6 Pola Hidup Sehat Yang Perlu Diterapkan Agar Daya Tahan Tubuh Meningkat


Daya tahan tubuh secara sederhana bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem tersebut akan melindungi tubuh dari serangan organisme maupun kuman yang bisa menimbulkan penyakit. 

Pada dasarnya, daya tahan tubuh secara normal bisa bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut. Namun, ketika daya tahan tubuh ini dalam kondisi lemah, maka tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Karena itu, agar tumbuh kembali kebal terhadap penyakit, daya tahan tubuh perlu dijaga dan ditingkatkan. 

Apalagi, akhir – akhir ini daya tahan tubuh yang buruk yang dikaitkan erat dengan resiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19. Sebenarnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. 

Berikut dibawah ini 6 pola hidup sehat yang perlu diterapkan agar daya tahan tubuh meningkat :

1. Menghindari Stres Dan Bersikap Rileks Atau Santai

Stres merupakan salah satu sumber munculnya penyakit. Semakin tinggi tingkat stres, maka akan semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh. Bahkan stres bisa membawa seseorang pada gaya hidup sembarangan seperti misalnya mengonsumsi makanan yang tidak sehat, merokok, dan minum minuman beralkohol. Tindakan – tindakan tersebut tentu bisa semakin menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu sejenak ditengah stress akibat kesibukan yang tidak pernah berakhir.

2. Mengonsumsi Makanan Berserat Dan Mengandung Antioksidan

Banyak pekerja kantor yang biasanya mengalami penyakit yang disebut dengan Sick Building Syndrome (SBS). SBS bisa diartikan sebagai penyakit yang muncul karena terkontaminasi dengan radikal bebas dari alat elektronik di sekitar. Radikal bebas juga bisa terjadi dari metabolisme didalam tubuh, asap rokok, serta polusi udara. 

Disini antioksidan akan membantu menetralisir radikal bebas sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan. Selain itu, antioksidan diperlukan untuk mengangkat radikal bebas yang ada didalam darah yang dapat menekan daya tahan tubuh. 

Agar bisa memenuhi kebutuhan antioksidan dalam jumlah yang cukup, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran dan buah – buahan berwarna – warni seperti kiwi, jeruk, apel, anggur, keluarga beri, sayur – sayuran hijau, wortel, bayam, polong – polongan, biji – bijian, aneka jamur, dan bawang putih. 

3. Olahraga Teratur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk ke tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan respons antibody dan T Cell. 

Olahraga yang disarankan yaitu dapat dilakukan dibawah sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar. 

4. Tidur Cukup

Kurang tidur atau terlalu letih akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan daya tahan tubuh. Biasanya seseorang yang kurang tidur akan mudah terserang penyakit influenza atau infeksi lainnya. 

Karena itu, sangat dianjurkan untuk memenuhi durasi tidur. Durasi tidur yang disarankan untuk orang dewasa yaitu 7 – 9 jam tiap malam demi kesehatan tubuh. 

5. Berjemur

Paparan sinar matahari terutama pada jam tertentu seperti antara pukul 08.00 – 09.00 WIB atau pukul 11.00 – 13.00 WIB diyakini mampu meningkatkan produksi vitamin D yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Cukup berjemur selama 10 – 15 menit saja setiap kali berjemur yang dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu. 

6. Konsumsi Suplemen 

Rhea Health Tone merupakan suplemen yang berkhasiat dapat membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu cara memelihara kesehatan tubuh. Aturan pakai suplemen ini dikonsumsi 2 x 1 ml sehari setelah makan. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :