Jenis-Jenis Electrical Conduit


Pelajari semua tentang berbagai jenis Electrical Conduit termasuk aplikasi penggunaannya.

Electrical Conduit

Electrical Conduit adalah tabung di mana kabel listrik ditempatkan untuk berbagai aplikasi bangunan atau struktural. Conduit melindungi kabel serta setiap individu yang mungkin datang ke dekat kabel. Pihak yang berwenang menentukan apakah conduit harus digunakan atau tidak dalam instalasi tertentu serta jenis conduit yang harus digunakan.

Rigid Metal Conduit


Rigid metal conduit (RMC) memiliki dinding tebal dan terbuat dari aluminium atau baja galvanis. Varietas ini adalah salah satu jenis conduit jenis heavy-duty yang digunakan di banyak aplikasi industri. Rigid metal adalah salah satu opsi yang lebih mahal tetapi menawarkan kekuatan tambahan.

Galvanized Rigid Conduit


Galvanized rigid conduit (GRC) memiliki dinding paling tebal dari semua electrical conduit dan merupakan yang terberat. GRC disarankan oleh ahli listrik karena ketahanan korosinya yang unggul, dan melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik (EMI). GRC dapat digunakan dalam aplikasi outdoor atau indoor dan dapat diekspos, disembunyikan, dan dikubur.

Intermediate Metal Conduit


Intermediate metal conduit (IMC) adalah jenis conudit kaku yang diberi peringkat untuk paparan luar ruangan dan dimaksudkan untuk melindungi kabel dan konduktor listrik berinsulasi. Ini menawarkan banyak perlindungan yang sama dari rigid metal conduit tetapi merupakan pilihan yang lebih ekonomis untuk proyek-proyek di mana biaya menjadi masalah.

PVC Conduit


Polyvinyl chloride (PVC) conduit adalah jenis conduit non-logam yang paling populer dan memiliki beberapa keunggulan:

  • Serbaguna dan mudah dipasang
  • Biasanya lebih murah daripada opsi lain
  • Ringan
  • Tersedia dalam berbagai ketebalan dinding
  • Bekerja dengan baik di beton dan bawah tanah

Meskipun banyak kelebihannya dalam aplikasi lain, PVC conduit tidak disarankan untuk digunakan di area dengan paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat memecah material dari waktu ke waktu.

Liquid-Tight Non-Metallic Conduit


Liquid-tight non-metallic conduit dirancang untuk digunakan di lingkungan di mana kelembaban bisa menjadi masalah. Jenis conduit ini harus digunakan bersama dengan alat liquid-tight fittings.

Electrical Metallic Tubing


Electrical metallic tubing (EMT) terbuat dari baja atau aluminium berlapis dan merupakan pilihan yang lebih ekonomis dan berdinding lebih tipis daripada conduit lainnya. Jenis conduit ini tidak menawarkan perlindungan yang sama seperti rigid metal conduit tetapi lebih ringan dan dapat dipasangkan dengan conduit fittings, menghilangkan kebutuhan untuk threading. EMT juga dapat ditekuk untuk dibentuk menggunakan alat khusus agar sesuai dengan penghalang atau mengikuti bentuk pemasangan.

Artikel ini menjelaskan berbagai jenis electrical conduit. Untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang produk conduit lainnya dan aspek industri lainnya, kunjungi dharaya.co.id, PT. Dharaya Jual Conduit Murah namun dengan kualitas yang tidak murahan sesuai dengan standart kebutuhan industri.


0 Response to "Jenis-Jenis Electrical Conduit"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.