Info Baru
Loading...

7 Rekomendasi Software untuk Membuat Animasi Tahun 2019


WartaIptek.com - Software untuk membuat animasi apakah yang biasanya Anda pilih? Seiring berjalannya waktu, teknologi dan segenap fiturnya yang canggih memberikan keleluasaan untuk Anda pilih berdasasrkan selera masing-masing. Penting untuk menentukan secara bijak.

Animasi merupakan gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan. Ia mengikuti alur pergerakan berdasarkan ketentuan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.

Lebih lanjut, animasi mampu dianggap sebagai proses membuat objek mati yang lantas disusun dalam posisi berbeda seolah menjadi hidup. Terdapat dua aspek penting dalam animasi, yakni objek gambar dan alur gerak.

Perlu Anda ketahui bahwa animasi ditemukan lewat karakter manusia, yakni Persistance of Vision atau pola penglihatan yang teratur. Lewat sejumlah penelitian, didapat hasil bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu.

Ada beberapa jenis gambar gerak yang dapat Anda buat lewat software untuk animasi. Masing-masing perangkat lunak tersebut, mampu Anda pilih berdasarkan selera pribadi. Namun sebelum itu, pahami alur, proses serta jenis animasi di bawah ini.

Mengenal Jenis Animasi Berdasarkan Proses Pembuatan

Saat mendengar istilah “animasi”, tak sedikit orang yang merasa asing dalam kehidupan dirinya sehari-hari. Namun, jika melihat film animasi, video unik dan sebagainya, justru di situlah animasi bermain. Berikut jenis animasi berdasarkan proses pembuatan:

- Animasi Tradisional
Animasi tradisional adalah era awal animasi. Sang pembuat gambar, alias animator, melukis ribuan gambar dengan pergerakan objek sedikit demi sedikit menggunakan tangan sendiri. Sampai saat ini, banyak animasi komputer yang masih dibuat dengan tahapan tradisional.

- Animasi 2D
Tak jauh beda dari tradisional, animasi 2D sudah termaksud dalam kategori komputer animasi berbasis vektor. Hasil jadinya biasa disebut kartun alias gambar lucu. Animasi 2D banyak juga digunakan sebagai Graphical User Interfaces (GUIs) yang dapat digunakan sehari-hari.

- Animasi 3D
Animasi 3D lebih kompleks dari 2D, di mana sang animator memulai gambar dengan menggambar pola tulang terlebih dahulu, barulah menggambar bagian lainnya seperti otot, badan, kulit, dan lain-lain. Tak jarang, animasi 3D kerap disebut sebagai CGI atau computer-generated imagery. 

- Motion Graphic
Motion graphic adalah metode untuk menjadikan animasi 3D menjadi hidup dan bergerak. Saat ini, motion graphics banyak digunakan karena dapat menjelaskan hal-hal yang kompleks dan dapat dipahami penonton dengan mudah. Biasnya, motion graphic dipakai untuk keperluan presentasi, iklan, bisnis dan sebagainya.

- Stop Motion
Stop motion turut dikenal sebagai claymation karena biasanya terbuat dari tanah liat. Karakter dalam animasi nantinya akan difoto pada setiap gerakan, lallu dirangkai menjadi sebuah sequence. Butuh ketepatan dan ketelitian agar setiap gerakan terlihat berkesinambungan.

Memilih Software untuk Membuat Animasi Sesuai Selera

Nah, kini sudah tahu ‘kan, apa saja jenis animasi yang umum dan sering disimak sehari-hari? Mungkin awalnya terkesan asing, namun penjelasan di atas dapat mewakili apa yang selama ini tidak kita tahu. Bisa jadi, film animasi yang Anda sukai adalah salah satunya!

Tak melulu yang ribet, animasi juga bisa dibuat secara sederhana. Bahkan, hal tersebut dapat dimulai di rumah menggunakan komputer sendiri. Apa saja rekomendasi software untuk membuat animasi tahun 2019? Simak sebagai berikut:

1. Anime Studio
Anime Studio adalah software untuk membuat animasi di komputer. Lewat namanya saja, kita dapat mengetahui bahwa perangkat lunak yang satu ini khusus membuat animasi 2D. Berbagai kalangan menggunakan software tersebut, mulai dari pemula hingga profesional.

