iklan space 728x90px

Ranca Upas Ciwidey Bandung, Tempat Wisata Alam Nan Sejuk Bikin Otak Fresh


Liburan merupakan hal menyenangkan yang paling dinanti-nanti oleh anak-anak dan orang dewasa. Pasalnya liburan ialah salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh sesudah sekian lama belajar/bekerja. Oleh sebab itu, liburan ke Kampung Cai Ranca Upas atau yang lebih populer disebut dengan Ranca Upas bisa menjadi alternatif yang cocok untuk Anda guna menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Lantaran Ranca Upas menyuguhkan beragam aktivitas menarik serta mengasyikkan yang bisa kita lakukan di sana.

Bandung memang masih menyimpan segudang pesona yang jangan terlewatkan. Kota dengan letak geografis menawan ini dikitari oleh dataran tinggi dan pegunungan sehingga mempunyai pemandangan yang indah. Ada banyak destinasi wisata bernuansa alam di Bandung yang menarik untuk disambangi, baik dengan keluarga maupun teman. Salah satu di antaranya ialah kawasan Ciwidey. 

Kawasan ini tak cuma populer lantaran terdapat Kawah Putih saja, namun pula mempunyai tempat wisata lainnya yang tak kalah terkenal. Yakni Ranca Upas. Ranca Upas merupakan objek wisata yang amat luas. Area lokasinya mencapai hingga 215 hektar yang tentu saja semuanya merupakan ruang terbuka hijau nan sejuk. Destinasi wisata yang satu ini terletak pada ketinggian kira-kira 1700 mdpl. Dengan demikian suhunya dapat mencapai  angka 17 derajat Celcius dan amat sejuk. 

Menurut Mpotimes, dulunya Ranca Upas adalah hutan belantara yang memiliki rawa luas dan menjadi salah satu tempat untuk latihan Kopasus. Kawasan wisata ini merupakan hutan lindung di Kabupaten Bandung yang jadi tempat konservasi untuk berbagai jenis flora (tumbuhan) dan fauna (hewan). Tumbuhan sulit ditemui yang terdapat di sana antara lain kitambang, hamirug huru, kihujan, dan jamuju. Sementara itu untuk satwanya ada rusa dan beberapa jenis family burung.

Dengan keadaan alam seperti itu tentu saja membuat kalangan pengunjung dapat semakin mengetahui keanekaragaman alam yang terdapat di hutan lindung itu. Tak heran bila tempat inipun kerap dijadikan lokasi untuk acara bernuansa alam dengan peserta yang banyak. Bahkan bumper atau bumi perkemahannya sendiri diperkirakan dapat menampung 10.000 orang. 

Apabila Anda punya rencana mengadakan sebuah acara dengan peserta banyak, tempat ini terhitung cocok bagi Anda. Di samping itu bagi pemburu matahari terbit Ranca Upas pun menjadi salah satu spot sunrise di Bandung yang menawan.

Ranca Upas adalah tempat wisata yang mengusung konsep alam dan berpadu bersama alam. Bumi perkemahan seluas 215 hektar ini berada di Jln. Ciwidey-Patengan KM.11 dan ada di bagiam kawasan hutan lindung yang merupakan tempat konservasi. Ranca Upas memiliki udara sejuk yang condong dingin sebab posisinya ada di daerah dataran tinggi.

Beragam macam aktivitas yang menyenangkan bisa dilakukan di objek wisata ini, seperti, waterboom, ATV, berendam air hangat, memberi makan rusa-rusa di lokasi penangkaran rusa, berkemah dan masih banyak lagi. Ranca Upas pun menyediakan beberapa paket wisata yang bisa mengakomodasi keperluan pengunjung, seperti camp teen, camp tour, recreation education, kid adventure, corporate family gathering, youth outing, fun game, saba leuweung, outdoor training, dan family camp. 

Bagi Anda yang punya rencana akan camping di Ranca Upas, janganlah lupa untuk membawa alat-alat perlengkapan seperti sleeping bag, bekal makanan, pakaian hangat, tenda, dan lain-lain. Untuk masalah harga tiket masuknya termasuk cukup terjangkau. Anda cuma akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000, biaya parkir kendaraan beroda dua Rp2.000, kendaraan beroda empat sebanyak Rp5.000, dan kendaraan beroda 6 seperti bus atau truk cuma Rp20.000 saja.

Demikian penjelasan tentang tempat wisata Ranca Upas di Ciwidey yang dapat dinikmati sebagai destinasi wisata yang akrab dengan alam. 

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Ranca Upas Ciwidey Bandung, Tempat Wisata Alam Nan Sejuk Bikin Otak Fresh"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.