iklan space 728x90px

Salah Satu Tempat Wisata dan Ikon Kota Bandung, Sudah Pernah ke Gedung Sate?

Source: https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/6110dc2f375a7/wisata-sejarah-di-gedung-sate-bandung

Kota Bandung tentu dikenal dengan banyaknya tempat wisata di beberapa sudut kota yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Dari sekian banyak tempat wisata, ternyata kota Bandung memiliki tempat wisata sekaligus ikon Ibu Kota Jawa Barat yaitu Gedung Sate. Banyak orang hanya melintas di depan gedung ini atau sekedar berfoto di depannya, padahal masyarakat umum bisa mengenal lebih dalam tentang Gedung Sate jika memasuki area satu ini. Di dalam gedung ini, ada banyak sekali sejarah yang bisa dipelajari karena dibangun pada zaman Belanda tepatnya tanggal 27 Juli 1920 yang menjadi tanggal peresmian peletakan batu pertama. Peletakan ini dihadiri oleh putri tertua dari Wali Kota Bandung saat itu dan juga hadir perwakilan Gubernur Jenderal dari Batavia.

Proses pembangunannya dikerjakan sekitar 2 ribu pekerja ditambah 150 orang dengan keahlian memahat yang asalnya dari sekitaran Bandung. Setelah 4 tahun dikerjakan, gedung ini selesai pada bulan September 1924 dan pertama kali difungsikan sebagai Departemen Lalu Lintas serta Pekerjaan Umum. Tidak lama berselang, fungsi dari tempat ini dialihkan menjadi Pemerintahan Hindia Belanda yang ada di Bandung.

Pada tahun 1980, Gedung Sate ini diresmikan sebagai Kantor Gubernur dan menjadi pusat pemerintahan dari Provinsi Jawa Barat. Tiga tahun sebelumnya, tepatnya pada 1977 dilakukan pembangunan gedung baru yang desainnya mirip dengan Gedung Sate. Bangunan tersebut digunakan sebagai kantor kerja DPRD Jawa Barat hingga sekarang. Dengan beragam nilai sejarah ditambah dengan bangunan yang unik, Gedung Sate ini selalu dipenuhi oleh pengunjung lokal atau dari luar kota. Jika masih penasaran dengan apa saja yang ada di dalam gedung ini, berikut ini akan dijelaskan beberapa daya tariknya.

Diorama Sejarah

Kehadiran diorama sejarah tentu penting agar pengunjung bisa memperoleh informasi yang jelas tentang sejarah yang pernah terjadi di Gedung Sate. Dilengkapi dengan foto-foto yang menarik tentu akan membuat pengunjung bisa masuk ke dalam cerita sejarah di masa lalu.

Teater Mini

Selain diorama, terdapat juga teater mini yang akan menampilkan film yang berisi tentang sejarah gedung ini. Pengunjung bisa menonton dari awal hingga akhir agar bisa mendapat pesan sejarah yang lengkap dan jelas.

Barang Peninggalan Sejarah

Di dalam area gedung juga terdapat wisata edukasi terkait dengan arsitektur yaitu ada pameran tentang barang-barang peninggalan yang menjadi saksi sejarah di masa lalu.

Dari penjelasan diatas, tentu Gedung Sate menjadi tempat wisata lengkap karena menghadirkan nilai sejarah hingga daya tarik yang menarik. Bagi yang belum pernah memasuki area ini, sebaiknya pilih Kota Bandung sebagai destinasi liburan selanjutnya. Apalagi sekarang banyak tersedia travel Jakarta Bandung bagi masyarakat sekitar Jabodetabek untuk berlibur ke Bandung. Ditambah setiap orang sekarang bisa beli tiket bus Pegipegi melalui aplikasi Pegipegi dijamin tersedia banyak agen serta rute, langsung install aplikasinya sekarang.


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Salah Satu Tempat Wisata dan Ikon Kota Bandung, Sudah Pernah ke Gedung Sate?"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.