iklan space 728x90px

5 Jenis Olahraga di Rumah Ini Bikin Menstruasi Tetap Aman dan Nyaman

5 Jenis Olahraga di Rumah Ini Bikin Menstruasi Tetap Aman dan Nyaman

Olahraga di rumah
merupakan aktivitas yang perlu dilakukan oleh setiap orang, termasuk wanita yang sedang menstruasi. Aktivitas ini bisa melatih tubuh untuk lebih aktif bergerak dan membantu tubuh menjadi segar dan sehat. Di samping itu, aktivitas olahraga yang dilakukan dengan rutin pun ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kecuali tubuh yang sehat, olahraga pun mempermudah Anda untuk memperoleh kebugaran fisik. Berbekal tubuh yang sehat dan bugar, Anda tak akan mudah terserang penyakit dan cepat lelah. Keadaan tubuh yang bugar pun mempermudah Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara baik dan lancar.

Tidak heran bila olahraga merupakan kegiatan wajib yang perlu dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali untuk wanita yang tengah mengalami menstruasi atau haid. Olahraga penting dilakukan untuk membantu mengendalikan tanda-tanda menstruasi seperti pusing, suasana hati yang berubah-ubah, kram perut, nyeri perut, dan tanda-tanda yang lainnya.

Memang salah satu cara paling baik untuk menangani PMS (pre-menstruation syndrome) saat datang bulan ialah dengan cara melakukan olahraga. 

Alasan Olahraga Penting Ketika Menstruasi

Sebelum tahu beberapa rekomendasi jenis olahraga yang boleh dilakukan ketika menstruasi, perlu dimengerti terlebih dulu alasan pentingnya olahraga ketika menstruasi. Mesti diakui, kondisi menstruasi memang kerap kali menyebabkan berbagai tanda yang menjadikan tubuh kurang bugar dari biasanya. Tidak heran bila banyak orang merasakan sulit menjalankan kegiatan olahraga secara teratur, apalagi ketika sedang datang bulan.

Keadaan ini secara alami memang dipengaruhi oleh hormon. Ketika terjadi menstruasi taraf hormon estrogen dan progesteron terjadi penurunan. Hal ini bisa mengakibatkan kurangnya motivasi dan kondisi kelelahan. Riset pun membuktikan kalau selama masa menstruasi  stamina dan daya tahan tubuh juga menurun.

Malahan kerap kali masa ini disertai oleh bermacam macam gejala yang mengganggu, seperti lemas, pusing, kram, pendarahan, dan gejala datang bulan yang lainnya. Keadaan inilah yang kian menyebabkan motivasi olahraga rendah.

Dalam masalah ini, para pakar tetap menganjurkan untuk aktif secara fisik bagi setiap wanita, termasuk ketika masa menstruasi. Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa jenis olahraga ringan yang tak terlampau memberikan tekanan.

Dengan melakukan olahraga Anda bisa mengurangi gejala serta taraf keparahan gejala menstruasi yang kerap dirasakan. Sepanjang masa menstruasi, kadar testosteron pun lebih tinggi. Inilah saat yang tepat untuk membangun otot tubuh yang sehat dan lebih baik lagi.

Tetapi kira-kira jenis olahraga apa ya yang cocok dilakukan saat Anda tengah mengalami menstruasi? Simaklah daftar lengkapnya seperti yang dikutip dari She Knows di bawah ini.

Jenis Olahraga Saat Menstruasi yang Baik dan Aman Dilakukan

Ada beberapa jenis olahraga ketika menstruasi yang baik serta aman dilakukan. Sejak dari jalan kaki, berlari, renang, yoga, sampai pilates. Jenis olahraga ini tidak cuma membantu mengelola gejala menstruasi, tetapi pula baik untuk melindungi kesehatan secara menyeluruh.

Berjalan

Latihan aerobik seperti halnya berjalan bisa mengurangi gejala PMS dan kram secara signifikan selama menstruasi. Anda dapat melakukan kegiatan ini di atas sebuah treadmill atau di lingkungan sekitar rumah sembari melihat pemandangan taman yang sejuk dan menyegarkan.

Latihan jalan cepat di hari pertama menstruasi selama 30 menit bisa mengurangi kram dan rasa nyeri. Latihan ringan ini bisa dicoba untuk Anda yang sering mengalami gejala parah ketika menstruasi.

Berlari

Bila Anda ingin berolahraga yang lebih berat, berlari bisa secara ampuh meredakan gejala PMS, semisal kram. Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa orang yang menjalani aktivitas aerobik yang kuat, misalnya 3 kali seminggu selama 4 minggu bisa menurunkan rasa sakit di dalam tubuh secara berarti. 

Renang

Hasil studi yang diumumkan di General Gynecology menyatakan bahwa orang yang berolahraga renang selama masa menstruasi, memperoleh beberapa manfaat seperti berkurangnya sulit tidur, kram, bengkak, kelelahan, nyeri, sakit kepala, kebingungan, ketegangan, depresi, dan kecemasan.

Tidak cuma itu, olahraga ini pun bisa membantu peserta untuk mengendalikan suasana hati lebih baik. Sedangkan pada penelitian lanjutan ditemui bahwa efek olahraga air untuk kram pun memberikan hasil yang sama. 

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang baik untuk meminimalisir gangguan rasa sakit dan nyeri, tak terkecuali gejala menstruasi. Disamping mengurangi nyeri, beragam gerakan yoga pun bisa membantu meredakan kembung atau pembengkakan perut, keringat dingin, dan kram perut.

Yoga sudah terbukti amat efektif mengurangi kram, nyeri menstruasi, dan meningkatkan mutu hidup. Beberapa gerakan yoga amat direkomendasikan, seperti reclined twist, legs up wall, bridge pose, dan child pose. 

Pilates

Pilates pun merupakan salah satu jenis olahraga di rumah ketika menstruasi yang dapat Anda praktekkan. Menurut sebuah penelitian dinyatakan kalau pilates ternyata lebih efektif meredakan stres dan gejala PMS ketimbang latihan aerobik.

Selain itu latihan pilates yang dipadukan dengan mengonsumsi vitamin E amat efektif menangani tanda-tanda fisik dan psikologis PMS. Latihan pilates bisat dilakukan dengan rutin selama 4 minggu.


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "5 Jenis Olahraga di Rumah Ini Bikin Menstruasi Tetap Aman dan Nyaman"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.