Pentingnya Kehadiran Lembaga Kursus Coding


Tidak bisa dipungkiri bahwa jaman sekarang adalah era otomasi dan komputerisasi. Memang era komputerisasi sudah dimulai sejak beberapa dekade sebelumnya tapi tidak pernah kecepatan implementasinya secepat sekarang. Dari tahun ke tahun berbagai sistem otomatis berbasis komputer bermunculan mulai dari kecerdasan buatan, pengendalian mesin jarak jauh, analisa data otomatis dan lain sebagainya. Sistem-sistem berbasis komputer terutama aplikasi mobile dan web juga bermunculan secara masif. 

Kebutuhan Tenaga Ahli IT Meningkat

Kondisi di atas tentu sangat berpengaruh dalam prioritas keahlian yang harus dimiliki oleh angkatan kerja. Angkatan kerja sekarang juga harus melek dengan otomasi dan komputerisasi, karena tentu lapangan pekerjaan yang bersinggungan dengan otomasi dan komputerisasi juga meningkat tajam. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan kampus-kampus yang menyediakan program studi atau fakultas IT. Bahkan tidak jarang kita lihat muncul kampus yang hanya fokus kepada bidang IT. 

Jumlah lulusan IT setiap tahun terus meningkat sejalan dengan bertambahnya lapangan pekerjaan bidang IT dan kampus-kampus IT. Tapi disini muncul masalah baru, yaitu kualitas lulusan IT itu sendiri. Dengan begitu banyaknya lulusan IT setiap tahun tidak menjamin bahwa kualitas para lulusan tersebut cukup untuk diterjunkan ke dalam industri IT. Cukup banyak dari para lulusan tersebut yang sebenarnya hanya ikut-ikutan kuliah IT atau tidak serius dalam mengikuti perkuliahan. Kemudian ditambah dengan masalah lain yaitu kurikulum dalam kampus-kampus IT ini sendiri juga banyak yang tidak sesuai dan tidak dapat mengikuti perkembangan IT dalam dunia industri yang sangat cepat berubah dan beradaptasi.

Pentingnya Kualitas Coding

Salah satu keahlian yang penting dalam dunia IT adalah coding. Tentu sangat banyak keahlian lain dalam bidang IT selain coding, seperti ahli keamanan, ahli audit IT, ahli database dan lain sebagainya. Tenaga ahli dengan keahlian coding tetap menjadi inti dari industri IT karena ditangan mereka inilah implementasi otomasi dan sistem komputerisasi menjadi kenyataan. 

Kualitas coding yang bagus terutama pada bagian perancangan struktur coding akan menghasilkan suatu sistem atau aplikasi yang bagus pula. Algoritma dalam menyusun baris coding juga menentukan hasil akhir dari suatu sistem dan aplikasi, terutama untuk sistem yang bertujuan untuk membuat suatu proses otomasi. Dalam sistem berbasis otomasi tidak boleh ada suatu kesalahan fatal yang terjadi, karena suatu kesalahan fatal bisa menyebabkan otomasi yang dibuat justru membahayakan pemakai. Seperti contoh, sistem yang ditanam dalam mobil yang dapat berkendara secara otomatis tanpa sopir, apabila terjadi kesalahan dalam algoritma otomasi pada sistem tersebut maka akan menyebabkan mobil tersebut menabrak mobil lain.

Pentingnya Kursus Coding

Karena berbagai masalah dan tuntutan di atas maka peran lembaga-lembaga pendidikan non formal akan menjadi sangat krusial. Lembaga-lembaga kursus coding adalah salah satu contoh lembaga pendidikan non formal dalam bidang pemrograman. Lembaga kursus coding ini menjadi pelengkap bagi para lulusan IT yang gagal mengikuti perkuliahan dengan benar. Mereka juga menjadi pelengkap bagi para programmer yang belum memiliki kualitas coding yang mumpuni untuk menghasilkan aplikasi yang bermutu dan bebas dari kesalahan-kesalahan fatal.

Pada umumnya lembaga-lembaga kursus coding ini mengajarkan berbagai bahasa pemrograman yang lazim dipakai dalam dunia industri. Berbeda dengan cara belajar dalam kampus-kampus IT, mereka mengejarkan satu bahasa pemrograman secara intensif dan fokus. Hal ini penting agar pesertanya benar-benar paham secara detil bahasa pemrograman tersebut. Kemudian juga lembaga kursus coding ini biasanya mengajarkan framework-framework yang banyak dipakai oleh industri. Beberapa lembaga kursus programming juga mengajarkan algoritma yang baik dan benar. Algoritma yang baik dan benar sangat membantu para programmer untuk menghasilkan sistem berbasis otomasi yang bebas dari kesalahan fatal. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :