Ketahui Alergi Pada Anak

Tes alergi anak menjadi salah satu bahan pertanyaan yang sering diajukan para ibu untuk mengetahui apakah si kecil mengalami alergi terhadap sesuatu atau tidak. Pertanyaan tersebut dapat anda ketahui jawabannya pada artikel berikut yang mana merujuk pada penjelasan dari tim ahli dari Nutriclub.

Sebelum melakukan tes alergi, sebagai orang tua anda juga perlu memerhatikan fakta terkait alergi pada anak. Untuk pemeriksaan biasanya diawali dengan penelusuran alergi dari proses anamnesis, yaitu wawancara dokter ke orang tua anak terkait keluhan yang dialami anak.

Kapan Tes Alergi Perlu Dilakukan?

Tes alergi pada anak dapat dilakukan untuk seluruh kasus penyakit alergi. Tujuan dari tes alergi anak yaitu untuk mengetahui faktor pencetus dari timbulnya alergi serta tidak untuk mendiagnosis penyakit alergi.

Apabila faktor pencetus dari alergi telah diketahui dari proses tanya jawab dengan dokter serta memang terdapat hubungan antar faktor dengan munculnya gejala, maka tes alergi dirasa tidak perlu untuk dilakukan.

Tes alergi hanya diperlukan bagi pasien dengan gejala yang kemungkinan sebagai penyakit alergi untuk dapat mengatasi alergi pada anak dengan sesuai. Tes alergi juga dibutuhkan apabila gejala yang dicurigai termasuk penyakit alergi yang berat, persisten, ataupun berulang tanpa diketahui akibatnya. Selain itu tes alergi juga dibutuhkan untuk memastikan gejala tersebut benar alergi atau bukan.

Untuk mengatasi gejala alergi dengan efektif, maka anda perlu mengetahui penyebab alergi tersebut. Kemudian setelah melakukan identifikasi penyebab alergi, anda tentu perlu mengembangkan rencana pengobatan untuk mengendalikan ataupun menghilangkan gejala alergi pada anak anda.

Terdapat beberapa jenis tes alergi pada anak yang sering dilakukan yaitu dengan metode uji kulit  atau tes cukit kulit ataupun dengan melakukan pengukuran kadar imunogobulin E (IgE) dengan spesifik dalam darah.

Tes alergi yang dilakukan dapat untuk berbagai alergen makanan, alergen inhalan, serta untuk berbagai jenis obat. Akan tetapi tidak semua jenis tes alergi terdapat di Indonesia. Tes alergi dengan menggunakan skin prick test hasilnya dapat diperoleh dengan cepat yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Tes ini juga lebih murah apabila dibandingkan dengan tes IgE.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :