iklan space 728x90px

Ketahui Cara Merawat Luka Operasi Yang Benar

Apakah Anda pernah dioperasi, Apa yang Anda rasakan saat dikatakan  harus melakukan operasi, Operasi merupakan ketakutan bagi banyak orang. Padahal seringkali operasi menjadi satu-satunya jalan keluar untuk menghilangkan gejala atau keluhan yang dialami pasien tersebut. Alternatif berupa obat-obatan lebih digemari saat dibandingkan dengan tindakan operasi, alas an Mengapa orang takut dioperasi, Jika saya tanyakan apa faktor yang menyebabkan pasien takut dioperasi, salah satu jawaban yang sering keluar adalah lamanya penyembuhan luka operasi. Akan tetapi mungkin ada sedikit dari cerita saya mengenai cara merawat luka operasi.

Cara agar luka cepat kering di awal penyembuhan, Pengalaman orang dengan luka operasi bermacam-macam jenisnya. Lama penyembuhannya pun bervariatif. Rasa sakit tentu saja ada, hal ini jelas karena adanya jaringan tubuh yang terbuka, yang kemudian dijahit lagi. Fase akut terjadi sejak beberapa jam setelah operasi hingga tiga hari pertama penyembuhan. Terkadang bekas luka masih terlihat kemerahan dan terasa sangat nyeri apalagi jika ditekan. Yang perlu diperhatikan disini adalah jika selama awal penyembuhan ini terjadi demam, kemerahan yang berlebihan di daerah luka, serta adanya nanah di sekitar luka.

Setelah 3 hari, luka akan mengalami fase proliferasi atau pembelahan sel baru. Fase proliferasi terjadi dalam 3-14 hari setelah fase awal penyembuhan. Pada saat ini, sel-sel yang akan menggantikan sel tubuh yang sebelumnya rusak akan terbentuk. Saat ini keadaan kulit biasanya sudah tampak lebih tenang. Setelah lebih dari 14 hari, proses penyembuhan luka cenderung statis dan stagnan, sampai terjadi pembentukan bekas luka, Luka lama sembuh karena operasi bisa secara cepat bila dilakukan dengan benar dan tepat, sesuai anjuran dokter dan penanganan yang tepat. Walaupun proses penyembuhan luka operasi mirip untuk berbagai orang, tetapi ada tiga cara merawat luka operasi Anda.  Bersihkan sesuai instruksi, Luka operasi yang masih baru biasanya akan dibuka dan dibersihkan oleh dokter bedahnya sendiri, namun setelah beberapa kali, pasien akan diajarkan untuk mengganti perban luka operasinya sendiri. 

Follow Warta Iptek di Google News