iklan space 728x90px

Beberapa Skema Pinjaman Syariah yang Perlu Anda Ketahui


Bank di Indonesia didominasi oleh dua skema yakni konvensional dan skema Syariah. Pinjaman syariah merupakan suatu konsep pinjaman yang menggunakan prinsip syariah dalam praktiknya. Proses ini mengganti bunga yang biasanya menjadi biaya dari pinjaman yang diajukan menjadi imbal hasil yang diberikan sesuai dengan akad yang telah disetujui. Seiring berjalannya waktu, pinjaman syariah semakin bervariasi jenisnya. Apa saja jenis pinjaman syariah yang ditawarkan perbankan saat ini? Berikut ini beberapa diantaranya :

Mudharabah
Pinjaman Mudharabah berarti pinjaman yang diberikan dengan akad kerjasama. Karena bersifat kerjasama, maka pihak bank akan memberikan pinjaman dana sebagai modal kerja bagi para peminjam. Nantinya, pihak bank akan mendapatkan pengembalian uang yang dipinjamkan bersama dengan bagi hasil yang telah ditentukan berdasarkan akad. Jenis pinjaman ini sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki prospek bisnis menjanjikan sehingga akan mendapatkan dukungan berupa modal kerja dari pihak bank syariah

Ijarah
Jenis pinjaman syariah berikutnya adalah Ijarah. Ijarah berarti pemindahan hak guna barang atau dapat dikatakan sebagai sewa menyewa. Dengan menggunakan akad Ijarah, nantinya pihak penyewa akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil dari barang yang disewakannya.

Murabahah
Jenis pinjaman lainnya yakni Murabahah atau jual beli. Dalam skema pinjaman ini, pihak lembaga keuangan syariah akan berperan sebagai pihak yang membiayai pembelian barang yang dilakukan oleh nasabah. Nantinya, pihak peminjam akan mengembalikan uang yang dipinjamkan bersama dengan imbal hasil berdasarkan margin penjualan barang yang akan dijual kembali tersebut. Karena imbal hasil berdasarkan margin penjualan, maka pihak peminjam perlu mengetahui berapa harga jual dari barang yang akan dijual kembali tersebut.

Itulah berbagai jenis pinjaman syariah yang biasanya diterapkan oleh pihak lembaga keuangan syariah atau bank syariah. Ketiganya, merupakan jenis pinjaman di bank Syariah Bukopin yang dapat Anda gunakan sebagai solusi keuangan praktis Anda. Selain mengenal berbagai jenis pinjaman Syariah, agar lebih Syariah lagi Anda bisa mencoba mencari tahu persyaratan daftar haji 2019 dan segeralah mendaftar untuk mewujudkan rukun Islam ke-5

Follow Warta Iptek di Google News