Ini 8 Cara Mengatasi Maag dengan Cepat

Apakah anda salah seorang yang kerap menderita maag? Jika iya, tentunya anda akan selamanya cemas bila kapan-kapan maag itu kambuh? Sesungguhnya apa sih maag tersebut? Maag sebetulnya hanyalah istilah yang dipakai orang-orang awam buat melukiskan keluhan-keluhan seperti mulut merasa asam, begah, kembung, dada merasa sakit seperti terbakar, muntah, mual dan sakit perut. Alhasil, pada prinsipnya maag sendiri bukanlah penyakit, akan tetapi tanda yang menunjukkan hadirnya penyakit khusus pada pencernaan anda. 

Saat maag mendadak muncul, anda bisa jadi akan kelabakan dalam menanganinya. Tapi tenang dulu karena saat ini telah hadir obat ampuh maag bernama cytotec yang bisa Anda dapatkan di toko-toko, apotek atau tempat jual cytotec lainnya. Mengenai apa yang mesti dikonsumsi dan apa yang jadi pantangan bagi penderita sakit maag, segera simak saja tulisannya di bawah ini! 

1. Kunyah permen karet 
Saat maagmu kumat, maksudnya asam lambung anda tengah meninggi. Salah satu cara buat menjadikannya lebih baik ialah dengan menetralkan asam lambung. Mengunyah permen karet bisa menambah pembentukan air liur. Ini bisa menetralkan lagi asam lambung anda dan menjadikan perut anda jauh lebih baik. 

2. Jauhi konsumsi gula 
Gula amat kurang baik untuk kesehatan, khususnya untuk anda yang menderita maag. Gula mempunyai senyawa yang menghambat metabolisme badan. Gula sendiri tercipta dari separuh glukosa dan separuh fruktosa. Fruktosa sendiri cuma bisa dimetabolisme oleh hati dalam jumlah yang relevan. Alhasil, bila anda mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, kerja hati jadi lebih besar lantaran dituntut buat mengubahnya jadi lemak. Gula pun memiliki kandungan senyawa yang susah dicerna oleh sistem pencernaan kita, termasuk lambung anda. Alhasil, jauhi gula ketika maag menimpa! 

3. Jauhi santapan dengan kandungan gas yang tinggi 
Saat maag muncul, lambung anda akan dipadati gas asam. Oleh karenanya, anda mesti menjauhi makananan tinggi gas supaya tidak memperparah keadaan lambung. Santapan tinggi gas yang mesti anda jauhi antara lain buah kering, durian, singkong, dan kol. 

4. Mengkonsumsi alpukat 
Disamping lezat, buah yang satu ini pun berguna buat menangani maag. Alpukat memiliki kandungan senyawa yang bisa menunjang proses regenerasi pada dinding lambung anda yang luka. Mengkonsumsinya dalam bentuk jus jauh lebih baik supaya cepat dicerna oleh tubuh anda. 

5. Mengkonsumsi pisang 
Anda tentu kenal buah kuning yang satu ini. Disamping rasanya yang lezat dan harganya yang murah, pisang pun berguna buat kesehatan lambung. Ini lantaran pisang mempunyai ph 5, 6 yang mendekati ph netral. Karenanya, buah ini dapat menunjang mengurangi tanda-tanda penyakit asam lambung yang anda alami. 

6. Apel 
Apel memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium. Kandungan ini diyakini dapat menghilangkan gejala maag yang timbul. Tetapi, tidak semua apel bisa anda konsumsi. Pilihlah buah apel yang memiliki warna merah dan manis. Jangan pilih buah apel yang memiliki warna hijau lantaran rasanya yang relatif asam. 

7. Jangan merokok! 
Ketika maag keadaan lambung anda tengah terluka dan peka pada asam. Merokok cuma akan memperparah lambung anda. Meski anda telah mengkonsumsi obat pereda asam lambung, percuma saja bila anda tidak dapat menahan hasrat buat merokok. Disamping itu, semua tubuh anda pun akan terserang toksin yang dikandung rokok. Alhasil, akan lebih baik bila anda menghindarinya ketika terserang maag atau sekalian tidak merokok. 

8. Jauhi asupan pencetus asam lambung 
Ketika maag menimpa, anda mesti secermat mungkin menjauhi beberapa makanan yang bisa meningkatkan kandungan asam lambung. Beberapa makanan tersebut antara lain santapan pedas, peppermint, tomat, bawang putih, bawang merah, jeruk, dan lemon. Jauhi beberapa makanan ini supaya tidak memperparah keadaan lambung anda yang telah terluka. 

Alhasil, telah kenal kan cara menangani maag anda bila mendadak muncul? Intinya, anda mesti selamanya memperhatikan apa yang anda makan dan menjauhi asupan yang bisa memperparah keadaan lambung anda. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :