SanDisk Connect Wireless Media Drive 64 GB Mudah Berbagi File via WiFi

WartaIptek.com - Tidak dipungkiri lagi jika WiFi stfdah menjadi media per-I tukaran file yang lebih ampuh ketimbang Bluetooth. Alasan utamanya jelas karena kecepatannya yang jauh lebih tinggi. Misalnya pada perangkat Android, yang dapat menggunakan fungsi WiFi Direct (bisa dengan bantuan aplikasi) untuk mengirim file ke pengguna perangkat Android lainnya. Kecepatannya pun bisa 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth.

SanDisk Connect Wireless Media Drive mengadopsi konsep tersebut. Perangkat ini berfungsi sebagai media backup yang dapat berinteraksi dengan perangkat via koneksi WiFi. Di dalamnya sudah terdapat media penyimpanan berkapasitas besar yang dapat digunakan untuk menyimpan file apapun dan Anda dapat menyalin file tersebut ke perangkat Android atau iOS dengan mudah. Dengan begitu Anda bisa memiliki sebuah media backup mini yang dapat dibawa bepergian.

Portabilitas Tinggi
Media Drive memiliki ukuran yang mini, dengan panjang dan lebar 65 mm dan ketebalan 13,5 mm dengan bobot 70,8 gram, kira-kira lebih besar dari sebuah kotak bedak. Material bodi bagian luar adalah aluminium dengan bagian bawah dilapisi karet sehingga tidak mudah bergeser saat diletakkan di permukaan.

Di dalamnya terdapat baterai yang dapat bertahan .8 jam waktu pemakaian, memory internal 64 GB dan modul WiFi 802.11 n. Selain itu terdapat sebuah slot SD card, mengartikan Anda dapat menambah kapasitas penyimpanannya. Mengingat SD card saat ini tersedia dengan kapasitas hingga 128 GB, tentu kapasitas penyimpanannya bisa lebih besar lagi.

Slot SD card ini dapat berfungsi lebih, dimana jika Anda memiliki kamera dan ingin melihat hasil fotonya, tak perlu melihatnya melalui kamera untuk menghemat baterai. Pasangkan SD card pada Media Drive, lalu lihat saja foto melalui smartphone atau tablet.

Kemudian dengan adanya port microUSB 2.0, Anda dapat menyalin file dari PC atau laptop ke dalamnya karena akan berfungsi sebagai drive eksternal. Drive yang ada menggunakan format exFAT sehingga kompatibel dengan platform Windows dan Mac. Ketika terhubung via port USB, sekaligus akan mengisi baterainya.

File Sharing & Streaming
Sama seperti media penyimpanan WiFi lainnya, Media Drive didesain untuk dikontrol menggunakan aplikasi mobile. Terdapat aplikasi SanDisk Media Drive yang dapat didownload untuk perangkat iOS, Android dan Kindle Fire. Dengannya Anda dapat melakukan transfer 2 arah antara Media Drive dengan perangkat mobile, dan sebaliknya.

Aplikasi secara otomatis akan mengkategorikan konten dalam 4 kategori, yakni Videos, Photos, Music dan files. Jika Anda menancapkan SD card, maka media akan membutuhkan waktu untuk memindainya, tetapi setelah itu akan langsung dikelompokkan dalam kategori dengan cepat. Tetapi jika Anda ingin mencari file yang tidak terdapat dalam kategori, maka Anda dapat menjelajahinya via folder dan subfolder.

Untuk file foto dan video, dapat langsung Anda akses pada smartphone atau tablet. Sehingga jika terdapat file video di dalam media, Anda dapat melakukan fungsi streaming. Hanya saja terdapat keterbatasan format file video yang dapat diputar oleh aplikasi bawaan. Untuk Android misalnya, hanya MP4 saja. Untuk format lainnya dapat Anda putar dengan video player pihak ketiga, namun harus Anda salin dulu ke smartphone atau tablet, dan ini tentunya tidak praktis. 

Menariknya, Media Drive dapat terhubung dengan perangkat mobile hingga 8 buah secara bersamaan, dengan 5 diantaranya dapat melakukan streaming konten HD. Fungsi dari Media Drive ini tak hanya sebagai media backup saja. Dengan mengubah pengaturannya, Anda dapat membuat media terhubung dengan jaringan WiFi. Setelah itu media akan menyebarkan akses internet ke perangkat lain. Sangat bermanfaat sebagai sebuah WiFi extender. 

SanDisk Connect Wireless Media Drive 64 GB dibanderol dengan harga Rp 1.250.000. Oya, tersedia juga versi 32 GB dengan harga yang lebih terjangkau, sekitar 700 ribu rupiah.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :