4 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

WartaIptek.com - Dalam ajaran Islam, manusia diperintahkan oleh Allah swt untuk makan dan minum secukupnya saja dan tidak berlebihan. Hal itu tentunya ada kaitannya dengan kesehatan manusia. Ketika kita makan dan minum secara berlebihan maka akan berdampak buruk pada tubuh kita dengan datangnya berbagai macam penyakit atau bentuk tubuh yang tidak proporsional (kegemukan). Rasulullah saw mengajarkan pola makan/cara makan yang baik dan benar sehingga Rasul jarang sakit. Seumur hidup, beliau hanya dua kali sakit dan memiliki tubuh yang sehat serta proporsional.

Obesitas atau kegemukan menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi pada orang-orang di dunia. Penyebab obesitas faktor utamanya adalah pola makan yang berlebihan. Kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan peluang terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, osteoartritis, dan banyak lagi penyakit lainnya. Pada intinya, kelebihan berat badan berlangsung lantaran terlampau banyak asupan energi yang masuk kedalam tubuh tidak dengan diimbangi oleh aktivitas fisik. Kelebihan asupan energi itu menimbun didalam tubuh dan berganti menjadi lemak yang membuat postur tubuh bertambah besar.

Di era modern ini, tidak dapat dimungkiri bahwa penampilan dan bentuk tubuh yang ideal perlu diperhatikan. Sebab, penampilan dan bentuk tubuh dapat menjadi penunjang kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan atau biasa disebut diet. Banyak sekali ragam diet yang dapat dijalankan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih cara diet yang tepat dan sehat. Jangan sampai Anda memilih diet yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Prinsip diet dalam menurunkan berat badan adalah diet seimbang rendah kalori dengan tetap memperhatikan kebutuhan nilai gizi, baik zat gizi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat, maupun zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Diet seimbang rendah kalori ini membatasi konsumsi makanan yang padat kalori, makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana dan makanan yang banyak mengandung lemak serta meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah-buahan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami.

Atur porsi makan menurut kebutuhan
Saat Anda menjalankan diet seimbang rendah kalori, Anda tetap mesti makan menurut kebutuhan energi setiap harinya. Namun, lakukan pengurangan secara bertahap sebanyak 500 hingga 1.000 kalori dari kebutuhan untuk mengurangi berat badan sebanyak 0,5-1 kg dalam satu minggu. 

Terapkan pola menu seimbang
Setelah menghitung kebutuhan kalori, selanjutnya adalah memilih bahan makanan atau makanan yang baik untuk konsumsi sehari-hari. Meskipun Anda sedang diet, tetaplah untuk makan dengan prinsip gizi seimbang. Isilah piring makan Anda dengan makanan sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, atau pasta gandum, lauk hewani seperti daging merah, ikan, telur, atau unggas, lauk nabati seperti tahu, tempe, atau kacang-kacangan. Jangan lupa untuk meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral.

Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak
Setelah menghitung kebutuhan nilai gizi dalam sehari dan memilih makanan yang dikonsumsi, perhatikan juga anjuran batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan oleh Kemenkes RI, yaitu:
a. Gula: 50 gram (4 sendok makan) per hari
Dalam kondisi normal tanpa gangguan penyakit diabetes, sebaiknya Anda hanya mengonsumsi dua gelas minuman manis dalam sehari tanpa camilan manis lain. Ahli gizi akan mengubah camilan manis Anda dengan menu buah-buahan segar atau olahannya yang tentunya lebih sehat bagi tubuh dibandingkan dengan konsumsi sumber gula sederhana seperti gula merah, gula pasir, atau sirup secara langsung.

b. Garam: 5 gram (1 sendok teh) per hari
Dengan terbatasnya kadar maksimal anjuran konsumsi garam ini, artinya Anda harus mengurangi penggunaan garam dalam masakan tanpa mengurangi cita rasanya. Maka ahli gizi dan chef memiliki peranan yang penting dalam membuat masakan lezat dengan jumlah garam yang terbatas dan tanpa penggunaan kaldu instan atau vetsin. Tentunya, makanan awetan ataupun makanan cepat saji tidak akan ditambahkan dalam menu sehari Anda karena makanan tersebut memiliki kandungan natrium cukup tinggi.

c. Lemak: 67 gram (5 sendok makan minyak) per hari.
Dalam hal ini, Anda hanya boleh mengonsumsi sekitar tiga macam makanan yang digoreng dalam sehari. Sebaiknya, masakan yang kita makan lebih banyak diolah dengan cara ditumis, dipanggang, dibakar, dipepes/dikukus, sehingga Anda dapat meminimalisir penggunaan minyak. Makanan lain yang memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti jeroan atau daging berlemak tinggi harus dihindari dan tidak menjadi pilihan dalam menu makan Anda.

Terapkan pola hidup sehat dan rutin olahraga
Diet sehat alami tidak akan optimal tanpa pola hidup yang sehat dan olah raga teratur. Selain mengatur makan mulai dari menghitung kebutuhan, memilih makanan, dan membatasi konsumsi gula garam dan lemak, ahli gizi akan menyarankan Anda untuk tetap berolahraga secara rutin. Biasakanlah diri Anda untuk berolahraga ringan, minimal 3 kali seminggu sepanjang 30 menit. 

Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki, joging, bersepeda, yoga, atau olah raga lain sesuai dengan minat dan hobi Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu menjaga pola hidup sehat yakni cukup tidur dan jauhi melek sampai larut malam. Hindari pula mengonsumsi alkohol dan berhenti merokok. Beberapa hal itu akan membantu Anda menurunkan berat badan secara alami dan sehat tentunya.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :