuk bekerja.  

Tidak hanya didukung oleh prosesor yang tangguh, ASUS Vivobook ini ternyata juga memiliki banyak keunggulan lain. Sebenarnya dari semua spesifikasi tadi menunjukkan bahwa laptop ini memang cocok untuk content creator. Ukuran layarnya lebar jadi mempermudah content creator membuat konten yang menarik ditambah kapasitas baterainya sangat awet. 

Spesifikasi Lenovo Ideapad Slim 3

Mari coba bandingkan dengan Lenovo Ideapad Slim 3 yang juga sering disebut cocok bagi content creator. Pertama-tama, tentu kita harus melihat prosesor yang digunakan oleh tipe laptop ini. Lenovo menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5625U yang memiliki kualitas tinggi dan cukup tangguh apalagi jika digunakan oleh para content creator.  


Dari namanya, sudah bisa ditebak apa keunggulan utama yang dimiliki oleh tipe laptop ini. Ya, laptop ini memiliki desain yang slim dan ringan. Dari segi bobot dan ketebalan, Lenovo Ideapad Slim 3 memiliki spesifikasi yang sama dengan ASUS Vivobook tadi. Bobotnya hanya 1,6kg dan ketebalannya 19,9mm.  

Namun dari segi layar tidak sebagus Vivobook tadi. Lenovo Ideapad Slim 3 menggunakan panel IPS dengan rasio 16:9 dan resolusi 1920x1080px. Dilihat dari rasionya, bisa dikatakan bahwa tampilan layar pada Lenovo ini tidak seluas ASUS Vivobook. Jadi bagi content creator mungkin kurang nyaman karena tidak memiliki jangkauan pandang yang maksimal.  

Lenovo Ideapad Slim 3 memang memiliki prosesor yang tangguh dan layak diandalkan oleh para content creator. Hanya saja masih ada satu kekurangan yang dimiliki oleh tipe laptop ini. Lenovo hanya membekali laptop ini dengan baterai berkapasitas 38Whr. Jadi bisa dikatakan bahwa daya tahan laptop ini tanpa sumber listrik tidak begitu lama.  

Meskipun begitu, Lenovo Ideapad Slim 3 juga masih memungkinkan untuk di-upgrade. Sama halnya seperti ASUS Vivobook tadi yang dapat di-upgrade oleh pengguna. Jadi daya pakainya terbilang cukup lama meskipun mungkin kapasitas baterainya masih mengecewakan. 

Pilihan yang Tepat untuk Content Creator

Lalu, mana pilihan laptop yang sekiranya paling cocok bagi content creator? Jika membandingkan spesifikasi dua laptop tadi, tampaknya ASUS Vivobook 14X menjadi pilihan yang tepat. Dari segi prosesor dan performa memang tidak jauh berbeda, sama-sama tangguh. Namun dari segi baterai, Lenovo Ideapad Slim 3 memiliki banyak kekurangan.  

Seorang content creator biasanya membutuhkan perangkat laptop yang kuat dan baterainya awet. Apalagi pekerjaan ini biasanya menggunakan laptop untuk jangka waktu lama. Tentu akan lebih ribet jika harus memakai laptop yang daya baterainya kurang besar. Apalagi kalau content creator tersebut harus membuat konten secara mobile dan seringkali sulit mendapatkan sumber daya listrik.  

Selain itu ukuran layar juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih tipe laptop bagi content creator. Lenovo memiliki rasio layar yang lebih kecil dibandingkan ASUS Vivobook. Jadi mungkin akan terasa kurang nyaman bagi content creator. Umumnya mereka akan memilih perangkat laptop dengan ukuran layar yang lebih besar. 

Jadi kesimpulannya, dua tipe laptop ini sama-sama punya performa bagus dan spesifikasinya juga memuaskan. Hanya saja ASUS Vivobook 14X memiliki keunggulan yang lebih banyak dan lebih cocok bagi para content creator. Namun pilihan kembali lagi kepada pengguna karena harus menyesuaikan kebutuhan pemakaian.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Pilih ASUS Vivobook 14X atau Lenovo Ideapad Slim 3 untuk Content Creator?"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.