Berdasarkan fungsi yang ditawarkan, Anime Studio memungkinkan Anda untuk menggambar latar belakang, karakter, suara, dan fitur canggih lainnya. Ingin menciptakan video animasi sederhana? Mudah saja, Anda dapat melihat tutorial Anime Studio di kanal YouTube.

2. FotoMorph
FotoMorph menjadi satu dari sekian banyak rekomendasi software untuk membuat animasi di komputer, khususnya. Terdapat banyak fitur berguna dalam aplikasi ini yang mampu membantu Anda membuat serta meningkatkan gambar animasi.

Dirancang sebagai perangkat lunak kokoh, FotoMorph mampu menunjang kebutuhan untuk membuat animasi real time dengan sangat mudah lewat teknologi interface sehingga hasilnya cukup akurat. Kreasi animasi, dapat dibuat hanya dalam waktu singkat.

3. Aurora 3D Animation Maker
Aurora 3D Animation Maker bisa jadi rekomendasi menarik untuk edit video yang sudah ada, lalu menambahkan obyek-obyek 3D di dalamnya agar hasil gambar lebih menarik. Berbagai kebutuhan seperti presentasi, konten menarik dan sebagainya, dapat Anda lakukan lewat sini.

Efek-efek dalam Aurora 3D Animation Maker dinilai unik karena menawarkan sesuatu yang tidak biasa. Satu sisi, kemudahan yang ditawarkan terkesan tidak cocok untuk keperluan profesional. Namun, kreasi menggunakan aplikasi ini masih disenangi banyak orang.

4. Blender
Bagi pegiat animasi, nama Blender tentu sudah tidak asing. Ya, software untuk membuat animasi satu ini memang terkenal karena output yang dihasilkan memiliki keunggulan tersendiri. Blender bersifat open source, sehingga semura orang bisa menggunakan secara gratis.

Lewat aplikasi tersebut, Anda dapat membuat animasi 3D, objek-objek 3D, hingga edit video. Jangan salah, meski open source alias digunakan gratis, Blender masih menjadi langganan banyak orang -  termasuk animator profesional serta studio animasi - untuk membuat karya.

5. Synfig Studio
Anda yang bergerak atau menggemari kreasi dalam bentuk 2D, pasti sudah akrab mendengar nama Synfig Studio. Memang betul bahwa software untuk membuat animasi ini khusus untuk membuat kreasi dalam bentuk 2D di Linux, Mac OS, hingga Windows.

Synfig Studio dirancang sebagai solusi dan salah satu aplikasi yang unggul dalam soal membuat film animasi berkualitas menggunakan vektor serta bitmap. Tak heran,  Synfig Studio mampu menunjang kebutuhan animasi 2D lewat kualitas tinggi dan mumpuni.

6. Monkey Jam
Satu lagi software untuk membuat animasi yang digemari oleh banyak kalangan, yakni MonkeyJam. Aplikasi ini mampu membantu pengguna untuk menciptakan animasi dengan mudah lewat beragam fitur seperti stop motion. Canggih, bukan?

MonkeyJam membantu Anda sebagai pengguna untuk membuat animasi gerakan berhenti secara mudah. Salah satu software animasi unggulan di kelasnya yang memungkinkan Anda untuk membuat hasil karya video animasi berkualitas tinggi.

7. AnimatorDV
Berbicara soal kemudahan menggunakan software untuk membuat animasi, tak dipungkiri bahwa AnimatorDV adalah salah satu juaranya. Bagaimana tidak, perangkat lunak yang satu ini menawarkan kemudahan dengan menambahkan beberapa obyek 3D menarik.

AnimatorDV memfokuskan kemampuan pada ranah video editing, sehingga ramah untuk digunakan oleh siapapun—termasuk seorang pemula. Anda dapat belajar dari nol untuk memahami setiap gambar gerak untuk menciptakan karya sendiri.

***

Masih banyak lagi perangkat lunak lainnya yang dapat menunjang kebutuhan Anda dalam pembuatan animasi 2D, 3D stop motion dan sebagainya. Pelajari satu per satu dari sekarang, cocokkan sesuai selera pribadi, lalu lakukan eksperimen sampai bisa. Selamat mencoba!