iklan space 728x90px

Pengobatan dan Cara Pengobatan Ankylosing Spondylitis


Guna mengetahui apakah Anda menderita Ankylosing Spondylitis atau tidak nanti dokter akan menanyakan beberapa gejala yang telah Anda alami, sudah berapa lama Anda mengalami gejala tersebut, kondisi medis yang Anda punya, hinga riwayat dari keluarga Anda. Selain itu juga dokter akan melakukan beberapa tes supaya diagnosanya lebih pasti, ini dia beberapa tes yang paling umum dilakukan untuk mengetahui ankylosing spondylitis:

1. Pemeriksaan fisik

Dalam proses pemeriksaan fisik ini dokter akan melihat tanda dan juga gejala, termasuk untuk nyeri di bagian tulang punggung, nanti dokter akan menyuruh Anda untuk bergerak dan juga bungkuk ke arah yang beda sambil mengambil napas dalam-dalam, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda mengalami kesulitan bernapas atau tidak. 

2. Tes pencitraan

Tes yang selanjutnya yang akan di lakukan adalah pengambilan rontgen atau sinar-X menggunakan magnetic resonance imaging (MRI). Tes ini biasanya akan di lakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit ini, walaupun tes ini masih punya kekurangan. Untuk rongsen dengan sinar X  nanti bisa diketahui perubahan apa yang telah terjadi di bagian tulang punggung dan juga sendi, tapi memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui penyebabnya.  Jika menggunakan MRI nanti dokter bisa tahu dengan lebih cepat karena MRI ini bisa memperlihatkan kerusakan yang lebih detail lagi, tapi tes ini memang cukup mahal. 

3. Tes darah

Tes darah ini biasanya di lakukan untuk mencari tahu apakah ada peradangan di bagian tubuh, hal ini adalah ciri awal dari penyakit ini, selain itu dengan tes darah juga bisa diketahui apakah ada gen HLA-B27 atau tidak. Walaupun memang tidak semua penderita penyakit ini memiliki gen HLA-B27.

Pengobatan Ankylosing Spondylitis

Sebenarnya tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhan ankylosing spondylitis hingga sembuh total, tapi Anda juga harus tetap melakukan pengobatan supaya gejala dan juga rasa sakit yang timbul lebih mereda, dengan begitu perkembangan penyakitnya juga akan melambat. Ini dia beberapa pengobatan yang bisa di lakukan untuk penyakit ankylosing spondylitis:

1. Obat-obatan

Terdapat beberapa obat umum yang akan diberikan dokter untuk mengobati penyakit ini diantaranya:

  • Obat antiradang nonstreoid (NSAID), contohnya indometachin, naproxen, ibuprofen, aspirin, obat tersebut bermanfaat untuk mengobati peradangan serta nyeri.
  • Disease-modifying anti-rheumatic drugs (DMARDs),  contohnya methotrexate dan sulfasalazine, obat tersebut bermanfaat untuk mengurangi peradangan di bagian sendi. 
  • Kortikosteroid yang langsung disuntikan di bagian sendi yang sedang meradang.
  • Terapi biologis, contohnya adalah penghambat TNF untuk menghentikan peradangan

2. Terapi fisik

Terapi fisik ini bisa membuat rasa nyeri yang Anda alami jadi mereda, dan bisa juga meningkatkan kekuatan otot dan membuat kelenturan sendi jadi terjaga dan membuat Anda jadi lebih mudah untuk bergerak. Terapi ini juga sangat bermanfaat untuk membuat tubuh Anda jadi tetap tegak.

3. Operasi

Operasi ini mungkin akan di lakukan jika rasa nyeri sudah semakin parah atau jika sudah terjadi kerusakan di bagian sendi jadi sendi tersebut harus di ganti, tapi  beberapa besar organ yang mengalami penyakit ini biasanya tidak membutuhkan operasi.

Perawatan di rumah untuk ankylosing spondylitis

  • Rutin untuk berolah raga supaya rasa nyeri berkurang dan membuat sendi jadi lentur. Olah raga yang bisa dilakukan yaitu tai chi, yoga, pilates, dan berenang.
  • Jaga berat badan dengan selalu konsumsi makanan yang bergizi.
  • Hindari minum alkohol
  • Jangan merokok
  • Jika nyeri atau pembengkakan terjadi Anda bisa mengkompresnya menggunakan air hangat


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Pengobatan dan Cara Pengobatan Ankylosing Spondylitis"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.