Sarapan Sehat Tinggi Protein

Salah satu makanan yang merupakan sumber protein tinggi adalah kacang hijau. Kacang hijau juga menjadi salah satu makanan yang paling sering ditemui. Dengan teksturnya yang lembut dan enak, kacang hijau seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan dalam berbagai olahan makanan seperti sebagai bahan tambahan dalam resep es buah.

Selain tinggi protein kacang hijau juga sebagai sumber kalsium serta fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh. Sehingga baik untuk di konsumsi setiap hari dalam berbagai bentuk olahan. Terdapat banyak cara untuk mengkonsumsi kacang hijau, dapat di buat es kacang hijau, bubur, atau yang paling umum adalah dibuat berbagai macam kue.

Cara Membuat Es Kacang Hijau
1. Rebus air dengan gula merah, kemudian aduk hingga mendidih dan sampai gula larut, angkat dan saring kemudian sisihkan.
2. Rebus kacang hijau bersama air serta daun pandan sampai empuk, masukkan air gula tadi dan aduk rata.
3. Sajikan kacang hijau dengan santan, es batu, nangka, dan tambahkan susu kental manis di atasnya.

Manfaat dari Kacang Hijau
1. Mencegah Kanker
Manfaat kacang hijau yang pertama dapat untuk mencegah kanker, hal demikian dikarenakan oleh adanya kandungan klorofil yang terdapat di dalam kacang hijau yang dapat mencegah efek karsinogenik yang merupakan salah satu penyebab kanker. Selain itu karena kandungan oligosakarida serta poliferol dalam jumlah yang lumayan tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat dari kacang hijau yang kedua adalah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Apabila anda menginginkan tubuh yang ideal, anda dapat memanfaatkan kacang hijau untuk menurunkan berat badan anda.

Hal tersebut karena kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah lemak yang dapat dijadikan menu sarapan ataupun camilan ketika diet. Kandungan serat yang ada dapat memberikan rasa kenyang yang lama karena adanya kandungan kolesistokinin namun tetap rendah kalori.

Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang hijau juga dapat membantu pencernaan menjadi sehat dan lancar, karena serta yang terkandung dalam kacang hijau dapat menurunkan risiko terjadinya sembelit atau konstipasi.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :