iklan space 728x90px

Cara Backup dan Restore Windows 7 Tanpa Bantuan Pihak Ketiga

Anda sering mengalami permasalahan windows 7 Anda error dan mau tidak mau Anda harus menginstall ulang windows Anda ? Ya, tentu sangat merepotkan, bukan? Apalagi ketika CD anda hilang. Belum lagi anda harus nunggui proses install-nya yang tidak sebentar dan harus install baru semua aplikasi yang sebelumnya anda di PC atau laptop anda.

Nah, daripada anda mengalami masalah ini, ada baiknya jauh sebelumnya anda sudah mengantisipasi dengan melakukan backup system. Dengan cara ini, jika windows 7 anda bermasalah, anda tinggal restore saja backup yang telah anda buat tanpa proses install.

Metode ini bahkan bisa anda lakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Karena semua fitur telah tersedia di dalam windows 7 anda.

Kalau anda ingin melakukannya, kami sangat menyarankan anda melakukannya di saat install pertama windows. Paling afdol di saat anda membeli PC atau laptop baru. Kenapa? Karena kondisi windows 7 anda tentu masih sehat ketika install awal.


Klik START (gambar windows di pojok kiri bawah). Lalu pilih saja COMPUTER. Lalu pilih drive C tempat operating system anda berada dan klik kanan. Pilih PROPERTIES - TOOLS, klik BACKUP NOW.

Kemudian pilih CREATE A SYSTEM IMAGE di bar menu sisi kiri.


Tunggu beberapa saat, windows akan mencari backup system bila telah tersedia. Setelah itu anda akan melihat 2 opsi. Meletakkan backup yang akan anda buat di harddisk atau langsung and burn ke dalam kepingan DVD.

Terserah pilih yang mana. Yang penting ketika anda memilih untuk menyimpan file backup di harddisk, harus di drive yang berbeda dengan drive operating system anda (drive C).

Setelah anda memilih, klik NEXT. Lalu di menu selanjutnya, klik START BACKUP.


Tunggu sampai prosesnya selesai. Lama dan tidaknya tergantung besarnya kapasitas windows anda tentunya.

Proses selanjutnya adalah untuk membuat DVD recovery, maka kembali ke proses awal. Buka MY COMPUTER. Pilih drive C, klik kanan, pilih PROPERTIES - TOOLS - BACKUP NOW. Tapi sekarang pilih CREATE A SYSTEM REPAIR DISC.

Jika DVD kosong anda telah terpasang, maka klik saja CREATE DISCK yang ada di bawah (gambar 5).

Oke, DVD anda telah siap. Untuk melakukan restore system bila windows 7 anda bermasalah, silakan masukkan DVD recovery-nya ke DVD ROM pada PC/komputer anda. Tapi ingat, ubah terlebih dulu BlOS-nya dengan mengganti boot primary dari harddisk ke DVD ROM.

Setelah anda melihat menu SYSTEM RECOVERY OPTION, pilih RESTORE YOUR COMPUTER USING A SYSTEM IMAGE THAT YOU CREATED. Setelah it'u klik NEXT.

Cari di mana anda file backup yang tadi telah anda tempatkan, dan tunggu prosesnya selesai.

Selamat mencoba.


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Cara Backup dan Restore Windows 7 Tanpa Bantuan Pihak Ketiga"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.