Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah


Hingga saat ini, tempe masih menjadi makanan sederhana yang memiliki kandungan gizi yang banyak, serta manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Tempe menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang, sebenarnya cukup mudah dipraktikkan. Selain dapat menggunakan biji kedelai, membuat tempe juga dapat diaplikasikan pada biji kacang yang lain, termasuk jagung sekali pun.

Berikut beberapa khasiat tempe bagi tubuh manusia adalah :

  1. Mencegah dan mengendalikan diare
  2. Memperlancar pencernaan
  3. Mempercepat proses penyembuhan duodenitis
  4. Menurunkan kadar kolesterol
  5. Menghambat resiko jantung koroner, penyakit gula, dan kanker.

Cara membuat tempe adalah salah satu praktik yang mungkin pernah diajarkan di bangku sekolah. Pengajaran ini merupakan bentuk pengenalan makanan tradisional khas Indonesia, yang sudah ada turun temurun. Selain itu juga mengajarkan anak, mengenai proses fermentasi biji. Pada proses fermentasi tempat ini mengandalkan bantuan dari beberapa jenis jamur seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, atau Rh. arrhizus, yang lebih dikenal dengan ragi tempe. Konon, makanan hasil fermentasi ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa dalam sepotong tempe, sekitar 100 gram dapat mengandung 20 gram protein. Selain itu juga terdapat nutrisi lengkap, yang layak dijadikan sebagai pengganti daging. Dan kandungan mineral lain seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, Vitamin A, vitamin B6, dan asam folat. Dari semua senyawa baik ini, disebutkan mampu membantu mempertahankan jaringan otot. Selain itu membuat enzim yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh, dapat berjalan baik sesuai fungsinya. Terlebih bagi Anda yang tengah berusaha diet sehat. Tempe dapat dijadikan alternatif makanan yang tepat, diolah dengan berbagai macam menu lezat.

Walaupun tempe mudah dijumpai dan banyak dijual di warung, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Selain dapat dikonsumsi sendiri, tempe bisa juga menjadi ajang ide bisnis baru untuk Anda. Berikut cara membuat tempe sendiri di rumah, enak, gurih dan praktis.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
• 400 gram kacang kedelai
• 1/2 sdt ragi tempe
• Bungkus daun pisang/plastik secukupnya

Cara Membuat Tempe:

  1. Tahap pertama adalah bersihkan kacang kedelai dengan air mengalir, lalu rendam dalam wadah berisi air. Biji kedelai yang memiliki kualitas tidak baik akan mengapung, singkirkan bagian tersebut.
  2. Lalu, rendam semalaman atau minimal 8 jam. Kemudian remas-remas hingga kulit arinya terkelupas bersih.
  3. Lalu, siapkan panci, rebus kedelai dalam air mendidih selama sekitar 60 menit atau sampai lunak. Apabila sudah, angkat dan saring. Kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Selanjutnya pindahkan biji kedelai ke wadah lebar, dapat juga menggunakan tampah. Lalu, biarkan hingga biji kedelai mencapai suhu ruang serta benar-benar kering.
  5. Setelah itu, taburi ragi pada kedelai yang sudah kering, dan aduk merata hingga ke seluruh bagian.
  6. Kemudian siapkan daun pisang dengan ukuran sesuai selera. Lalu masukkan biji kedelai, dan bungkusnya ditusuk dengan tusuk gigi tersebar. Begitu pula jika menggunakan plastik, tusuk-tusuk permukaannya.
  7. Simpanlah tempe mentah di dalam rak atau wadah yang memiliki sirkulasi udara baik. Kemudian tutupi dengan kain bersih, dan pastikan tidak terkena sinar matahari.
  8. Diamkan pada suhu ruang, selama minimal 2-3 hari sebelum tempe siap untuk dimasak dan dikonsumsi.

Itulah beberapa tahapan cara membuat tempe sendiri di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah. Setelah Anda memahami cara membuat tempe sendiri di rumah. Perlu diketahui juga tips demi mendapatkan tempe yang berhasil, dengan cita rasa gurih dan tidak cepat busuk. Anda bisa mengetahui tipsnya di artikel selanjutnya ya!

0 Response to "Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah "

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.